Inilah Alasan Pemain Real Madrid Latihan dengan Masker ala Astronot

"Bukan untuk gaya-gayaan. Tapi, ada maksud khusus.."

Analisis | 21 July 2022, 07:01
Inilah Alasan Pemain Real Madrid Latihan dengan Masker ala Astronot

Libero.id - Ada pemandangan tak biasa saat para pemain Real Madrid menjalani sesi latihan pramusim 2022/2023. Mereka terlihat berlari dengan topeng futuristik di wajah. Barang apakah itu?

Setelah sukses membantu Zinedine Zidane, Pelatih fisik Los Blancos, Antonio Pintus, menjadi asisten Antonio Conte di Inter Milan. Ketika eks pemain Juventus itu berhenti dan kemudian pergi ke Tottenham Hotspur, Antonio Pintus diminta menolong Carlo Ancelotti.

Antonio Pintus dikenal melakukan revolusioner kebugaran dan metode pelatihannya yang berbeda, dengan tujuan untuk mengeluarkan yang terbaik dari para pemain.

Selama pramusim 2021/2022, Antonio Pintus menggunakan alat peraga yang sama untuk mendorong para pemain bekerja lebih keras. Bahkan, pada Januari 2022, sebelum pertandingan Copa del Rey melawan Athletic Bilbao, para pemain Real Madrid menjalani tes kebugaran serupa sambil mengenakan masker dan tas punggung.

Hasil racikan fisik Antonio Pintus terlihat sangat jelas ketika Real Madrid menjuarai La Liga dan Liga Champions. Saat itu, Vinicius Jr dkk memiliki kemampuan fisik luar biasa.

Tapi, hal itu ternyata tidak membuat Antonio Pintus puas. Musim depan, dia diminta meningkatkan performa para pemain Real Madrid agar jauh lebih bugar. Karena itu, pria berkepala plontos tersebut merancang sebuah metode latihan pramusim 2022/2023 yang unik, berbeda, dan futuristik.

Jika anda perhatikan, para pemain Los Blancos melakukan latihan dengan masker tebal terpasang di wajah layaknya astronot atau penerbang pesawat tempur.  

Masker tersebut  menyerupai topeng yang dikenakan Bane dalam film "Batman: The Dark Knight Rises". Masker itu digunakan untuk mensimulasikan efek latihan pada tubuh pemain. Hasil tes akan membantu Antonio Pintus menyusun rencana latihan yang disesuaikan untuk setiap pemain sesuai dengan kebutuhan.

Antonio Pintus menjelaskan cara kerja tes kebugaran yang unik itu dalam sebuah wawancara dengan Real Madrid TV baru-baru ini.

"Tes dilakukan dengan menggunakan masker dengan sistem lapisan 5. Ini tentu saja bukan pelatihan hipoksia. Ini adalah tes yang dirancang untuk mengetahui kondisi ambang aerobik dan anaerobik para pemain," kata Antonio Pintus dengan percaya diri.

"Masker itu berfungsi untuk menganalisis oksigen dan karbohidrat. Kami perlu mengetahui persentase satu dan lainnya untuk menentukan kondisi pemain saat ini. Hasilnya nanti untuk mempersonalisasi atau setidaknya memberi arahan pada pekerjaan yang sedang dilakukan tim," Antonio Pintus.

"Latihan pramusim didasarkan pada landasan aerobik dari lari jarak jauh yang kemudian digunakan bersama-sama dengan arah dan tujuan lari yang lebih pendek dan lebih cepat," beber pria berkepala plontos tersebut.

Antonio Pintus melakukan hal itu didasarkan pada fakta bahwa musim 2022/2023 akan unik karena di Piala Dunia 2022 dimulai pada 21 November 2022. Dan, sekitar 15 pemain Real Madrid akan pergi ke Qatar, sementara sisa skuadnya akan terus berlatih di Valdebebas.

Antonio Pintus mengaku telah menyusun rencana pelatihan terpisah karena kedua kelompok pemain akan membutuhkan pendekatan pengkondisian yang sangat berbeda.

"Istirahat dalam latihan pada November karena Piala Dunia akan baik bagi saya karena kami dapat melakukan latihan pramusim lagi, dan bekerja sedikit lebih banyak untuk para pemain yang tertinggal," ujar Antonio Pintus.

"Ini akan berbeda untuk para pemain yang akan pergi ke Piala Dunia. Mereka harus beristirahat 100 persen ketika mereka kembali dan kemudian segera bekerja secara bertahap. Ini akan sangat berbeda untuk kedua kelompok," pungkas pelatih asal Italia tersebut.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Real Madrid


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network