Jelaskan Pengertian Permainan Softball dan Sejarahnya

"Bagi anda yang ingin bermain softball, simak penjelasan berikut ini."

Analisis | 28 August 2022, 12:11
Jelaskan Pengertian Permainan Softball dan Sejarahnya

Libero.id - Sofball merupakan salah satu permainan bola kecil yang mirip dengan permainan bola kasti. Olaharaga ini sangat populer di Amerika Serikat, Jepang, hingga Korea Selatan

Olahraga ini dimainkan dua tim dengan aturan dan teknik dasarnya. Permainan softball menekankan pentingnya gerakan memukul untuk menciptakan poin yang maksimal dan butuh kemampuan mumpuni untuk hasilkan pukulan yang baik.

Pada Softball Steps to Success karya Diane L. Potter, dijelaskan softball adalah permainan yang menyenangkan, meski perlu keterampilan kompleks. Para pemain disarankan latihan hingga kemampuan memukul berkembang baik.

Berhubung olahraga ini berasal dari luar negeri, barangkali tidak banyak orang yang tahu permainan softball. Dalam pandangan Agus Mukholid, permainan softball disebut juga dengan istilah Indoor-Baseball.

Istilah ini mengacu pada olahraga berkelompok dalam kategori permainan bola pukul. Di Indonesia olahraga sejenis softball mirip permainan bola kasti, namun cenderung mengutamakan ketangkasan dan kecerdasan.

Sejarah Softball

Softball ditemukan Hancock pada tahun 1887 di Chicago, Amerika Serikat (AS). Saat itu permainan softball dilakukan di ruangan tertutup dan mulai dilakukan di ruangan terbuka pada 1930. Aturan softball di ruang terbuka dimulai H. Fiscer dan M.J Panley.

Permainan Softball pertama kali masuk agenda Pekan Olahraga Nasional (PON) di Indonesia pada PON ke VII di Surabaya.

Peraturan Permainan Softball dan Jumlah Pemainnya

Tiap regu berjumlah dari 9 orang, yang terdiri dari 1 orang di posisi pitcher, pemain 2 sebagai catcher, pemain 3, 4, dan 5 disebut dengan base man. Pemain 6 bertugas sebagai short stop dan short fielder serta pemain 7,8,9 sebagai left fielder, middle fielder, dan right fielder.

1. Pemain terdiri dari sembilan orang setiap regunya.

2. Menentukan regu yang bertanding dengan cara undian memakai koin atau berdasarkan persetujuan kedua regu itu sendiri.

3. Permainan dianggap sah jika terjadi tujuh "inning" atau babak pertandingan softball. Inning merupakan bagian dari permainan ketika salah satu regu mengalami menjadi tim bertahan dan pemukul. Kemudian terjadi tiga 'out' untuk masing-masing tim.

4. Jika pelari atau pemukul dapat masuk ke ruang bebas dengan selamat akan mendapatkan 1 nilai.

5. Out atau biasa disebut mati jika pelari masuk ke ruang bebas.

Teknik Dasar Permainan Softball

1. Teknik Melempar Bola

Saat pertandingan dimulai, tiap regu berjaga di areanya masing-masing. Pitcher akan berusaha melempar bola sekuat mungkin ke arah mitt catcher. Bola dari pitcher wajib dipukul pemain tim lawan.

Perlu diketahui, ada satu wilayah khusus yang dinamakan zona strike. Jika bola tidak berhasil dipukul pada zona tersebut, maka umpire akan berteriak "strike". Itulah sebabnya, seorang pitcher harus pandai melempar bola.

Secara khusus, teknik melempar bola pada olahraga softball di bagi menjadi dua:

a). Lemparan atas, yakni gerakan ayunan lengan ke arah atas dan melewati garis horizontal di persendian bahu. Lemparan atas biasanya dipakai untuk melempar bola ke arah jauh.

b). Lemparan bawah, biasanya untuk melempar jarak dekat dan membutuhkan waktu yang lebih cepat

c). Teknik lemparan samping, lemparan jarak dekat dan membutuhkan waktu cepat namun jalannya bola bergerak lurus dan cepat tiba di sasaran.

2. Teknik Menangkap Bola

Selain teknik melempar bola, permainan Softball juga menuntut pemainnya pandai menangkap bola. Jika pitcher bertugas melempar bola, maka catcher harus bersiap-siap untuk menangkap bola. Sehingga kemampuan seorang catcher harus mumpuni dalam hal menangkap bola.

Teknik menangkap bola yang biasa dilakukan di olahraga ini di antaranya:

a). Menangkap bola rendah
b). Menangkap bola lurus
c). Menangkap bola tinggi

Lapangan Permainan Softball

Lapangan permainan softball bentuknya bujur sangkar dan dibagi menjadi beberapa area fair dan area foul. Di area fair terdapat dua bagian, yakni infield dan outfield. Pada area infield terdiri 4 marka yang dinamakan base.

Setiap base diberikan nomor berlawanan arah jam, dimulai dari base 1, 2, dan 3. Ukuran base berbentuk persegi dengan sisi 38 cm dan sudut keempat disebut diamond. Di belakang home plate terdapat batasan sejauh 7,62 dan 9,14 meter.

Perlengkapan Permainan Softball

Jenis peralatan yang digunakan untuk bermain softball adalah:

a). Glove, semacam sarung tangan pelindung
b). Bola softball
c). Pemukul
d). Light guard
e). Body protector
f). Masker
g). Lapangan lengkap

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network