Di mana Mereka? 10 Anak Muda yang Diberi Debut Louis van Gaal di Barcelona

"Ada yang masih main di Jepang saat ini."

Feature | 10 August 2022, 16:26
Di mana Mereka? 10 Anak Muda yang Diberi Debut Louis van Gaal di Barcelona

Libero.id - Louis van Gaal memberikan kepercayaan kepada beberapa pemain mudanya selama enam tahun yang sangat sukses saat memimpin Ajax. Dia juga melakukan hal sama saat mengambil alih Barcelona pada 1997.

Dan, beginilah nasib 10 pemain yang dipromosikan pelatih asal Belanda itu di Camp Nou setelah mendapat kesempatan.

#1 Mario Rosas

“Ada Iniesta lain di Barca,” Xavi pernah berkata tentang Rosas. “Saya akan selalu mengingat namanya, Mario Rosas."

“Jika Anda melihat bagaimana dia bermain pada usia 15, 16, atau 17 tahun, Anda akan berkata, 'Ketika orang ini masuk tim utama, Camp Nou akan berhalusinasi."

“Dia benar-benar campuran Laudrup dan Messi. Dia bermain dengan dua kaki, menggiring bola dengan kompetitif."

“Dia memiliki semuanya, tapi dia tersesat. Itu mengejutkan saya. Mungkin, dia tidak cukup profesional atau tidak memiliki mental yang kuat. Kita tidak akan pernah tahu.”

Rosas adalah pemain terhebat yang belum pernah Anda lihat, dan dia semakin menarik karenanya. Dia terakhir terlihat sebagai manajer klub Kroasia, HNK Sibenik, posisi yang dia tinggalkan pada Januari 2022.

#2 Jofre

Mengingat Barcelona yang sudah dinobatkan sebagai juara, Jofre menggantikan debutan Rosas di babak pertama untuk klub pada hari terakhir musim 1997/1998.

Itu adalah hari yang pahit bagi Jofre, yang mencetak satu-satunya gol Barca dalam kekalahan 4-1 dari Salamanca.

Kariernya di delapan klub berbeda diikuti, di mana sang gelandang akhirnya mengakhiri kariernya di India.

#3 Samuel Okunowo

Lahir dan besar di Nigeria, Okunowo bergabung dengan Barcelona pada usia 18 tahun dan muncul pada musim 1998/1999. Dia membuat 21 penampilan di semua kompetisi saat Barca memenangkan La Liga.

Tapi, dua masa peminjaman yang mengecewakan di Benfica membuat Badajoz menghentikan momentumnya, dan bek kanan itu kemudian bergabung dengan klub-klub di Yunani, Rumania, Albania, Ukraina, Maladewa, dan anehnya klub amatir Inggris, Waltham Forest.

Pada 2012, Barcelona datang untuk menyelamatkan Okunowo, memulai banding setelah dia kehilangan segalanya ketika propertinya terbakar.

Dia pensiun pada 2013 setelah satu musim kembali ke negara asalnya bersama Sunshine Stars, dan sekarang bekerja sebagai salah satu komentator di salah satu stasiun TV.

#4 Xavi

Anda mungkin pernah mendengar tentang dia. Cukup bagus, rupanya. Xavi terakhir bermain di Qatar untuk Al Sadd dan sekarang mengelola klub yang dia layani dengan sangat baik.

#5 Nano

Pemain sayap kiri ini hanya membuat empat penampilan La Liga dalam empat tahun di Barcelona dan menandatangani kontrak dengan Atletico Madrid pada 2003.

Setelah tiga tahun di Calderon, Nano turun ke divisi bawah Spanyol dan pensiun pada 2018 setelah dua tahun bermain di Racing Ferrol.

#6 Gabriel

Gelandang itu menikmati karier yang bertingkat, meskipun adil untuk mengatakan bahwa dia tidak menikmati kesuksesan seperti beberapa rekan-rekannya.

Setelah melakukan debutnya dalam kemenangan 4-2 Barcelona atas Arsenal di Wembley pada 1999, Gabriel menjadi pemain reguler di tim utama raksasa Catalunya. Namun, dia tidak disukai saat timnya menemukan kembali sentuhan kemenangan untuk mengklaim dua gelar La Liga dan satu trofi Liga Champions.

Setelah memainkan tiga caps untuk Spanyol, dia menghabiskan empat tahun di Ajax dan mengakhiri karirnya di Qatar dan Swiss.

Setelah pensiun, dia kembali ke Barcelona untuk melatih tim cadangan dan junior sebelum bertanggung jawab atas Sion dan FC Andorra. Dan, ia sekarang mengelola Lleida Esportiu.


(mochamad rahmatul haq/yul)

Selanjutnya

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network