Membedah "Ten Hag Ball", Cara Man United Main Lawan Liverpool

"Jika konsisten, fans layak optimistis. Jika tidak, terima kasih dan selamat tinggal.."

Analisis | 13 July 2022, 14:18
Membedah "Ten Hag Ball", Cara Man United Main Lawan Liverpool

Libero.id - Suporter Manchester United girang bukan main dan merasa seperti menjuarai Liga Champions setelah mengalahkan Liverpool 4-0 pada pertandingan uji coba pramusim di Bangkok, Thailand, Selasa (12/7/2022). Meski hanya laga main-main, optimisme fans Setan Merah terjadi setelah melihat cara bermain Erik ten Hag.

Man United saat ini sedang berada dalam fase pembentukan skuad dengan pelatih baru asal Belanda. Dan, Liverpool menjadi alwan perdana mereka.

Hasilnya, Jadon Sancho, Fred, Anthony Martial, dan Facundo Pellistri melepaskan sepakan tepat sasaran untuk masing-masing gol Man United. Itu adalah awal yang bagus bagi Erik ten Hag sebagai orang baru di Old Trafford dengan tugas berat mengembalikan era kejayaan Sir Alex Ferguson.

Meski uji coba, tetap saja ada pelajaran yang bisa dipetik dari pertandingan Man United melawan Liverpool. Salah satunya cara main Setan Merah yang tampak berbeda dengan era sebelum Erik ten Hag.

Mantan pelatih Ajax Amsterdam itu telah melatih beberapa pemain Man United dengan sangat keras sejak hari pertama pemusatan latihan di AON Training Centre, Carrington, Manchester. Sekarang di latihan pramusim di Asia dan Australia, dia kembali menunjukkan metode latihannya.

Dengan Erik ten Hag sebagai pelatih, Man United banyak melakukan latihan passing. Semua pemain harus fokus pada kombinasi passing yang cepat dan tajam. Pergerakan pemain dari satu titik ke titik lain dalam waktu cepat juga menjadi menu wajib. Dan, itu terlihat saat melawan Liverpool!

Sebuah rekaman dari menit 34 bisa menunjukkan cara bermain Man United yang diinginkan Erik ten Hag. Saat itu, mereka memutuskan untuk bermain pendek dari tendangan gawang David de Gea. Baik Raphael Varane maupun Victor Lindelof berpisah dan pemain Spanyol itu memberikannya kepada yang terakhir, yang berdiri enam meter dari gawang.

Bola kemudian mengarah ke Luke Shaw, yang meneruskannya ke Bruno Fernandes. Playmaker asal Portugal itu akan menjadi bagian penting dari cara bermain ala Erik ten Hag dengan memberikan umpan bagus untuk Jadon Sancho setelah melesat ke kanan.

Kemudian, Diogo Dalot menyerang dari sisi sayap dan berlari di belakang full back. Dia bisa saja memberi umpan ke Marcus Rashford, tapi sebaliknya memilih untuk melepaskan tembakan dan melakukan upaya ke tiang dekat Alisson Becker. Sebuah skema yang cantik bukan?

Gol keempat Man United, yang dicetak Facundo Pellistri juga menarik perhatian. Saat itu, Eric Bailly melakukan intersepsi penting di tepi kotak penalti Man United. Kemudian, dia melanjutkan serangan terus ke depan. Dia melewati Thiago Alcantara dengan stepover dan meneruskan bola sambil terus berlari.

Bola dari Eric Baily disodorkan kepada Amad Diallo sambil berlari. Eks pemain Atalanta Bergamo itu kemudian mengirim umpan tarik ke Facundo Pellistri. Semuanya dilakukan dengan passing cepat dan sambil berlari.

Untuk sementara, suporter Man United bisa bernapas lega. Tapi, kita tidak tahu apa yang akan terjadi beberapa hari, pekan, atau bulan ke depan. Jika Erik ten Hag benar-benar konsisten dengan cara main seperti itu, pendukung Setan Merah bisa berharap banyak.

Kini, Man United akan melanjutkan tur pramusim ke Melbourne dan Perth untuk pertandingan melawan Melbourne Victory, Crystal Palace, serta Aston Villa.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Manchester United


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network