Salut, Suporter Malaysia Tak Malu dukung Timnas Indonesia saat Lawan Nepal

"Sebuah momen yang langka nan syahdu..."

Berita | 16 June 2022, 18:56
Salut, Suporter Malaysia Tak Malu dukung Timnas Indonesia saat Lawan Nepal

Libero.id - Meksipun bermain jauh dari negeri asal, Timnas Indonesiatetap mendapat dukungan langsung di stadion dari orang-orang Indonesia yang berada di Kuwait atau yang menyengaja datang langsung jauh-jauh dari tempat mereka bermukim.

Ratusan dan mungkin mencapai seribuan suporter Indonesia tampak membentang spanduk dan sorak sorai dukungan selama Skuad Garuda berjuang di babak Kualifikasi Piala Asia 2023. Dan itu menjadi energi yang berlipat.

Namun bukan cuma dari Indonesia, yang menariknya adalah suporter dari negeri serumpun tetangga, Malaysia, juga tak sungkan-sungkan memberikan dukungan mereka dengan datang langsung ke stadion Jaber Al-Ahmad, Kuwait, saat tim besutan Shin Tae-yong menjalani matchday terkahir melawan Nepal pada  Rabu (15/6/) lalu.

Jika selama ini hubungan suporter Indonesia dan Malaysia buruk, beda halnya kali ini. Dan malah berdampingan untuk sama-sama mendukung Timnas.Bukan masing-masing. Melainkan Timnas Malaysia.

Momen spesial itu diunggah Penasehat Diaspora Indonesia di Kuwait, Edi Rahmat
(@edi_q8) melalui akun Instagram pribadinya.

“Luar Biasa, Dukungan Ratusan Diaspora Indonesia di Kuwait juga teman serumpun Malaysia mewarnai kemenangan bersejarah di Kuwait di Jaber Al-Ahmad International Stadium, dalam pertandingan terakhir melawan Nepal 7-0,” tulisnya, Rabu (15/6).

“Sehingga menjadikan (Timnas Indonesia) salah satu runner up terbaik yang berhak lolos ke Piala Asia 2023. Terima kasih Perjuangan Timnas yang sudah mengharumkan Indonesia membuat bangga Diaspora Indonesia di Kuwait. Selamat,” sambung Edi.

Dukungan tersebut berbuah manis. Timnas Indonesia menang 7-0. Gelontoran gol dimulai lewat Dimas Drajad (6’) dan Witan Sulaeman (43’), lalu Fachruddin Aryanto (54’), Saddil Ramdani (55’), Elkan Baggott (80’), Witan Sulaeman (81’), dan ditutup oleh Marselino Ferdinan (90’).

Kemenangan tersebut turut membuat Indonesia memastikan diri lolos ke Piala Asia 2023 setelah absen selama 15 tahun.

Sementara itu, Timnas Malaysia sendiri diketahui juga lolos ke Piala Asia 2023, diikuti oleh dua negara ASEAN lainnya yakni Vietnam dan Thailand. 

Nantinya Piala Asia 2023 akan berlangsung pada 16 Juni hingga 16 Juli 2022. China pada mulanya terpilih sebagai tuan rumah, namun mereka memilih mundur karena pandemi Covid-19.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) kini tengah menyeleksi calon tuan rumah sebagai pengganti. Dan PSSI berencana akan mengajukan diri sebagai tuan rumah.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Berita

Artikel Pilihan


Daun Media Network