Kisah Fulham Promosi ke Liga Premier, Klub Yoyo Sejati

"Tidak ada klub di Inggris yang hobinya naik-turun kasta seperti Fulham."

Analisis | 20 April 2022, 17:00
Kisah Fulham Promosi ke Liga Premier, Klub Yoyo Sejati

Libero.id - Fulham layak menyandang status "klub yoyo sejati". Bayangkan, dalam lima musim terakhir, The Cottagers naik dari Championship Division ke Liga Premier, turun lagi, naik lagi, begitu seterusnya.  

Fulham memastikan jadi klub kasta kedua musim 2021/2022 pertama yang mendapatkan tiket promosi setelah mengalahkan Preston North End 3-0 di Craven Cottage, Rabu (20/4/2022) dini hari WIB. Dua gol  Aleksandar Mitrovic dan satu dari Fabio Carvalho cukup membuat para pendukung Fulham terseyum.

Dengan 89 poin dari 42 pertandingan yang sudah dijalani, dan masih tersisa enam laga, pasukan Marco Silva tidak mungkin disusul tim lain. "Rasanya luar biasa membawa klub ini kembali ke tempatnya semula," kata Silva seusai pertandingan, kepada BBC Sport.

"Kami sendiri, kami menikmatinya. Tapi, cara kami membuat para penggemar bangga dengan kami adalah fantastis. Dan, saya harus mengatakan saya bangga dengan para pemain kami karena sejak hari pertama mereka telah bekerja sangat keras," tambah mantan nakhoda Watford itu.

Silva mengatakan, stafnya akan menikmati malam kemenangan. Tapi, fokus akan segera beralih ke tantangan musim depan depan. "Ini akan menjadi tantangan besar bagi kami. Tapi, kami harus melakukan hal yang benar untuk mempersiapkannya," kata Silva.

"Ketika anda mencapai sesuatu yang sangat penting di awal musim, itu memberi anda waktu untuk mempersiapkan diri dengan cara yang benar dan kami harus melakukannya," lanjut pelatih asal Spanyol itu.

Untuk kembali ke Liga Premier di akhir musim ini, Fulham membutuhkan 26 kemenangan, delapan skor imbang, dan delapan kekalahan. Mereka mencetak 98 gol dan kemasukan 37 gol. Salah satu yang moncer adalah Mitrovic. Striker Serbia itu telah memproduksi 40 gol.

"Kami semua percaya dia bisa mencetak gol dan itu yang terpenting. Dia yakin dia bisa, dan Marco (Silva) yakin dia bisa. Ketika anda memiliki keyakinan dari pelatih anda, segala sesuatu mungkin terjadi," ujar Tim Ream.

"Kami tahu apa yang membuatnya mencetak gol dan servis yang dia dapatkan. Jadi mari kita lihat cara dia melakukannya di tahun pertama. Dia mencetak 11 gol di tim yang terdegradasi. Itu cukup bagus bukan," tambah bek veteran berusia 34 tahun tersebut.

Fulham bisa memastikan gelar Championship dengan kemenangan di kandang Bournemouth, Sabtu (23/4/2022). "Sangat sulit untuk turun dari Liga Premier dan mencoba untuk menanamkan pola pikir dan metode pelatihan yang berbeda dan langsung naik. Kami memiliki skuad yang sangat-sangat bagus," kata Joe Bryan.

Fulham bisa merayakan keberhasilan promosi hingga musim panas mendatang. Pasalnya, ketika Liga Premier 2022/2023 dimulai, The Cottagers harus sepenuhnya fokus ke lapangan.

Fakta menunjukkan, Fulham adalah tim yoyo. Pada 2017/2018, mereka bermain di Championship. The Cottagers mendapatlan tiket promosi ke Liga Premier 2018/2019 setelah memenangkan play-off. 

Namun, ketika bermain di Liga Premier, Fulham tidak bisa berbuat banyak. Pada musim 2018/2019, mereka hanya mendapatkan 26 poin dari 38 pertandingan. Mereka menempati posisi 19 klasemen akhir, dan terpaksa kembali ke Championship sebelum Liga Premier berakhir.

Uniknya, Fulham kembali mendapatkan tiket promosi lewat jalur play-off pada akhir musim 2019/2020. Musim berikutnya, mereka menduduki posisi 18 klasemen akhir Liga Premier sehingga harus kembali main di Championship. Dan, musim ini, The Cottagers kembali mendapat tiket promosi. Unik!

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Fulham


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network