Kenalkan Muhammad Taqi, Wasit Asal Singapura yang Terpilih ke Piala Dunia 2022

"Akan bertugas di Qatar bersama dengan 128 wasit lainnya..."

Biografi | 31 May 2022, 17:14
Kenalkan Muhammad Taqi, Wasit Asal Singapura yang Terpilih ke Piala Dunia 2022

Libero.id - Negara dari kawasan Asia Tenggara tidak ada yang lolos ke Piala Dunia 2022.  Tentu. Bagai mimpi di siang bolong. Meskipun demikian, ada satu nama yang akan bertugas di Qatar pada akhir tahun mendatang.  Ia adalah Muhammad Taqi Aljaafari Jahari, seorang wasit asal Singapura.

Menurut laporan The Straits Times, FIFA telah mengumumkan bahwa Muhammad Taqi terpilih menjadi salah satu dari 129 wasit yang akan bertugas di turnamen paling bergengsi sejagat.

Meksipun bukan sebagai wasit utama, pria berusia 35 tahun itu akan bertugas sebagai asisten wasit video (VAR). Perjuangan Taqi untuk menjadi wasit VAR sama sekali bukan kebetulan atau keberuntungan.

Ia harus mengikuti seleksi ketat yang diselenggarakan oleh FIFA . Taqi sendiri merupakan salah satu wasit terbaik asal Singapura dan pastinya ia merasa gembira usai mengetahui penunjukannya menjadi wasit VAR di Piala Dunia 2022 Qatar.

Tugas yang sama pernah diembannya pada partai final sepakbola putra Olimpiade 2020, ketika Brasil berhadapan dengan Spanyol untuk perebutan medali emas.

"Saya senang dan bangga mewakili Singapura," kata Taqi dikutip dari The Straits Times.

"Meskipun VAR belum diterapkan di Singapura, kami telah menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan Asosiasi Sepak Bola Singapura (FAS) membuahkan hasil, kami dapat bersaing dengan kekuatan Asia seperti Jepang dan Korea Selatan yang mengembangkan wasit lokalnya untuk memimpin pertandingan internasional." lanjutnya.

Muhammad Taqi pernah dianugerahi wasit terbaik pada Piala AFF 2017. Ia memulai karier serta mengambil kursus wasit pertamanya saat belia, saat usianya 15 tahun. Dan hebatnya di usia 20 tahun, ia sudah memimpin laga di S-League (Liga Utama Singapura).

Taqi lalu terdaftar sebagai wasit di FIFA pada 2012. Ia juga menjadi orang Singapura pertama yang terakreditasi sebagai FIFA Video Match Official (VMO) pada 2021.

Taqi juga aktif memimpin berbagai pertandingan kualifikasi dan persahabatan FIFA dan pertandingan regional. Beberapa kompetisi akbar yang pernah dipimpinnya, yakni Piala Dunia U-17 2017 di India, Piala Dunia U-20 2019 di Polandia, dan juga  Piala Asia 2019 di Uni Emirat Arab.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network