Jelaskan 5 Posisi Pemain dan Fungsinya dalam Permainan Bola Basket

"Posisi dalam permainan bola basket wajib diketahui atlet sebelum bertanding."

Analisis | 30 August 2022, 14:22
Jelaskan 5 Posisi Pemain dan Fungsinya dalam Permainan Bola Basket

Libero.id - Seperti sepakbola, bola basket merupakan permainan kolektif. Beberapa orang berada di posisinya masing-masing yang saling mendukung untuk mencapai kemenangan. Dan, di olahraga asal Amerika Serikat ini, ada lima pemain dengan lima posisi berbeda.

Bola basket merupakan salah satu cabang olahraga yang dimainkan oleh dua tim. Jumlah pemain setiap tim sama.

Masing-masing pemain dalam tim memiliki tugas bersama untuk membangun kerjasama demi mencetak banyak poin dan meraih kemenangan dalam pertandingan. Mereka harus saling melengkapi untuk menutup kekurangan maupun memberikan kelebihan yang dimiliki.

Mengutip dari laman resmi NBA, bola basket memiliki lima posisi permainan. Mereka adalah point guard, shooting guard, small forward, power forward, dan center.

1. Point Guard

Point guard juga kerap disebut dengan Posisi 1. Biasanya, posisi ini ditempati pemain dengan postur tubuh paling pendek. Selain itu pemain yang mengisi posisi point guard harus memiliki kemampuan menggiring bola dan mengumpan yang baik.

Kemampuan point guard akan lebih banyak diukur berdasarkan jumlah assist (umpan yang menghasilkan poin) daripada poin yang dia cetak. Dan, fungsi utama point guard adalah mengatur serangan tim dengan mengontrol bola dan memberikan umpan kepada pemain lain pada saat yang tepat untuk mencetak poin.

Salam situasi bertahan, fungsi point guard berperan sebagai lapisan pertama pertahanan. Dia juga memiliki tugasmencuri bola dari lawan. Contoh point guard jempolan dalam sejarah bola basket adalah Stephen Curry, Magic Johnson, dan John Stockton.

2. Shooting Guard

Shooting guard kerap disebut Posisi 2. Dalam bola basket, posisi ini biasanya ditempati pemain dengan kemampuan menembak jempolan. Pemain yang menempati posisi ini umumnya merupakan penembak yang baik dari garis perimeter (daerah sekitar batas garis tiga angka).

Umumnya, postur shooting guard lebih tinggi dari point guard. Sebab, fungsi shooting guard adalah membantu dan menggantikan point guard ketika tim sedang melakukan serangan. Shooting guard harus memiliki kreativitas dan kemampuan menembak yang baik dari berbagai posisi.

Contoh pemain legendaris yang menempati posisi shooting guard adalah Michael Jordan, Allen Iverson, hingga Kobe Bryant.

3. Small forward

Small forward kerap disebut Posisi 3. Dalam permainan bola basket, posisi ini diisi pemain-pemain yang memiliki kemampuan satu lawan satu (one-on-one).

Pemain yang menghuni posisi small forward harus agresif dan kuat. Dia bisa melakukan dribble secara lincah, serta mampu mencetak poin. Fungsi utama small forward adalah menolong dan mengambil peran point guard yang berada dalam tekanan lawan.

Dalam situasi bertahan, small forward harus bisa menjaga lawan yang menempati Posisi 2 (shooting guard) atau 3 (small forward). Salah satu pemain terbaik di posisi ini adalah LeBron James.

4. Power forward

Power forward sering disebut Posisi 4. Dalam permainan bola basket, posisi ini ditempati pemain yang memiliki postur tinggi dan fisik kuat.

Fungsi utama power forward adalah menangkap bola yang memantul dari ring (rebound) baik dalam keadaan bertahan maupun menyerang. Jika dibandingkan dengan small forward, power forward banyak bergerak di dekat (bawah) ring untuk menembak dari jarak dekat atau memaksa lawan membuat pelanggaran (foul).

Salah satu contoh forward top dunia adalah Dirk Nowitzki, legenda Dallas Mavericks asal Jerman.

5. Center

Center juga bisa disebut dengan Posisi 5 atau big man. Posisi ini ditempati oleh pemain dengan tubuh paling besar atau tertinggi di tim. Itu karena dia mengambil posisi di area garis tembakan bebas (free-throw line).

Fungsi utama center dalam bola basket adalah membendung tembakan lawan, menyusup pertahanan lawan, dan menjaga daerah pertahanan. Salah satu kemampuan yang wajib dimiliki center yaitu keahlian memanfaatkan punggungnya untuk menghalangi lawan dan mencegah terjadinya rebound.

Dengan posturnya yang tinggi dan besar, center bertugas untuk menghalangi lawan ketika ingin mencetak poin. Center biasanya berfungsi merebut bola ketika jump ball (perebutan bola dalam mengawali permainan basket). Center juga banyak melakukan tembakan dari daerah dekat ring. Hal ini biasanya menghasilkan banyak pelanggaran dari lawan yang mencoba menghalangi.

Beberapa center terkenal di NBA di antara lain Wilt Chamberlain, Kareem Abdul-Jabbar, dan Shaquille O’Neal.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network