Inilah Pengertian Sepakbola dan Penjelasan Lengkapnya

"Sepakbola adalah olahraga populer. Tapi, tahukah anda pengertiannya?"

Analisis | 13 August 2022, 16:34
Inilah Pengertian Sepakbola dan Penjelasan Lengkapnya

Libero.id - Tidak ada meragukan bahwa sepakbola adalah olahraga paling populer di dunia. Permainan ini selalu digandrungi banyak orang di belahan dunia manapun. Tapi, ternyata tidak semua orang tahu pengertian sepakbola yang sebenarnya.

Nah, agar anda tidak hanya sekedar suka dengan permainan ini, mari kita lihat apa pengertian sepakbola?  Sebab, aneh jika ada orang yang sama sekali tidak tahu apa itu sepakbola. Pasalnya, hampir setiap orang pernah menonton pertandingan sepakbola, baik secara sengaja maupun tidak.

1. Pengertian sepakbola secara umum

Pengertian sepakbola adalah salah satu cabang olahraga yang menggunakan sebuah bola yang terbuat dari kulit atau karet dan dimainkan oleh dua tim, yang mana masing-masing tim terdiri dari 11 pemain. Ada juga beberapa orang yang berperan sebagai pemain pengganti.

Namun, ada juga pengertian lain sepakbola. Itu adalah sebuah permainan yang dilakukan dengan cara menendang bola yang bertujuan untuk memasukkan bola tersebut ke gawang lawan.

Lalu, dari dua pengertian di atas, anda lebih setuju yang mana? Dalam Bahasa Inggris sepakbola dikenal sebagai football. Sedangkan di Amerika Serikat, sepakbola disebut soccer. Sementara dalam Bahasa Indonesia, sepakbola terdiri dari dua kata, yaitu sepak dan bola.

Arti sepak adalah menendang dengan kaki. Sementara bola artinya suatu alat permainan yang berbentuk bulat dan terbuat dari bahan kulit atau karet.

Dalam sepakbola, ada dua tim dengan 11 orang pemain utama dari masing-masing tim, dan 5 sampai 11 pemain cadangan. Tim yang menang adalah tim yang berhasil mencetak gol paling banyak.

2. Pengertian Sepakbola menurut ahli

Selain pengertian secara umum, pengertian sepak bola juga bisa ditinjau dari pandangan para ahli. Berikut di bawah ini adalah pengertian sepakbola menurut beberapa orang:

Agus Salim
Menurut Agus Salim, pengertian sepak bola adalah sebuah cabang olahraga dimana bola dimainkan dengan menggunakan kaki, yang bertujuan agar bola tersebut bisa masuk ke gawang lawan sesering mungkin berdasarkan dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya, baik itu telah ditentukan oleh pihak asosiasi bola, atau pihak lain yang memiliki kewenangan.

Muhajir
Menurut Muhajir, pengertian sepakbola adalah sebuah permainan yang dilakukan dengan cara menyepak bola, yang memiliki tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan juga melakukan pertahanan agar gawang tidak kebobolan.

Soekatamsi
Menurut Soekatamsi, pengertian sepakbola adalah sebuah permainan yang dimainkan secara beregu. Permainan ini diperlombakan dengan masing-masing regu terdiri dari 11 pemain dan biasa disebut dengan kesebelasan. Satu dari kesebelas pemain tersebut merupakan penjaga gawang.

Joseph A. Luxbacher
Menurut Joseph A. Luxbacher, sepakbola merupakan suatu permainan yang dipertandingkan antara dua tim, yang mana setiap tim terdiri dari sebelas orang dan dilakukan dengan cara menjaga gawang sendiri dan menjebol gawang lawan.

Remmy Muchtar
Menurut Remmy Muchtar, sepakbola merupakan sebuah permainan yang dilakukan dengan cara mengolah bola, baik itu dalam pengolahan gerak tubuh pemain dalam melakukan permainan.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network