Viral! Video Mirip Bagus Kahfi Main Tarkam di Magelang

"Dari Liga Belanda ke Liga Antarkampung. Aduh, bagaimana ini.."

Analisis | 23 July 2022, 23:05
Viral! Video Mirip Bagus Kahfi Main Tarkam di Magelang

Libero.id - Dalam dua hari terakhir, media sosial dihebohkan dengan potongan video pendek seorang pemain sepakbola berambut kribo dengan jersey merah No.17 bermain di sebuah kompetisi tarkam di Magelang, Jawa Tengah. Sosok tersebut mirip Bagus Kahfi.

Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri bukan nama asing di sepakbola Indonesia. Lahir di Magelang, 16 Januari 2002, saudara kembar Bagus Kaffa itu pertama kali mencuat bersama tim nasional Indonesia U-16.

Pada 2018, Bagus Kahfi dan Bagas Kaffa menjadi bagian dari skuad Piala AFF U-16 yang meraih gelar juara. Dibawah asuhan Fachri Husaini, Garuda Muda mengalahkan Thailand U-16 pada final di Gelora Delta, Sidoarjo. Indonesia menang adu penalti 4-3 (1-1).

Sepanjang turnamen, Bagus Kahfi tampil garang. Dia menjadi pencetak gol terbanyak dengan 13 gol, atau mengalahkan pemain Vietnam, Dinh Thanh Trung dengan delapan gol.

Bagus Kahfi kemudian ikut dalam program Garuda Select di Inggris. Dia juga moncer sampai cedera patah kaki menghambat kariernya. Bagus Kahfi sempat absen lama akibat cedera itu. Dia melewatkan berbagai ajang junior Asia Tenggara maupun Asia bersama Garuda Muda.

Ketika sembuh, Bagus Kahfi kemudian mencoba peruntungan bermain di Belanda membela Jong Utrecht. Sayang, dia lebih banyak duduk di bangku cadangan.

Karier Bagus Kahfi di timnas juga macet. Dia terakhir kali tampil pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 di Uzbekitan pada 2021. Tapi, lagi-lagi Bagus Kahfi mengecewakan Shin Tae-yong. Dia main di babak kedua melawan Australia, tapi ditarik keluar setelah 30 menit.

Performa Bagus Kahfi semakin merosot, dan pada akhirnya harus berpisah dengan Jong Utrecht saat musim 2021/2022 berakhir.

Sejak saat itu, Bagus Kahfi kembali ke Indonesia. Dia tidak memiliki klub. Sempat dirumorkan akan bermain di Yunani bersama Asteras Tripolis, video eks pemain Barito Putera itu main tarkam di kampung halamannya viral. Mengenakan jersey merah No.17 bertuliskan PSKP, Bagus Kahfi tampil sebagai pemain pengganti.

Sebuah kanal Youtube bernama Mop Lovers Update pada 21 Juli 2022 memposting sebuah video penampakan Bagus Kahfi di laga tarkam. "Bagus Kahfi Main Tarkam Gagal eksekusi adu pinalti di Magelang Jawa Tengah babak semi final," judul video tersebut.

Tak lupa, Mop Lovers Update juga mencantumkan penjelasan dari video berdurasi 1 menit 58 detik tersebut. "Bagus kahfi terlihat main tarkam bela kampung halaman kalah adu pinalti babak semi final #baguskahfi #tarkam #kabarbaguskahfi," tulis kanal tersebut.

Penampilan Bagus Kahfi juga muncul di akun Instagram, Liga Tarkam Indonesia. Dalam postingan Sabtu (23/7/2022) malam, akun itu menampilkan Bagus Kahfi yang sedang masuk lapangan dengan pembawa acara yang menyinggung status sebagai pemain nasional Indonesia.

"Aduh, kenapa main tarkam kak?" tulis Liga Tarkam Indonesia. Tak lupa, sebuah caption dimunculkan: "Komentarnya netizen.."

Jika benar Bagus Kahfi, itu adalah kemunduran besar. Tanpa harus bermain tarkam, dirinya sebenarnya bisa mendaptkan klub di BRI Liga 1 2022/2023 dengan bayaran yang pantas. Jika tidak ada yang berminat, setidaknya Bagus Kahfi bisa merumput di Liga 2. 

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network