Kisah Inspiratif Keylor Navas, Terima 30 Pengungsi Ukraina di Rumahnya

"Saat pandemi, dia juga memberi makan korban PHK di negara asalnya. Salut!"

Biografi | 28 March 2022, 23:23
Kisah Inspiratif Keylor Navas, Terima 30 Pengungsi Ukraina di Rumahnya

Libero.id - Invasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina telah membuat sejumlah orang menjadi korban. Banyak warga sipil yang tidak bersalah harus menanggung derita. Ribuan meninggal dan jutaan lainnya mengungsi ke luar negeri. Salah satu negara tujuan adalah Prancis, tempat Keylor Navas bermain sepakbola.

Karier Navas di Paris Saint-Germain (PSG) musim ini memang tidak secemerlang musim-musim sebalumnya. Itu karena keberadaan Gianluigi Donnarumma.

Sejauh ini, mantan penjaga gawang Real Madrid tersebut baru mendapatkan kesempatan merumput 17 kali di Ligue 1 dan tiga kali di Liga Champions. Itu berbeda dengan musim lalu. Keberadaan Donnarumma membuat Navas harus bergantian berdiri di bawah mistar gawang Les Parisiens.

Meski kesempatan bermain semakin jarang, bukan berarti Navas tidak bisa bersyukur. Dia mewujudkan rasa syukur itu dengan memutuskan menampung pengungsi korban perang di Ukraina.

Menurut laporan Sportbilble, istri Kaylor Navas, Andrea, ikut membantu menyediakan tempat untuk 30 pengungsi. Aksi itu dimulai ketika sebuah LSM kemanusiaan di Spanyol pergi ke Krakow, Polandia, untuk membawa makanan dan bantuan lainnya kepada pengungis.

Lembaga tersebut juga kembali untuk membawa beberapa pengungsi Ukraina yang membutuhkan tempat tinggal atau perawatan medis. 

Ketika mengetahui hal tersebut, Andrea, menyambut 30 dari mereka ke rumahnya. Andrea juga ikut melalukan sosialisasi di media sosial untuk menggalang bantuan untuk orang-orang Ukraina sebagai akibat dari konflik yang sedang berlangsung di negara mereka.

"Kami dapat membantu anak-anak ini, beberapa dengan ibu mereka, yang lain tidak, kaum muda sendirian, hanya dengan pakaian mereka, yang merupakan satu-satunya hal yang dapat mereka ambil, kami dapat menyumbangkan makanan, pakaian, barang-barang kebersihan pribadi, dll," tulis istri Navas di Instagram.

"Saya berbagi informasi! Agar mereka bisa merasakan cinta di tengah begitu banyak rasa sakit," bunyi pernyataan itu lebih lanjut.

Untuk menampung para pengungsi itu, Navas mengubah bioskop mini di rumahnya sebagai tempat tinggal. Puluhan tempat tidur disiapkan lengkap dengan fasilitas penunjang hidup lainnya, termasuk pakaian dan makanan. Semuanya gratis untuk pengungsi sampai situasi di Ukraina kembali normal.

Hebatnya, aksi sosial Navas dan keluarganya sudah sering dilakukan. Sadar berasal dari latar belakang keluarga miskin di Kosta Rika, dia tidak pernah lupa daratan. Saat awal-awal pandemi Covid-19 melanda dunia contohnya, Navas sempat memberi makan banyak orang Kosta Rika korban PHK. 

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network