Momen Nostalgia saat Mario Balotelli Muda Hancurkan Juventus

"Super Mario yang dirindukan."

Biografi | 16 April 2022, 21:44
Momen Nostalgia saat Mario Balotelli Muda Hancurkan Juventus

Libero.id - Ketika Italia begitu saja tersingkir dari Piala Dunia 2022 di babak kualifikasi oleh Makedonia Utara, seluruh negara berduka. Namun, hanya sedikit yang bisa menandingi kekecewaan ibu Roberto Mancini.

Segera setelah kekalahan mengejutkan 1-0 Gli Azzurri, Marianna Puolo menjadi berita utama setelah menyatakan bahwa putranya, Mancini, melakukan satu kesalahan penting.

“Kami memiliki pertandingan di tangan kami, tetapi serangannya tidak bagus,” katanya kepada Radiouno. “Saya akan memanggil (Mario) Balotelli karena dia memiliki kekuatan fisik yang luar biasa dan di depan gawang tidak ada yang bisa menghentikannya.”

Sebenarnya, itu mungkin hanya angan-angan Puolo. Meskipun Balotelli dipanggil untuk bergabung dengan Azzurri pada Januari 2022, kembalinya dia ke performa terbaiknya di klub Turki, Adana Demirspor, terlalu terlambat untuk memaksa masuk ke dalam rencana Mancini.

Balotelli telah menunjukkan dirinya sebagai orang yang tepat untuk kesempatan besar beberapa kali di masa lalu, dibuktikan dengan dua golnya melawan Jerman di Euro 2012, assist untuk Sergio Aguero melawan QPR, dan dua gol melawan Manchester United.

Tetapi, kenyataannya adalah 'Super Mario' telah menyia-nyiakan terlalu banyak kesempatan dalam beberapa tahun terakhir dengan gerakan yang tidak perlu.

Namun, beberapa penggemar Italia akan menyesalinya sebagai akhir Hollywood. Lagipula begitulah awal karier sepakbolanya, seperti sesuatu yang keluar dari film.

Latar belakang Balotelli didokumentasikan dengan baik, putra dari orang tua Ghana yang lahir di Palermo. Mario Barwuah dan keluarganya kemudian pindah ke Brescia, di mana dia akhirnya diasuh oleh Silvia dan Francesco Balotelli, yang akhirnya menjadi nama belakang Mario.

Apa yang mungkin kurang disorot adalah seberapa besar sensasi Super Mario dari usia yang sangat muda.

Pada usia 15 tahun, dia sudah bermain untuk tim utama Lumezzane di Serie C1, menjadi pemain termuda yang pernah bermain di divisi ketiga sepakbola Italia setelah diberikan pengecualian untuk bermain oleh Federasi Sepakbola Italia.

Ini adalah peningkatan proporsi yang mirip dengan Lionel Messi. Tak heran jika kemudian Barcelona mengundang Balotelli untuk melakukan ujicoba. Itu mungkin tidak berhasil, dan dia segera pindah, bergabung dengan Inter Milan pada musim panas 2006.

Dia terus bersinar di tim muda I Nerazzurri, membantu Inter U-19 meraih gelar Primavera dengan mencetak gol penentu melawan Sampdoria di final.

Balotelli kemudian menjadi pencetak gol terbanyak di Turnamen Viareggio 2008, mengantongi penalti yang menentukan bagi Inter dalam kemenangan adu penalti atas Empoli di final.

Dia sudah tampil untuk tim senior di usianya yang baru 17 tahun saat itu. Debutnya terjadi saat melawan Cagliari pada 16 Desember 2007, sedangkan dua gol pertamanya untuk klub dicetak saat melawan Reggina di Coppa Italia hanya tiga hari kemudian.

Namun, pertandingan yang membuat Balotelli berubah dari prospek yang menarik dan menjadi bintang yang bonafit terjadi sebulan kemudian dalam pertandingan leg kedua perempat final Coppa Italia melawan rival yang dibenci, Juventus.

Hampir dua tahun setelah skandal pengaturan pertandingan Calciopoli yang membuat Juve terdegradasi ke Serie B untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka, Nyonya Tua kembali ketika Claudio Ranieri membawa klub kembali ke liga utama.

Sebuah pertandingan yang diingat oleh jutaan orang sebagai Derby d'Italia. Pertemuan ini memiliki sedikit bumbu tambahan bagi banyak penggemar Juventus karena Inter menjadi penerima manfaat dari hukuman yang diterima Juventus dengan mengambil alih Scudetto musim 2005/2006.

Pertemuan leg pertama cukup dramatis, di mana kedua tim bermain imbang 2-2 di San Siro. Inter bertandang ke Turin pada 30 Januari 2008, dengan misi kemenangan atau hasil imbang dengan skor tinggi akan diperlukan.

Jadi, ketika berita mengatakan bahwa Mancini akan mengistirahatkan Zlatan Ibrahimovic dan memainkan Balotelli yang sebagian besar belum terbukti kualitasnya, para penggemar sangat khawatir.

Bagaimanapun, saat itu adalah puncak 'Ibracadabra' dengan pemain internasional Swedia itu sering diandalkan untuk membuat Inter keluar dari kekalahan.

Akan tetapi, Ibrahimovic membutuhkan istirahat sesekali, dan Mancini melihat semangat yang sama pada Balotelli.

Mancini tahu segalanya untuk menjadi anak emas di sepakbola Italia, melakukan debutnya untuk Bologna pada usia 16 tahun, dan jelas berpendapat bahwa usia hanyalah angka.

Lebih penting lagi, dua gol kemenangan Balotelli melawan Reggina di babak sebelumnya telah membuat pemain muda Italia itu mendapatkan kepercayaan Mancini dengan cara yang gagal dilakukan oleh striker lain di klub.

Hernan Crespo, kembali dengan status pinjaman dari Chelsea, berada di musim terburuknya sebagai pemain profesional. Sementara striker Honduras, David Suazo, yang dibeli dari Cagliari, gagal diselesaikan.

Jadi, remaja itu dipilih untuk berduet dengan pemain yang secara konsisten diremehkan, Julio Cruz.
Sebenarnya, kedua tim menampilkan permainan yang adil dari pemain pinggiran. Tetapi, jelas bahwa Juventus masih serius dengan Alessandro Del Piero, Vincenzo Iaquinta, dan Pavel Nedved sebagai starter.

Mengingat Ranieri yang ingin menekan keunggulan mereka daripada duduk dan bertahan. Namun, yang tidak dia perhitungkan adalah kehadiran Balotelli.

Guglielmo Stendardo memulai debutnya untuk Juventus malam itu di pertahanan dan kemudian mengingat Balotelli hampir tidak bisa dimainkan. “Itu adalah debut saya bersama Juve, dan pertandingan itu sulit,” katanya kepada GianlucaDiMarzio.com. "Namun, kualitas Balotelli terbukti sejak menit pertama.”

Terlepas dari dominasi Juventus, Balotelli hanya butuh 10 menit untuk membuat tanda pada permainan dengan gol.

Memanfaatkan umpan panjang dari Maniche di sisi kiri kotak penalti, Balotelli membiarkan bola memantul sekali sebelum mengalahkan bek berpengalaman Alessandro Birindelli dan melepaskan tembakan kaki kanan melewati Emanuele Belardi di gawang Juventus.

Campuran kekuatan, kecepatan berpikir, dan keterampilannya, Balotelli yang mengenakan jersey No 45, mengangkat tangannya tinggi-tinggi seolah mengatakan: 'Saya telah tiba.'

Namun, pertandingan belum selesai. Juventus mengambil kembali inisiatif berkat Del Piero yang usianya hampir dua kali dari usia Balotelli.

Mereka hanya butuh empat menit untuk menyamakan kedudukan berkat tendangan bebas Del Piero yang dibelokkan. Pada menit ke-31, mereka memimpin saat Vincenzo Iaquinta memanfaatkan bola pantul setelah sundulan Stendardo membentur mistar dari bola mati Del Piero.

Namun, menjelang turun minum, skor berubah menjadi 2-2 setelah handball Hasan Salihamidzic yang memberi Inter penalti pada menit ke-39 oleh Cruz.

Titik balik dalam permainan dan pertandingan itu terjadi delapan menit memasuki babak kedua dan membuktikan tanpa keraguan bahwa Balotelli adalah pemain yang sebenarnya.

Mendapatkan umpan rendah di kotak penalti Juventus dari Dejan Stankovic, Balotelli menjentikkan bola ke atas dengan kaki kanannya, dan mengontrolnya di lutut kirinya sebelum berputar dan menembakkan roket ke sudut atas gawang.

“Mencetak gol di Derby d'Italia selalu penting dan merupakan kepuasan yang luar biasa,” ungkap mantan striker Inter, Mauro Icardi.

Namun, ini lebih dari itu bagi Balotelli. Mengingat peluang yang diimpikan oleh setiap pemain muda, dia telah tampil di panggung terbesar melawan semua lawan yang penting.

Dengan setengah jam tersisa, Juve kini membutuhkan dua gol untuk membalikkan ketertinggalan. Tapi, mereka tidak bisa, dengan kiper Inter Francesco Toldo menikmati malam yang tak terlupakan. Akhirnya, rasa frustrasi memuncak dan Mauro Camoranesi dikeluarkan dari lapangan karena tekel yang terburu-buru.

Peluit akhir ditiup, semua fokus tertuju pada satu orang. Dalam waktu 90 menit, Balotelli telah berubah dari pemain 17 tahun yang kurang dikenal menjadi prospek besar berikutnya di dunia sepakbola.

AC Milan, yang telah menghabiskan banyak uang untuk Alexandre Pato musim panas sebelumnya, tiba-tiba memandang dengan iri pada saingan berat mereka.

Balotelli juga terus tampil mengesankan selama beberapa bulan setelahnya. Sebuah gol Serie A pertama melawan Atalanta menyusul pada April, dan dia mengakhiri musim dengan tujuh gol dalam 15 pertandingan, termasuk empat di Coppa Italia, menjadikannya pencetak gol terbanyak kompetisi.

Pada November 2008, dia membuat sejarah lagi sebagai pencetak gol termuda Inter di Liga Champions. Banyak yang berasumsi bahwa Balotelli akan menikmati beberapa tahun yang lebih produktif di San Siro.

Sayangnya, dengan pemecatan Mancini pada musim panas meski memenangkan Scudetto, Balotelli harus menghadapi Jose Mourinho yang baru datang.

Dicap sebagai pembuat onar dalam sesi latihan, Balotelli dipindahkan ke Manchester City. Sisanya, seperti yang mereka katakan, adalah sejarah.

Hari ini, Balotelli dikenal karena keeksentrikannya seperti yang pernah dia lakukan untuk mereka di lapangan.

Namun, bagi penggemar Inter, dia akan selalu menjadi Super Mario, pemain berusia 17 tahun yang membungkam Stadio Olimpico Grande Torino dan mungkin saja akan kembali untuk menyelamatkan sepakbola Italia lagi suatu hari nanti.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network