Kisah Giorgi Sudakov, Bintang Muda Shakhtar Donetsk Terjebak di Medan Perang

"Dia adalah pemain yang diincar Barcelona dan Menchester City. Bagaimana kondisinya?"

Biografi | 15 March 2022, 18:51
Kisah Giorgi Sudakov, Bintang Muda Shakhtar Donetsk Terjebak di Medan Perang

Libero.id - Perang yang terjadi di Ukraina masih berlangsung dan belum ada tanda-tanda berakhir. Kompetisi sepakbola mati suri dan para pemain harus menghadapi bahaya. Beberapa terjebak di medan pertempuran. Ada juga yang angkat senjata untuk melawan invasi Rusia. Salah satunya Giorgi Sudakov. 

Untuk mengatasi masalah itu, FIFA sebenarnya telah membuat aturan yang mengizinkan para pemain di Ukraina dan Rusia bisa memutus kontrak dan pergi secara gratis. 

Meski disambut baik banyak pemain, fakta di lapangan tidak semudah membalik telapak tangan. Pasalnya, ada banyak pemain yang ternyata belum bisa meninggalkan daerah konflik. Itu lantaran serangan militer Rusia ke sejumlah kota di Ukraina sangat intensif, baik siang maupun malam.

Sudakov menjadi salah satu pemain muda berbakat Ukraina yang ternyata masih tertinggal di daerah konflik. Pemain yang diincar Barcelona dan Manchester City tersebut sekarang berada salah satu tempat di Ukraina.

Melalui akun media sosialnya, eks pelatih Shaktar Donetsk II asal Portugal, Fernando Valente, meminta perhatian FIFA untuk mengeluarkan Sudakov, yang terjebak dalam pertempuran sengit. Sudakov perlu dikeluarkan karena sudah ditunggu sejumlah klub besar Eropa untuk disodori kontrak.

"Sudakov adalah pemain paling berbakat yang pernah saya latih. Seorang pemain timnas Ukraina, yang baru-baru ini memperbarui kontraknya dengan Shakhtar hingga 2026. Dia seorang manusia yang luar biasa dengan seorang gadis kecil dalam perjalanan bersama istrinya, Lisa," tulis Valente. 

"Mereka memiliki mimpi untuk dipenuhi, mimpi yang telah direnggut oleh bunker untuk perang yang tidak masuk akal. Saya berdoa untuk pasangan ini dan untuk semua pemain muda dan teman-teman yang saya bina di Ukraina dan yang membuat saya bahagia selama dua tahun saya ada di sana. Hatiku hancur," tambah Valente.

Valente juga mengatakan Sudakov memiliki agen asal Portugal, Agnecia Lusa, yang sudah menawarkan ke bebarap klub Eropa, termasuk Barcelona dan Man City. Responsnya sangat positif. 

"Sudakov adalah pemain dengan potensi besar. Dia bisa bermain untuk Barcelona atau Man City. Dan, kebetulan, dia klub itu sudah menyatakan tertarik dengan bakat Sudakov. Bagi saya, dia adalah pemain terbaik yang saya latih dan kami memiliki hubungan yang kuat," ungkap Valente.

Sudakov adalah salah satu dari banyak bintang Ukraina yang tetap tinggal di negara asalnya, entah terjebak atau melawan invasi Rusia. Ini berbeda dengan rekan-rekan senegaranya yang memiliki nasib lebih baik karena bermain di luar negeri seperti Andriy Yarmolenko atau Ruslan Malinovskiy.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network