Kisah Pertandingan 10-0 di Kualifikasi Piala Afrika 2023

"Sudah pasti lebih besar dari Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia 2023"

Viral | 15 June 2022, 14:59
Kisah Pertandingan 10-0 di Kualifikasi Piala Afrika 2023

Libero.id - Tim nasional Indonesia baru saja mengalahkan Nepal 7-0 pada pertandingan terakhir Kualifikasi Piala Asia 2023 Grup A. Tapi, ternyata itu bukan skor terbesar pekan ini. Sehari sebelumnya pada Kualifikasi Piala Afrika 2023, Nigeria menang 10-0 atas Sao Tome e Principe.

Permainan sepakbola memang telah menghadirkan banyak kejutan. Sebagai penikmat olahraga ini, terciptanya gol adalah momen yang paling ditunggu. Apalagi gol dengan jumlah dua digit.

Ketika Indonesia mengalahkan Nepal 7-0, banyak yang terkejut. Pasalnya, pasukan Garuda hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke Piala Asia perdana setelah terakhir kali pada 2007.

Tapi, di Afrika, ada pertandingan dengan skor yang jauh lebih besar dari yang didapatkan Indonesia. Itu terjadi sehari sebelum kemenangan besar Indonesia, yaitu saat Nigeria menjamu Sao Tome e Principe pada Kualifikasi Piala Afrika 2023 di Agadir, Maroko. Uniknya, itu juga di Grup A.

Itu menjadi rekor kemenangan terbesar Nigeria sepanjang sejarah. Rekor kemenangan sebelumnya adalah 10-1 atas Benin di Lagos pada 28 November 1959.

Kemenangan besar Nigeria tak lepas dari peran striker Napoli, Victor Osimhen. Pemain yang menjadi incaran Arsenal pada bursa transfer musim panas 2022 tersebut berhasil mencetak total empat gol. Bahkan, tiga gol diantaranya tercipta setelah jeda babak pertama.

Empat gol itu membuat pemain yang baru berusia 23 tahun tersebut memiliki koleksi 15 gol dalam 22 pertandingan internasional. Osimhen menjadi pemain Nigeria kedua yang mencetak empat gol di pertandingan internasional. Dia menyamai prestasi Rashidi Yekini dalam kemenangan 7-1 Nigeria melawan Burkina Faso pada 1991.

Yang pasti, kemenangan atas Sao Tome e Principe membuat Nigeria semakin berharap untuk mencapai Piala Afrika 2023, yang dijadwalkan berlangsung di Pantai Gading.

Lolos ke Piala Afrika sangat penting karena The Super Eagles kehilangan tempat di Piala Dunia 2022 setelah kalah di play-off. Sejauh ini, Nigeria memimpin Grup A dengan selisih dua poin dari Guinea-Bissau, yang harus puas bermain imbang 2-2 melawan Sierra Leone.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan




Daun Media Network