Hadapi Thailand di Semifinal SEA Games 2021, Hal ini Akan Dilakukan Marc Klok

"Sebagai salah satu pemain senior, pengalaman Marc Klok dibutuhkan."

Analisis | 18 May 2022, 18:14
Hadapi Thailand di Semifinal SEA Games 2021, Hal ini Akan Dilakukan Marc Klok

Libero.id - Menghadapi pertandingan dengan sistem gugur seperti semifinal, tim nasional Indonesia U-23 membutuhkan bantuan, pengalaman, serta ketenangan tiga pemain senior. Mereka adalah Fachruddin Aryanto, Ricky Kambuaya, dan Marc Klok. 

Setelah menyelesaikan fase penyisihan sebagai runner-up Grup A, Indonesia akan menantang juara Grup B, Thailand, pada semifinal SEA Games 2021 di Thien Truong Stadium, Nam Dinh, Kamis (18/5/2022) sore WIB. Hanya kemenangan yang akan membawa Garuda Muda ke final.

Dalam situasi seperti ini, kemampuan teknis di lapangan terkadang tidak terlalu penting. Yang jauh lebih dominan adalah kekuatan mental, serta jam terbang. Jadi, pemain seperti Klok, Kambuaya, atau Fachruddin akan mempunyai posisi yang sangat penting untuk membimbing adik-adiknya.

"Kami tidak ada masalah dan siap melawan Thailand. Ya, mereka tim yang bagus. Tapi, kami harus yakin untuk meraih kemenangan," kata Klok, di situs resmi PSSI. 

Meski baru menjalani debut dengan seraham Merah-Putih, penampilan Klok di SEA Games 2021 tampaknya memuaskan Shin Tae-yong. Terlepas dari kesalahan saat melawan Timor Leste, pemain naturalisasi Belanda itu memberikan sudut pandang berbeda di lini tengah. 

Kemampuan menahan bola sekaligus mengalirkan kepada pemain lain membuat Shin Tae-yong selalu memasukkan Klok dalam starting line-up. Bahkan, pemain Persib Bandung itu menjadi salah satu yang punya menit bermain banyak selain Kambuaya, Fachruddin, dan Rizky Ridho.

"Dari awal saya sudah bilang, target saya adalah juara. Siapa pun lawannya, kami harus siap dan kalahkan mereka. Kami harus selalu bekerja keras, disiplin, dan fokus," kata mantan pemain PSM Makassar itu.

Indonesia sudah puasa medali emas SEA Games selama 31 tahun. Bagi, Klok hal itu harus diakhiri karena menunggu selama tiga dekade sangat lama. Itu berarti mayoritas pemain timnas U-23 belum lahir ketika terakhir kali medali emas didapatkan di SEA Games 1991 di Manila, Filipina.

"Sebelum kami kalah lawan Vietnam, mungkin orang-orang (para pemain) stres atau panik. Tapi, kami harus percaya diri dan melihat target," ucap Klok.

Jika tidak ada perubahan, Klok berpotensi masuk starting line-up melawan The Young War Elephants lagi. Tapi, kali ini tugasnya akan sangat berat. Dirinya bisa saja diperintahkan Shin Tae-yong untuk melapis sektor kanan, yang ditinggalkan Asnawi Mangkualam Bahar dan kemungkinajn diisi Ilham Rio Fahmi.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network