Selamat! Timnas Jepang B Juara Piala EAFF

"Merekalah lawan Indonesia jika benar-benar pindah..."

Berita | 27 July 2022, 22:19
Selamat! Timnas Jepang B Juara Piala EAFF

Libero.id - Tuan rumah Jepang meraih trofi kejuaraan sepak bola Asia Timur (EAFF) untuk kedua kalinya setelah menaklukkan juara bertahan Korea Selatan 3-0 dalam pertandingan terakhir di Toyota, Jepang, Rabu (27/07/2022).

Bagi tim Samurai Biru, gelar juara turnamen tingkat regional tahun ini adalah yang pertama sejak 2013.

Gol-gol di babak kedua yang dicetak Yuki Soma, Sho Sasaki dan Shuto Machino memastikan tim asuhan Hajime Moriyasu itu meraih poin kemenangan yang mereka butuhkan untuk menggeser Korea Selatan dari puncak klasemen untuk menyelesaikan turnamen dengan tujuh poin dari tiga pertandingan.

Korea Selatan, yang telah memenangkan tiga edisi sebelumnya dari kejuaraan ini, berada di tempat kedua sementara China memastikan tempat ketiga dengan kemenangan 1-0 atas Hong Kong pada laga sebelumnya melalui gol Tan Long di menit ke-67.

Seperti dipantau Reuters, Jepang pada pertandingan tersebut menampilkan susunan tim yang seluruhnya terdiri dari pemain berbasis di J-League. Mereka mendominasi babak pertama, dengan Soma nyaris mencetak gol pada menit ke-19 ketika tembakan mendatarnya melewati kiper Jo Hyeon-woo tetapi masih membentur tiang gawang.

Namun pemain sayap klub Nagoya Grampus itu tidak membuat kesalahan pada menit keempat babak kedua, saat ia menyelinap di belakang pertahanan Korea untuk menyundul umpan silang sayap kanan Joel Fujita dan bola melewati kiper Jo.

Empat belas menit kemudian giliran Soma yang memberi assist dari sebuah sudut yang disambut sundulan Sasaki untuk menghasilkan gol kedua.

Machino melengkapi kemenangan tuan rumah ketika dia mencetak gol tembakan jarak dekat 18 menit jelang pertandingan usai.

Baik Jepang dan Korea Selatan akan menjadi salah satu wakil Asia di putaran final Piala Dunia di Qatar pada bulan November.

Jepang di Piala Dunia berada satu grup dengan Jerman, Spanyol dan Kosta Rika sementara Korea akan bersaing dengan Uruguay, Portugal dan Ghana.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network