Pengertian Permainan Sepakbola Mini dan Penjelasannya

"Olahraga ini berbeda dengan futsal yang selama ini kita kenal."

Analisis | 17 August 2022, 20:38
Pengertian Permainan Sepakbola Mini dan Penjelasannya

Libero.id - Di era modern sekarang ini, sepakbola telah menjadi olahraga paling populer di dunia. Hingga dalam perkembangan olahraga sepakbola bisa menghasilkan ragam variasi cara dan lokasi bermain bagi para penyuka olahraga ini di seluruh dunia.

Selain futsal, contoh variasi olahraga sepak bola dalam bentuk berbeda adalah sepakbola mini yang populer disebut dengan minifootball atau mini soccer.

Dalam sejarahnya, variasi bentuk permainan sepakbola mini mulai dikenal di Amerika Utara maupun Eropa memasuki awal abad ke-21, hingga kemudian berkembang pesat ke negara-negara termasuk Indonesia.

Bukti perkembangan sepakbola mini sendiri berawal dari terbentuknya organisasi yang mewadahi permainan itu yakni World Minifootball Federation (WMF) diketahui berdiri sejak 14 tahun lalu, yaitu pada 2008. Swiss adalah lokasi kantor pusat dari organisasi tempat bernaung permainan sepakbola mini dengan memiliki anggota 71 asosiasi dari seluruh dunia.

Indonesia sendiri tercatat menjadi salah satu anggota WMF, melalui Federasi Sepakbola Mini Indonesia (FSMI) yang mulai berdiri sejak 2016.

Namun, permainan sepak bola mini tidak berafiliasi langsung dengan FIFA. Pasalnya, FIFA lebih mengakui variasi sepakbola berupa futsal ketimbang minifootball sebagai versi lebih kecil dari sepak bola serta hanya dilakukan dalam ruangan.

Adapun bentuk permainan sepak bola mini memiliki beberapa perbedaan dibandingkan olahraga sepak bola secara umum, baik dari segi jumlah pemain, ukuran lapangan, hingga ukuran bola yang digunakan.

Lapangan minifootball memiliki permukaan berupa rumput sintetis atau alami. Lapangan sepak bola mini berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 60 meter dan lebar 40 meter.

Tinggi gawang dalam permainan sepak bola mini adalah 2 meter dan memiliki lebar gawang 5 meter. Sementara jarak tendangan penalti 9 meter dari garis gawang dengan daerah penalti ukuran 12 meter x 13 meter.

Sedangkan untuk jumlah pemain sebuah tim yang bermain minifootball bisa berjumlah 5-8 orang, termasuk seorang penjaga gawang. Hanya saja, berdasarkan aturan permainan yang diterbitkan WMF, sebuah tim yang bertanding dalam kejuaraan resmi maksimal terdiri dari 6 orang pemain.

Satu pertandingan sepakbola mini di digelar dalam dua babak yang masing-masing memiliki durasi 25 menit, dengan jeda antarbabak paling lama 10 menit.

Adapun untuk bola yang digunakan dalam permainan sepakbola mini diwajibkan berbentuk bulat sempurna serta memiliki ukuran lingkar antara 68-70 cm. Sementara, perlu juga diperhatikan, gekanan pada bola yang digunakan dalam permainan sepakbola mini diwajibkan mencapai angka 0,6 sampai 1,1 atm (atmosfer), serta berat sekitar 410 sampai 450 gram.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network