Peringkat 5 Pemain Afrika Selatan Terbaik di Liga Premier

"Nomor 1 bolak-balik ke Everton."

Analisis | 28 March 2022, 18:30
Peringkat 5 Pemain Afrika Selatan Terbaik di Liga Premier

Libero.id - Liga Premier sejak lama dikenal sebagai liga paling bergengsi di dunia. Maka, tak heran jika para pesepakbola dari berbagai penjuru dunia tergiur untuk bermain di kompetisi sepakbola Inggris tersebut.

Bahkan, sejak pamornya makin meroket, Liga Premier kian disesaki dengan pemain-pemain terbaik dunia. Pasalnya, sepakbola Inggris tidak hanya menjanjikan karier mentereng, tapi juga menggiurkan karena kekuatan finansialnya.

Sejak 1992, 117 dari 211 negara yang berafiliasi dengan FIFA telah menyaksikan setidaknya satu pemain mereka bermain di Liga Premier. Para pesepakbola hebat bertemu di sepakbola Inggris dari berbagai benua.

Salah satunya dari Benua Afrika yang dikenal memiliki banyak pemain berbakat yang sudah tampil di banyak liga top Eropa, termasuk Liga Inggris. Afrika Selatan berada di urutan ke-10 dalam daftar negara-negara Afrika yang memiliki pemain di papan atas Inggris, dengan total 15 perwakilan.

Pada catatan itu, mari kita lihat peringkat 5 pemain Afrika Selatan terbaik di Liga Premier.

5. Shaun Bartlett (123 penampilan di Liga Premier)

Striker Afrika Selatan, Shaun Bartlett, pindah ke klub papan atas Inggris, Charlton Athletic, pada 2000 dengan kesepakatan pinjaman awal dari klub Swiss, FC Zurich. Dia bergabung dengan kesepakatan permanen sekitar 2 juta pounds (Rp 37 miliar) setelah menyelesaikan peminjaman selama satu tahun.

Selama kariernya di Inggris, dia mencetak 24 gol dalam 123 penampilan untuk Charlton, termasuk tendangan voli yang mengesankan melawan Leicester City. Striker tersebut memenangkan penghargaan Goal of the Season Premier League musim 2000/2001 dengan tendangan voli dan berakhir dengan 7 gol dari 18 penampilan.

Bartlett tetap bersama Charlton di Liga Premier sampai dia dibebaskan oleh klub pada 2006. Dia mencetak gol terakhirnya di liga pada Desember 2005 dalam Derby London melawan West Ham United. Bartlett adalah pemain internasional bersama Bafana Bafana dan mencetak 28 gol dalam 74 penampilan untuk negaranya. Dia sekarang bekerja sebagai pelatih sepakbola di negara asalnya.

4. Aaron Mokoena (124 penampilan di Liga Premier)

Gelandang agresif, Aaron Mokoena, pindah ke Liga Premier dari Liga Jupiler Belgia pada 2005. Dia meninggalkan KRC Genk untuk bergabung dengan Blackburn Rovers. Gelandang itu juga tampil untuk Portsmouth di kasta tertinggi Inggris.

Mokoena dikenal karena keterampilan tekelnya yang brilian. Pelatih Blackburn saat itu, Mark Hughes, mempercayakannya dengan tugas menjaga lini pertahanan.

Dia bermain sebagai gelandang bertahan tunggal di lini tengah tiga orang, memungkinkan rekan lini tengah lainnya berkeliaran di sekitar lapangan. Dia membuat 101 penampilan liga untuk mereka. Setelah empat tahun dengan Blackburn Rovers, gelandang Afrika Selatan itu memutuskan untuk pindah dan menandatangani kontrak tiga tahun dengan Portsmouth.

Dia membuat 23 penampilan liga bersama Pompey sebelum kontraknya dihentikan karena masalah keuangan klub. Mokoena adalah kapten tim nasional Afrika Selatan dari 2006. Dia memimpin negara itu di Piala Konfederasi 2009 dan Piala Dunia 2010 saat digelar di Afsel. Dia membuat lebih dari 100 penampilan untuk Bafana Bafana.

3. Mark Fish (124 penampilan di Liga Premier)

Bek Mark Fish ditandatangani Bolton Wanderers pada 1997 dari Lazio setelah menolak pindah ke Manchester United. Dia juga sempat bermain untuk Charlton Athletic pada waktunya di Liga Premier.

Fish adalah bek luar biasa yang menjadi andalan Bolton Wanderers, memainkan 22 pertandingan liga saat timnya terdegradasi di musim pertamanya di klub. Bek itu membedakan dirinya sebagai pemain berkualitas untuk Bolton di divisi kedua, dan menarik banyak pelamar.

Dia akhirnya pindah ke Charlton Athletic tiga tahun kemudian seharga 700.000 pounds (Rp 13 miliar) dan kemudian menjadi pemain reguler di tim. Dia bermain 102 kali di liga untuk Charlton sebelum meninggalkan klub pada 2005.

Fish adalah bagian dari tim Afrika Selatan yang memenangkan Piala Afrika pada 1996. Bek ini membuat total 62 penampilan untuk negaranya sebelum pensiun.

2. Lucas Radebe (197 penampilan di Liga Premier)

Lucas Radebe bergabung dengan Leeds United dari Kaizer Chiefs pada 1994. Dia menjadi bagian dari kesepakatan klub untuk menandatangani Filemon Masinga. Leeds United membayar 250.000 pounds (Rp. 4,7 miliar) untuk kedua pemain itu.

Radebe awalnya berjuang di klub dan hanya membuat total 25 penampilan liga setelah dua musim di Liga Premier. Tapi, dia menikmati perubahan nasib ketika George Graham menjadi pelatih tim. Radebe melanjutkan untuk mengumpulkan 197 penampilan liga bersama Leeds United di papan atas dan menjadi kapten klub pada 1998.

Radebe adalah pemain timnas Afrika Selatan yang sukses yang menjadi kapten negaranya di Piala Dunia 1998 dan 2002. Dia juga bagian dari tim Afrika Selatan yang memenangkan Piala Afrika pada 1996.

1. Steven Pienaar (214 penampilan di Liga Premier)

Gelandang Afrika Selatan itu bergabung dengan Everton dengan status pinjaman selama satu musim dari Borussia Dortmund pada 2007. Pinjaman itu akhirnya dibuat permanen dengan biaya 2 juta pounds (Rp 37 miliar). Dia juga sempat bermain untuk Tottenham Hotspur dan Sunderland di Liga Premier.

Pienaar bisa bermain sebagai gelandang serang atau sayap. Dia menyelesaikan kepindahan ke Tottenham Hotspur seharga 3 juta pounds (Rp 56 miliar) pada 2011, tetapi waktunya di klub dirusak oleh cedera. Dia bergabung kembali dengan Everton dengan status pinjaman enam bulan pada Januari 2012 sebelum The Toffees membayar 4,5 juta pounds (Rp 85 miliar) untuk mengamankan jasanya secara permanen.

Dia kemudian dibebaskan oleh klub pada 2016 dan bergabung dengan Sunderland dengan status bebas transfer. Dia bermain selama satu musim di Stadium of Light.

Sepanjang kariernya di Liga Premier, dia membuat 189 penampilan untuk Everton, 15 untuk Sunderland, dan 10 untuk Tottenham. Dia mencetak 22 gol dan membuat total 40 assist di Liga Premier.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network