Kembali ke MLS, Tugas Wayne Rooney Menyelamatkan DC United

"Kira-kira bakal berhasil atau gagal?"

Analisis | 12 July 2022, 12:14
Kembali ke MLS, Tugas Wayne Rooney Menyelamatkan DC United

Libero.id - Setelah mengundurkan diri dari kursi pelatih Derby County, bulan lalu, Wayne Rooney kini terlihat di Washington DC. Wazza mendapatkan tugas berat untuk mengembalikan DC United ke jalur yang sebenarnya.

MLS 2022 menjadi musim yang kurang baik bagi DC United. Dari 17 pertandingan yang baru dijalani, klub yang pernah dimiliki Erik Thohir itu berada di posisi 13 dengan 5 kemenangan, 2 skor imbang, dan 10 kekalahan. Akibatnya, Hernan Losado dipecat dan untuk sementara digantikan Chad Ashton.

Meski kompetisi di Amerika Serikat (AS) dan Kanada itu tidak mengenal promosi-degradasi, pencapaian DC United tidak bisa dimaafkan. Sebab, mereka merupakan salah satu klub tradisional MLS yang sudah ikut sejak musim perdana.

Dan, untuk membuat DC United kembali kompetitif, manajemen memutuskan menunjuk Wayne Rooney.  Pria berusia 36 tahun itu sepakat kembali ke DC United dengan bayaran USD1 juta (Rp15 Milliar) per tahun.

Bagi Wayne Rooney, berkarier di MLS bukan hal asing. Pada 2018-2019, dia pernah menjadi pemain DC United. Saat itu, Wayne Rooney mencetak 25 gol dalam 52 pertandingan semua ajang.

Kontrak Wayne Rooney di DC United saat itu berdurasi 3,5 tahun. Tapi, dia baru menjalani dua tahun dan memutuskan kembali ke Inggris untuk bermain bersama Derby County. Kemudian, menjadi pelatih-pemain, dan pada akhirnya fokus sebagai pelatih kepala.

Alasan Wayne Rooney meninggalkan MLS ketika itu adalah istinya, Coleen, tidak betah menetap di Washington DC. Pasalnya, itu adalah kota pemerintahan sehingga tidak terlalu membuat Coleen nyaman. Washington DC tidak segemerlap New York, Manchester, atau London. 

 

Karena itu, untuk karier sebagai pelatih DC United, Wayne Rooney tiba di Negeri Paman Sam tanpa didampingi istri dan anak-anaknya. Dia mendarat di Bandara Dulles pada Minggu (10/7/2022) malam seorang diri dan disambut oleh beberapa pengurus DC United tanpa kehadiran fans.

Kini, fans menanti apakah Wayne Rooney akan sukses atau gagal? Sebab, dia harus memaksimalkan skuad yang ada sambil menjadi beberapa pemain bintang untuk menolong DC United.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network