Presiden Prancis Minta Zinedine Zidane Melatih PSG, Bagaimana Hasilnya?

"Emmanuel Macron dikenal sebagai pendukung setiap PSG.."

Analisis | 10 June 2022, 15:35
Presiden Prancis Minta Zinedine Zidane Melatih PSG, Bagaimana Hasilnya?

Libero.id - Presiden sebuah negara menggemari sepakbola adalah hal biasa di banyak tempat. Tapi, bagaimana jika dia sering memberikan masukan kepada klub kesayangan? Tanyakan hal itu pada Presiden Prancis, Emmanuel Macron.

Baru-baru ini, Presiden Macron menjadi pembicaraan banyak orang setelah mengaku memberi saran Kylian Mbappe untuk bertahan di Paris Saint-Germain (PSG). Dia menyuruh sang pemain menolak tawaran Real Madrid. Alasannya, supaya Ligue 1 tidak sepi bintang sepakbola kelas dunia.

Ternyata, itu bukan satu-satunya saran pemimpin tertinggi Negeri Mode untuk Les Parisiens. Presiden yang menjabat untuk periode kedua tersebut juga memberi Nasser Al-Khelaifi masukan soal pelatih. Dan, Presiden Macron menyarankan Zinedine Zidane.

Alasan Presiden Macron juga sama dengan kebanyakan penggemar sepakbola di mana pun. Zidane merupakan salah satu pelatih hebat di bumi. Zizou mampu meraih sejumlah trofi untuk Real Madrid. Tiga Liga Champions berturut-turut dihasilkan pada 2015/2016, 2016/2017, 2017/2018.

Kesuksesan Zidane menjadi pelatih top di Eropa baru-baru ini juga membuat PSG tertarik. Tapi, hingga sekarang pihak klub belum berhasil meyakinkan Zizou untuk bekerja di Parc des Princes.

Belum adanya titik terang membuat Presiden Macron gerah. Sebagai salah satu pendukung setia PSG, dia mengaku mendukung Zidane untuk melatih di Ligue 1. "Saya bisa berbicara dengan Kylian Mbappe. Tapi, dia membuat pilihannya dengan hati nuraninya," kata Presiden Macron kepada RMC Sport.

"Saya belum berbicara dengan Zinedine Zidane. Tapi, saya sangat mengaguminya, baik saat menjadi pemain maupun pelatih. Kami benar-benar ingin memilikinya di kompetisi Prancis. Dia seorang atlet dan pelatih dengan bakat ini yang mampu membawa kembali tiga gelar. Itu piala besar yang sangat kami dambakan untuk klub kami (PSG)," ungkap Presiden Macron.

Zidane menjadi pelatih pertama yang memenangkan Liga Champions tiga kali berturut-turut. Saat di Spanyol, dia juga memenangkan La Liga dua kali dan Piala Dunia Antarklub dua kali.

"Saya berharap dia kembali dan melatih klub besar di Prancis. Itu akan luar biasa. Ini peran saya untuk mengatakan bahwa Prancis adalah negara olahraga dan sepakbola yang hebat, dengan banyak penonton yang menyukai olahraga ini. Penting bagi kami bahwa yang terbaik ada di sini," beber Presiden Macron.

Sepanjang melatih Madrid, Zidane memiliki rekor karier 200 kemenangan dari 320 pertandingan dan menderita 57 kekalahan. Itu adalah rekor yang cukup menakjubkan bagi Zidane yang baru melatih satu klub sepakbola.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Paris Saint-Germain


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network