Hadapi Nepal, Skuad Garuda Harus Mewaspadai Pergerakan Penyerang Nepal Satu Ini

"Catatan golnya cukup bagus dipentas domestik Nepal..."

Biografi | 13 June 2022, 18:54
Hadapi Nepal, Skuad Garuda Harus Mewaspadai Pergerakan Penyerang Nepal Satu Ini

Libero.id - Indonesia akan menghadapi timnas Nepal pada hari Rabu (15/06/2022) dalam laga terakhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Laga tersebut sangat krusial untuk tim asuhan Shin Tae-yong dan Skuad Garuda harus mewaspadai pergerakan dari salah seorang penyerang mereka, yakni Aashish Lama.

Namun siapa sebenarnya Aashish Lama? berikut profil singkatnya,

Lama lahir pada Desember 1996 di Gerkhu, Nuwakot. Dirinya merantau ke Kathmandu (ibukota Nepal) bersama ayahnya pada usia tujuh tahun dan bergabung dengan Sekolah Vishwa Niketan di Koteshwor.

"Saat itulah saya pertama kali datang ke Stadion Dasharath untuk menonton pertandingan sepak bola. Dari situlah saya menjadi menyukai permainan itu," ujar Lama seperti dilansir dari situs resmi timnas Nepal.

Lama mulai mewakili dalam kompetisi tingkat sekolah. Dia memainkan Kejuaraan U-14 dengan NRT dan menang. Sejak bermain untuk NRT dalam kompetisi kelompok usia, Lama telah bermain untuk Tusal Youth Club, Boys Union Club, Himalayan Sherpa Club, Manang Marsyangdi Club sebelum akhirnya bergabung dengan Klub Armed Police Force (APF) di mana ia sekarang bermain.

Perjalanan Lama di timnas Nepal dimulai ketika pelatih timnas saat itu, Johan Kalin datang menonton laga Safal Pokhara Cup di Pokhara. Dia melihat Lama di sana dan memanggilnya di tim nasional dan mewakili Nepal dalam dua pertandingan persahabatan melawan Kuwait pada 2019.

"Setelah absen pada pertandingan persahabatan pertama, pelatih Kalin saat makan malam sehari sebelum pertandingan mengatakan bahwa saya akan memulai pertandingan persahabatan kedua. Saya sangat gembira akhirnya dapat menikmati mimpi saya bermain untuk negara saya di level senior," ujar Lama.

Lama mengatakan tidak ada yang seperti hari-hari emas dalam karier pesepakbola. "Saya telah bermain untuk banyak klub dan sebagai striker saya mengerti orang-orang akan mengingat dan mengenal Anda sampai Anda mencetak gol. Begitulah persaingan dalam sepak bola sehingga jika gol mengering, kita akan terkuras di jalur kenangan," ujarnya.

Lama menyarankan seseorang harus tetap rendah hati bahkan jika dia telah mencapai puncak kariernya. 

Lama sukses menjadi pencetak gol terbanyak di Martyr's Memorial 'A' Division League musim 2018/2019 dengan sembilan gol. 

"Kita harus memiliki kegigihan untuk menghadapi setiap tantangan karena akan ada masa baik dan buruk dalam sepakbola. Kita juga tidak boleh terbawa oleh prestasi," katanya. "Seseorang akan turun setelah mencapai puncak, jangan sombong berada di atas".

Pemain berusia 25 tahun itu memiliki pesan sederhana kepada para remaja Nepal yang ingin terjun ke dunia sepak bola, 

"Saya memiliki keyakinan dalam diri saya bahwa saya akan bermain tetapi pada hari-hari awal tetapi saya harus menghabiskan banyak waktu di bangku cadangan. Hal seperti itu menguras mental Anda tetapi Anda harus bersabar dan membuktikan diri melalui dedikasi dan disiplin. Jika Anda jatuh , bangun dan mulai menganalisis mengapa Anda jatuh di tempat pertama".

Lama mengatakan dia masih dalam proses belajar dan masih banyak hal yang harus diselesaikan. 

“Ada saat-saat ketika situasi di luar kendali saya dan saya hanya bisa menonton tetapi sekarang karena saya memiliki kesempatan, saya akan memberikan yang terbaik untuk menebus waktu saya yang hilang,” ujarnya.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network