Kisah Danish Catch, Cara Unik Kiper-kiper Denmark Menangkap Bola

"Dari namanya sudah bisa ditebak siapa yang menjadi pelopor.."

Analisis | 17 July 2022, 04:00
Kisah Danish Catch, Cara Unik Kiper-kiper Denmark Menangkap Bola

Libero.id - Denmark adalah salah satu penyumbang pemain hebat ke berbagai liga top di Eropa, termasuk Liga Premier. Bukan hanya penyerang, gelandang, atau bek. Negeri Skandinavia tersebut juga terkenal memiliki banyak penjaga gawang kelas dunia.

Dari tahun ke tahun, selalu saja ada kiper asal Denmark yang berhasil mencuri perhatian di Liga Premier. Peter Schmeichel merupakan salah satu kiper terbaik di sepakbola Inggris. Jejak "Raksasa Denmark" diikuti sang putra, Kasper Schmeichel. Baik bapak maupun anak sama-sama pernah mengangkat trofi Liga Premier.

Tapi, kiper Denmark bukan hanya The Schmeichel's. Penjaga gawang lain yang berasal Denmark dan bermain di liga-liga utama Eropa termasuk Jonas Lossl, Thomas Sorenson, hingga Anders Lindegaard. Mereka adalah palang pintu andalan di klub masing-masing.

Dari semua kiper Denmark yang tampil, ada satu kemiripan. Apa itu? Cara mereka menangkap bola sama dan berbeda dari kiper-kiper dari negara lain.

Lihat saja Kasper Schmeichel. Wakil kapten tim nasional Denmark dan kiper pilihan pertama Leicester City selama dekade terakhir itu memiliki gaya unik dalam mengamankan bola yang datang. Pemain berusia 35 tahun tersebut tidak menggunakan telapak tangan, melainkan kedua lengan.

Tidak percaya? Dalam rekaman yang diposting di Twitter pada 2020 oleh Akademi Pro GK (@progkacademy) terlihat jelas teknik Kasper Schmeichel menangkap bola dalam sebuah sesi latihan timnas. Sang kiper bahkan tidak sungkan menunjukkan teknik dalam gerakan lambat.

Saat bola bergerak ke arahnya, Kasper Schmeichel mengatur dirinya sendiri dan mengangkat tangannya ke dagu. Lalu, menyelipkan siku ke dalam sebelum membiarkan bola mengenai dadanya. Penempatan lengannya menciptakan penghalang dan bola kemudian berhenti.

Itu sangat berbeda dari apa yang diperlihatkan kebanyakan kiper. Tapi, itu jelas bekerja dengan baik bagi mereka yang telah menguasai tekniknya. Sebab, cara ini dianggap lebih aman untuk menangkap bola dan bisa meminimalkan risiko blunder.

Ternyata, itu dilakukan semua kiper Denmark. Menurut kesaksian mantan penjaga gawang Manchester City, Greg Hartley, Peter dan Kasper Schmeichel telah menggunakan cara unik itu selama bertahun-tahun.

Ada lagi pengakuan Steve Hale, pelatih dengan Lisensi Kiper A UEFA. Dia mengungkapkan, rekan setim Kasper Schmeichel di Leicester City, Daniel Iversen, juga melakukannya. Sama seperti Kasper Schmeichel, Daniel Iversen berasal dari Denmark dan main untuk Denmark U-16 hingga U-21.

Teknik menangkap bola unik itu disebut dengan "The Danish Catch". Dan, panduan untuk menerapkannya banyak beredar di media sosial, yang bisa dipelajari kiper-kiper muda dari seluruh dunia dengan gratis. 

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network