Jelaskan Teknik Menahan Bola dalam Permainan Sepakbola

"Salah satu yang wajib dikuasai pemain adalah teknik menahan bola."

Analisis | 30 August 2022, 14:13
Jelaskan Teknik Menahan Bola dalam Permainan Sepakbola

Libero.id - Sebelum bermain sepakbola, pemain harus memahami beberapa taktik dan teknik dasarnya. Salah satu yang cukup wajib dimiliki adalah teknik menahan bola. Ini adalah salah satu teknik dasar yang vital.

Dalam permainan sepakbola, teknik menahan bola bisa dilakukan menggunakan beberapa bagian tubuh seperti kaki, dada, punggung hingga kepala. Hal ini dilakukan untuk menghentikan laju bola baik yang datang ketika mendapat umpan dari rekan satu tim, bola liar, maupun umpan yang salah dari pemain lawan.

Menahan bola menjadi bagian penting pada teknik dasar dalam permainan sepakbola. Sebab, kesuksesan seorang pemain menahan bola akan mempengaruhi sejauh mana jarak pantulan bola dengan kaki.

Dalam sebuah pertandingan, menghentikan dan mengontrol bola bertujuan untuk mengatur tempo permainan. Selain itu, dengan terlebih dulu menahan bola, pemain bisa memberi ruang pengaturan strategi, atau memudahkan saat memberikan umpan kepada rekan satu tim. Baik dalam upaya membangun serangan maupun mengamankan bola saat bertahan.

Keterampilan gerak manahan bola dapat dilakukan dengan beberapa bagian tubuh berikut kecuali menggunakan tangan dan perut.

1. Menahan bola dengan kelapak kaki

2. Menahan bola dengan kaki bagian dalam

3. Menahan bola dengan kaki bagian luar

4. Menahan bola dengan punggung kaki

5. Menahan bola dengan dada

6. Menahan bola dengan kepala

7. Menahan bola dengan paha

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network