Pengertian Smash dalam Permainan Bola Voli dan Bulutangkis

"Inilah smash. Dan, silakan mencoba sendiri di lapangan"

Analisis | 17 August 2022, 12:58
Pengertian Smash dalam Permainan Bola Voli dan Bulutangkis

Libero.id - Baik permainan bola voli maupun permainanbulutangkis, sama-sama menggunakan istilah smash. Smash menjadi senjata andalan para atlet kedua cabang olahraga itu untuk mendulang poin.

Pertanyaannya, apakah pengertian smash dalam permainan bola voli dan bulu tangkis

Dalam permainan bola voli, smash kerap digunakan untuk meraih poin. Jika merujuk pada buku Teknik Dasar Bermain Bola Voli (2013) yang ditulis oleh Winarno dan kawan-kawan, smash dalam bola voli memiliki pengertian bahwa bentuk serangan melalui pukulan keras ketika bola berada di atas jaring.

Sementara dalam permainan bulu tangkis, smash adalah pukulan yang dilakukan dengan tenaga penuh sehingga shuttlecock (kok) meluncur tajam ke area lawan.

Jenis-jenis Smash dalam Bola Voli dan Bulu Tangkis

Dari penjelasan pengertian di atas, meski sedikit sama. Tapi, tentu saja, smash antara bola voli dan bulu tangkis berbeda. Berikut jenis-jenis smash dalam voli dan badminton.

Jenis Smash Bola Voli

1. Quick Smash

Quick smash merupakan variasi serangan dalam permainan dan masuk dalam kategori teknik tingkat tinggi. Teknik ini digunakan ketika sebuah tim melakukan taktik serangan dengan gerakan cepat untuk membuat poin dalam pertandingan.

2. Open smash

Teknik inj biasanya dilakukan oleh para pemain ketika melakukan serangan ke wilayah permainan lawan dalam sebuah pertandingan

3. Semi smash

Teknik semi smash dapat dikenali dengan cara perkenaan pemain ketika memukul bola saat berada di titik tertinggi loncatan serta mengibaskan pergelangan tangan untuk mengarahkan bola ke wilayah permainan lawan.

4. Straight smash

Gerakan straight smash diawali dengan mendekati sisi tiang jaring, sebelum melakukan lompatan segera setelah bola mendekati posisi ideal.

Jenis Smash Bulu Tangkis

1. Smash penuh

Smash penuh adalah jenis pukulan yang dilakukan dengan daun raket seluruhnya, dan smash ini memiliki kekuatan maksimal.

2. Smash potong

3. Pukulan smash potong itu dilakukan secara menyilang atau bisa dibilang cross smash. Teknik pukulan yang satu ini kurang begitu kencang dan tidak menggunakan tenaga penuh.

4. Smash the head smash

Smash the head smash adalah pukulan pada posisi tertentu lawan dapat mengembalikan smash dengan pukulan lob ke posisi backhand atau pegembalian servis ke arah bagian kiri lapangan.

5. Backhand smash

Biasanya teknik ini dipakai untuk memukul shuttlecock yang dekat di atas kepala dan sisi berlawanan dengan tangan yang memegang raket.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network