Darwin Nunez, Penerus Luis Suarez di Timnas Uruguay

"Momen Nunez nyaris bergabung dengan Barcelona."

Analisis | 17 March 2022, 14:18
Darwin Nunez, Penerus Luis Suarez di Timnas Uruguay

Libero.id - Wakil Portugal, Benfica, menunjukkan performa terbaik melawan Ajax Amsterdam, dan Darwin Nunez mencetak gol penentu kemenangan Benfica, 1-0, (agregat 3-2) yang mengirim mereka ke delapan besar.

Gol Nunez ke gawang Ajax menjadi gol keempatnya di Liga Champions musim ini. Capaian itu membuat pemuda Uruguay berusia 22 tahun itu dikaitkan ke sejumlah klub lain, termasuk kepindahan ke Newcastle.

Saat Nunez masih bermain untuk Almeria di kasta kedua Spanyol, Suarez mendesak petinggi Barca untuk merekrut rekan senegaranya itu.

“Saya memiliki 15 tahun pengalaman internasional, jadi saya tahu satu atau dua hal tentang penyerang,” ungkap Suarez. "Saya memberi tahu mereka, 'perhatikan yang ini, dia sangat bagus. Dia memiliki hal-hal yang sangat menarik," ungkap Suarez.

Barcelona memang mendorong untuk kesepakatan. Tetapi, di tengah krisis keuangan mereka, pada akhirnya mereka tidak dapat mencapai kesepakatan dan menyaksikan Benfica menghabiskan biaya transfer sebesar 20 juta pounds (Rp 374 miliar) untuk membawa penyerang itu ke Lisbon pada September 2020.

"Barcelona menunjukkan minat yang kuat kepada Darwin. Kami membahas bagaimana operasi akan dilakukan dan menguraikannya, tetapi mereka sudah melalui masa sulit saat itu dan hal-hal rumit itu," kata Direktur Olahraga Almeria, Joao Goncalves.

“Saya yakin jika pembicaraan itu terjadi dalam periode yang tidak terlalu bergejolak bagi mereka, dia akan pindah ke Barcelona."

"Apa yang ada di atas meja adalah kemungkinan mereka menandatangani Darwin dan meninggalkannya bersama kami untuk satu musim lagi dengan status pinjaman. Hampir seperti yang mereka lakukan sebelumnya pada Pedri di Las Palmas."

Untuk seseorang yang tumbuh di perbatasan Brasil di kota kecil Artigas dan takut untuk sebagian besar masa kecilnya, seperti banjir sungai akan menghancurkan rumahnya, bermain tandang ke Barcelona bukanlah tekanan.

Terlepas dari perjuangan yang dialami keluarga Nunez, mereka selalu tetap bersama meski petualangan harus dimulai.

Yang pertama meninggalkan rumah adalah putra tertua, Junior, yang membuat Penarol terkesan. Kakak Nunez itu mengemasi barang-barangnya untuk pergi ke ibu kota Montevideo setelah mantan pemain internasional Uruguay, Jose Perdomo, datang menemuinya.

Perdomo, mantan gelandang yang bermain empat kali untuk Coventry City pada 1990 dan pernah bermain dengan Genoa dan Real Betis, bekerja sebagai pencari bakat di bagian utara negara itu. Dia bekerja untuk mantan klubnya Penarol.

Perdomo ingat candaanya dalam perjalanannya bahwa beberapa tahun kemudian dia akan kembali untuk putra bungsu mereka, Darwin.

Dia tidak bercanda, meskipun segalanya berakhir tidak sesederhana yang dia harapkan.

"Ketika dia berusia 13 tahun, saya berhubungan lagi dengan ayah Darwin (Bibiano Nunez) untuk membawa Darwin ke Penarol dan dia setuju," kenang Perdomo.

"Tetapi, ketika saya tiba di Artigas, ibu (Silvia Ribeiro) ada di sana dan mengatakan kepada saya. 'Perdomo, Anda telah mengambil Junior dari saya, tetapi Darwin, tidak, Anda tidak akan mengambilnya. Mari kita tunggu sebentar lagi karena dia masih terlalu muda dan saya tidak ingin kehilangan dia. Saya sudah sangat merindukan Junior."

"Itu adalah situasi yang sangat sulit. Butuh tiga hingga empat bulan untuk meyakinkan ibu. Ketika kami akhirnya melakukannya, Anda dapat mengatakan bahwa dia tidak terlalu ramah kepada saya. Dia menjadi sangat marah."

Nunez bergabung dengan Penarol pada 2013 dan dengan cepat naik pangkat di klub. Pada 2015, pada usia 16 tahun, dia mengambil bagian dalam sesi pelatihan tim senior untuk pertama kalinya. Dia tidak bisa lebih bahagia.

Pada awal 2017, dia harus menjalani operasi pada ligamen cruciatumnya dan harus menepi selama satu setengah tahun. Itu adalah pukulan besar dan bahkan membuatnya mempertimbangkan untuk pensiun dari sepakbola.

Namun, keluarga dan rekan-rekannya berdiri di sisinya, sehingga pada 2018 dia kembali untuk mengamankan tempat di Kejuaraan U-20 Amerika Selatan pada tahun berikutnya.

Penampilannya di Chile banyak dikritik di media sosial. Dia kemudian mengambil saran dari psikolog tim dan sejak saat itu dia berhenti memeriksa ponselnya setelah pertandingan.

Meskipun begitu, dia masih berhasil mendapatkan dirinya di radar Almeria. Orang-orang Spanyol membutuhkan striker muda dan memutuskan untuk bertaruh kepadanya setelah membayar 8 juta euro (Rp 126 miliar) ke Penarol pada 2019.

Dia menjadi idola setelah mencetak 16 gol di musim pertamanya dan satu-satunya untuk klub.

"Ini masalah waktu, mungkin jika kami pergi ke Darwin enam bulan kemudian, kami tidak akan mampu membelinya," kata Goncalves.

“Untungnya, kami melakukannya di saat dia mulai mencetak gol di Penarol, tetapi belum menjadi hal yang pasti. Meskipun dia tidak melakukannya dengan baik untuk tim U-20, kami percaya ada sesuatu yang istimewa tentang dia dan diberi imbalan untuk itu."

"Ketika dia pergi ke Benfica, kami semua bertanya-tanya bagaimana dia akan tampil dalam keadaan normal. Jika dia melakukan apa yang dia lakukan dalam konteks pandemi, bayangkan apa yang dia mampu."

Perdomo berbagi antusiasme yang sama ketika dia menambahkan. "Jika Anda mempertimbangkan Diego Forlan, Edinson Cavani dan Suarez, mereka semua memiliki karakteristik yang berbeda, jadi saya rasa Anda tidak dapat membandingkannya."

"Yang benar-benar menggairahkan saya tentang Darwin adalah bahwa saya pikir dia masih memiliki banyak hal untuk berkembang, dia tidak memiliki batas. Dia adalah nomor sembilan masa depan Uruguay."

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network