Hadapi Bhayangkara FC, Persib Bandung Tanpa 6 Pemain Kunci

"Sangat disayangkan karena mereka adalah penghuni starting line-up.."

Analisis | 24 July 2022, 05:08
Hadapi Bhayangkara FC, Persib Bandung Tanpa 6 Pemain Kunci

Libero.id - Robert Alberts memastikan tidak akan menggunakan enam pemain utama Persib Bandung ketika menghadapi Bhayangkara FC pada pertandingan perdana BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Minggu (24/7/2022). Mereka ditinggal di Bandung karena cedera.

Setelah hanya menembus perempat final Piala Presiden 2022, Persib Bandung bersiap menjalani kick-off BRI Liga 1 2022/2023. Pertandingan digelar di Kabupaten Bekasi karena Bhayangkara FC tidak lagi bermarkas di Stadion PTIK, Jakarta, atau Stadion Manahan, Solo.

Demi mengawali musim baru dengan tiga poin, Robert Alberts memutuskan membawa 21 pemain. Mereka adalah dua penjaga gawang, Fitrul Dwi Rustapa dan Reki Rahayu.

Lalu, pemain belakang: Rachmat Irianto, Achmad Jufriyanto, Nick Kuipers, Kakang Rudianto, Henhen Herdiana, Bayu M. Fiqri, Daisuke Sato, David Rumakiek, dan Zalnando. Kemudian, tengah: Marc Klok, Dedi Kusnandar, Robi Darwis, Beckam Putra Nugraha, Abdul Aziz, Arsan Makarim, Erwin Ramdani, dan Frets Butuan.

Sementara sektor penyerang, pelatih asal Belanda tersebut hanya mengandalkan Ridwan Anshori dan David da Silva. Keduanya  bisa diplot sebagai striker tunggal dalam skema 4-2-3-1 atau 4-3-3.

Pertanyaannya, mengapa Maung Bandung punya stok pemain terbatas? Itu efek permainan keras di fase grup Piala Presiden 2022. Saat itu, Maung Bandung  kehilangan banyak pemain karena cedera. Buktinya, enam pemain inti tidak bisa tampil melawan The Guardian.

Keenam anggota starting line-up yang ditinggal adalah Teja Paku Alam, Victor Igbonefo, Ciro Alves, Ezra Walian, Febri Hariyadi, dan Ricky Kambuaya. Jika ditambah I Made Wirawan,  Ferdiansyah, dan Eriyanto, maka totalnya sembilan pemain. Semuanya cedera.

"Pemain yang ditinggalkan itu memang sedang pemulihan cedera. Bahkan, Febri Hariyadi masih butuh waktu pemulihan (lebih lama). Dia cedera pada bagian pahanya," kata Media Officer Persib Bandung, Jatnika Sadili, kepada awak media.

Meski optimistis bisa menang, kehilangan pemain-pemain inti itu sangat disayangkan. Febri Hariyadi misalnya, selama ini selalu menjadi pemain yang menentukan lewat manuver di lapangan, assist, maupun eksekusi-eksekusi dari luar kotak penalti.

Ada lagi Ciro Alves dan Ricky Kambuaya, yang merupakan pemain baru. Ciro Alves selama ini moncer dengan Persikabo 1973 dan Ricky Kambuaya adalah pemain kesayangan Shin Tae-yong di tim nasional Indonesia. 

Jadi, kita tunggu saja apakah Persib Bandung mendapatkan tiga poin, atau sebaliknya Bhayangkara FC yang menuai sukses besar. 

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network