Asal-usul dan Sejarah Julukan 20 Klub Liga Premier 2022/2023

"Julukan klub sepakbola di Inggris tidak datang begitu saja. Ini contohnya.."

Analisis | 08 August 2022, 05:03
Asal-usul dan Sejarah Julukan 20 Klub Liga Premier 2022/2023

Libero.id - Liga Premier tidak saja merupakan klub dengan kompetisi yang ketat, melainkan juga kaya sejarah dan tradisi. Setiap klub punya sejarahnya masing-masing dan itu melekat pada logo maupun julukan.

Kompetisi sepakbola kasta tertinggi Inggris mulai bergulir pada Jumat (5/8/2022). Crystal Palace versus Arsenal menjadi pertandingan pertama di musim baru. Kemudian, tim-tim lain bertanding pada Sabtu (6/8/2022) dan Minggu (7/8/2022). Semuanya diselenggarakan dalam suasana meriah.

Seperti biasa, ada banyak pertandingan menarik tersaji dan drama yang muncul di lapangan. Ada yang puas dengan hasil pekan perdana. Tapi, beberapa lainnya kecewa berat.

Nah, dari 20 peserta Liga Premier 2022/2023, semuanya memiliki julukan. Pertanyaannya, dari mana julukan itu berasal? Berikut ini ulasannya:

1. Arsenal

The Gunners dinamai dari pabrik senjata Royal Arsenal di Woolwich, sebuah kota di tenggara London. Lambang Arsenal menampilkan meriam. Itu untuk mengenang pabrik senjata yang memberikan julukannya.

2. Aston Villa

Klub yang berbasis di Birmingham adalah salah satu tim pendiri Liga Premier dan dijuluki The Villans. Asal-usulnya terkait dengan Kapel Villa Cross Wesleyan, bekas gereja paroki yang memiliki tim kriket yang meneruskan namanya.

3. Bournemouth

Sebelum klub memiliki buah ceri di logo, julukan The Cherries sudah menjadi bagian dari tim. Pasalnya, Dean Court Stadium, kandang Bornemouth, dibangun disamping ladang pohon ceri.

4. Brentford

Julukan klub ini terjadi secara kebetulan ketika sekelompok mahasiswa Borough Road College bersorak untuk para pemain Brentford dengan teriakan mereka "Buck up, Bs". Seorang jurnalis mengira dia mendengar bees (lebah). Jadi, mereka dipanggil The Bees.

5. Brighton and Hove Albion

Klub yang terletak di pinggir laut  ini dijuluki The Seagulls. Sebab, banyak burung camar yang ditemukan di kota ini. Julukan ini sangat populer sehingga ditampilkan di lambang klub.

6. Chelsea

Dijuluki The Blues karena warna seragam. Mereka juga dikenal sebagai The Blue Lions karena singa ada di lambang. Itu juga merupakan simbol London.

7. Crystal Palace

Julukan The Eagles muncul setelah Malcolm Allison merevolusi klub pada 1973. Mereka mengadopsi nama panggilan Benfica setelah beberapa tahun yang sulit. Mereka sebelumnya dikenal sebagai The Glaziers atau "pembuat kaca". Itu karena asal-usul klub yang bermula di istana kaca.

8. Everton

Klub Liga Premier pendiri lainnya, Everton, dikenal sebagai The Toffees karena stadion mereka terletak di sebelah toko yang menjual toffee. Itu adalah makanan sejenis permen dan cokelat.

9. Fulham

Julukan mereka, The Cottagers, terkait dengan nama stadion, Craven Cottage. Itu mendapat namanya dari fakta bahwa itu dibangun di situs bekas pondok yang disebut Craven Cottage.

10. Leeds United

Mereka dulu dikenal sebagai The Peacocks. Itu mengacu pada sebuah pub di dekat stadion. Tapi, sekarang mereka dikenal sebagai The Whites karena warna jersey.

11. Leicester City

Klub yang memenangkan Liga Premier 2015/2016 itu dikenal sebagai The Foxes karena banyaknya rubah yang berkeliaran di daerah. Hewan itu ada di lambang klub dan di maskot tim, Filbert Fox.

12. Liverpool

Dikenal sebagai The Reds, Liverpool mendapatkan nama itu dari warna seragam. Warna ini diperkenalkan Bill Shankly pada 1964.

13. Manchester City

Tim ini memiliki dua nama panggilan yang banyak digunakan. Salah satunya, The Skyblues, yang mengacu pada jersey. Yang lainnya, The Citizens. Yang terakhir membedakan mereka dari Manchester United, yang didirikan empat kilometer di luar kota.

14. Manchester United

Klub ini sebelumnya dikenal sebagai The Busby Babes karena generasi pesepakbola hebat yang bermain di bawah asuhan Sir Matt Busby. Nama itu tidak lagi dipakai setelah tragedi udara Munich. Kemudian mengadopsi The Red Devils. Itu berasal dari sebuah klub rugby yang terinspirasi oleh Sir Matt Busby.

15. Newcastle United

The Magpies mengacu pada jersey hitam dan putih, yang merupakan pengingat warna burung.

16. Nottingham Forest

Tim dari kota Robin Hood itu dikenal sebagai The Tricky Trees. Tapi, paling dikenal sebagai The Reds karena warna jersey atau The Forest sesuai namanya.

17. Southampton

Julukan mereka, The Saints, mengacu pada anggota Gereja Saint Mary, yang mendirikan klub dan menamai stadion dengan nama paroki.

18. Tottenham Hotspur

Henry Percy, seorang bangsawan Inggris dan tokoh militer penting selama Perang Inggris-Skotlandia dan dikenal sebagai Harry Hotspur, berada di balik julukan Spurs.

19. West Ham United

Asal usul klub berasal dari Thames Ironworks and Shipbuilding Company. Jadi, julukan The Hammers, yang diwakili di lambang.

20. Wolverhampton Wanderers

Mereka pertama kali dikenal sebagai Wanderers. Itu merupakan klub yang bergabung dengan Wolverhampton. Mereka sekarang dijuluki The Wolves. Itu kependekan dari nama utama, dengan hewan itu (serigala) juga muncul di lambang.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan




Daun Media Network