Sebut Tiki-taka Sudah Kuno, Ronald Koeman: Barcelona Belum Bisa Move On

"Padahal gaya bermain Koeman berujung dipecat Barca..."

Analisis | 28 June 2022, 15:00
Sebut Tiki-taka Sudah Kuno, Ronald Koeman: Barcelona Belum Bisa Move On

Libero.id - Barcelona dikenal dengan gaya bermain yang disebut Tiki-taka, umpan-umpan pendek antar pemain dengan pergerakan cepat dan akurasi yang mengesankan.  Dan cara seperti itu sangat khas Barcelona. Dan terbukti membuahkan sederet prestasi.

Namun belum lama ini, mantan pelatih Barcelona, Ronald Koeman, secara terbuka menyebut skema Tiki-taka sudah kuno.

Tak tanggung-tanggung, karena masih menggunakan taktik tersebut, Koeman bahkan menuturkan bahwa klub Catalan saat ini belum bisa move on alias masih mengusung semangat hidup di masa lampau.

"Saat ini, Barcelona kembali hidup di masa lampau. Itu bisa dilihat dari formasi 4-3-3 dan skema tiki-taka. Sepak bola telah berubah. Sekarang itu permainannya lebih cepat dan menggunakan fisik. Anda tidak bisa hidup di masa lampau," kata Koeman.

Kedatangan Koeman membuat gaya permainan Barcelona berubah drastis dan hal tersebut justru membuat klub Catalan terpuruk. Terbukti juru taktik asal Belanda itu yang melatih Lionel Messi dan rekan-rekan pada 2020 itu punya catatan yang buruk dan itu sebabnya ia hanya dipertahankan selama 14 bulan.

Kendati demikian, Koeman tetap berhasil mempersembahkan satu trofi bagi Barcelona. Adalah trofi Copa del Rey yang menjadi satu-satunya pencapaian Koeman saat mengalahkan Athletic Bilbao dengan skor 4-0.

Dan hal itulah yang masih bisa ia banggakan.

"Saya setuju dengan konsep mendominasi permainan. Jika Anda bermain dengan tiga atau lima bek, Anda tidak bisa mengatakan bahwa itu adalah sistem pertahanan," imbuhnya.

"Dengan mempraktikkan sistem ini selama tiga atau empat bulan, kami memainkan skema terbaik dalam beberapa tahun terakhir. Contoh paling jelas adalah final melawan Athletic Bilbao."

Sementara Koeman terus mengoceh, Barcelona kini dilatih oleh Xavi Hernandez, orang yang mengerti betul seberapa dahsyat Tiki-taka, dan saat Xavi sibuk melatih seorang Ronald Koeman kini masih belum dipinang oleh klub manapun.

Tetapi keberuntungan masih ada untuknya, Koeman bakal menggantikan Louis Van Gaal sebagai juru taktik Timnas Belanda sesaat setelah perhelatan Piala Dunia 2022 usai, alias pada awal tahun 2023. Dan itu masih lama.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network