Selamat Ulang Tahun!

Alasan Wayne Rooney Baru Tinggalkan Derby County Sekarang

"Kepergian yang tidak bisa dihindari. Tapi, mengapa baru saat ini?"

Analisis | 26 June 2022, 19:51
Alasan Wayne Rooney Baru Tinggalkan Derby County Sekarang

Libero.id - Legenda Manchester United, Wayne Rooney, baru-baru ini memilih mundur dari kursi perlatih Derby County setelah terdegradasi ke League One. Ini mengejutkan, meski menjadi hal yang sudah diprediksi sejak jauh hari lantaran kondisi keuangan The Rams yang payah. Tapi, mengapa baru sekarang?

Sabtu (25/6/2022), Rooney mengumumkan keputusannya setelah berbicara dengan administrator klub. Mantan kapten tim nasional Inggris itu menilai, Derby County saat ini membutuhkan pelatih dengan energi baru agar bisa membawa klub kembali ke tingkat tertinggi.

Berita itu muncul hanya beberapa jam setelah David Clowes, seorang fan Derby County sekaligus pengusaha properti, mengambil alih kepemilikan klub.

Para pendukung kaget dengan keputusan pelatih berusia 36 tahun itu. Pasalnya, mereka sangat mengidolakan Rooney sejak kedatangannya sebagai pelatih The Rams musim lalu. Bahkan, saat pertengahan musim Rooney sebenarnya memiliki kesempatan pergi setelah klub tidak punya uang. Tapi, itu tidak dilakukan Wazza.

Rooney justru memutuskan mundur saat kondisi finansial Derby County mulai membaik seiring masuknya investor baru. Jadi, banyak pendukung The Rams yang tidak menyangka keputusan mundur baru saja diambil Rooney.

"Selama musim panas saya telah mengikuti perkembangan mengenai kepemilikan Derby County. Hari ini saya bertemu dengan administrator untuk memberi tahu mereka tentang keputusan saya bahwa sudah waktunya bagi saya untuk meninggalkan klub," ujar Rooney di situs resmi Derby County.

10 Foto Selebrasi Gelar Perdana Eropa bagi AS Roma

10 Foto Selebrasi Gelar Perdana Eropa bagi AS Roma

"Sejujurnya bagi mereka, mereka berusaha sangat keras untuk mengubah keputusan saya. Tapi, pikiran saya sudah bulat. Waktu saya di klub telah menjadi rollercoaster emosi, baik pasang surut. Saya harus mengatakan bahwa saya menikmati tantangannya," tambah Rooney.

"Secara pribadi, saya merasa klub sekarang perlu dipimpin oleh seseorang dengan energi segar dan tidak terpengaruh oleh peristiwa yang telah terjadi selama 18 bulan terakhir," beber pelatih berusia 36 tahun itu.

Rooney awalnya tercatat sebagai pelatih sementara Derby County pada 15 November 2020. Kemudian, dia menjadi pelatih permanen pada 15 Januari 2021 dan telah menangani klub sebanyak 84 pertandingan.

Musim lalu, Derby County harus terdegradasi ke League One dari Divisi Championship karena berada di peringkat 23 dengan 34 poin dari 46 pertandingan. Itu terjadi setelah mereka dikurangi 12 poin karena masalah adminstrasi. Lalu, ada pengurangan 9 poin karena masalah finansial.

"Saya akan mengingat waktu saya di Derby County dengan bangga dan penuh kasih sayang. Saya ingin berterima kasih kepada semua staf saya, pemain, dan tentu saja para penggemar atas dukungan luar biasa mereka," ujar Rooney.

"Saya tidak akan pernah melupakan anda, dan saya berharap untuk melihat anda semua lagi dalam waktu dekat dan di saat-saat yang lebih bahagia. Akhirnya, saya menyadari bahwa klub masih memiliki pihak-pihak yang berkepentingan yang ingin mengambil alih klub ini," tambah Rooney.

"Kepada mereka, saya mengatakan ini, Derby County adalah klub hebat dengan sejarah hebat dan penggemar hebat. Saya berharap anda semua yang terbaik dan sukses untuk masa depan," beber Rooney.

Pertanyaannya, apa yang akan dikerjakan Rooney selanjutnya? Apakah dia akan melanjutkan karier sebagai pelatih? Peluang terbuka karena rumor menyatakan Rooney mendapatkan tawaran dari Southampton dan Norwich City. Selain itu, Everton juga disebut menjadikan Rooney cadangan jika Frank Lampard gagal musim depan.

"Para pengurus gabungan sangat kecewa bahwa Wayne telah mengambil keputusan sulit untuk meninggalkan klub. Kami telah menghabiskan beberapa waktu kami untuk mencoba membujuknya tetap tinggal. Tapi, kami juga bisa memahami alasannya," bunyi pernyataan resmi Derby County.

"Kami sangat berterima kasih kepadanya atas kerja luar biasa dalam menghadapi situasi di lapangan yang menantang di musim 2021/2022. Kami mengagumi cara dia memimpin tim, klub, dan komunitas lokal melalui berbagai masalah di luar lapangan," lanjut pernyataan itu. 

"Seluruh klub, termasuk staf dan pendukung akan frustrasi, dan sama-sama kecewa dengan berita ini. Tapi, kami semua berharap dia, istrinya, dan keempat putranya sukses di masa depan dan kami yakin mereka akan selalu disambut kembali," bunyi pernyataan itu.

(atmaja wijaya/anda)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Opini

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=BfwU_ytsxTk

Artikel Pilihan


Daun Media Network