Jelaskan Pengertian Olahraga, Tujuan, dan Jenisnya

"Olahraga merupakan aktivitas yang menyenangkan dan menyehatkan."

Analisis | 06 September 2022, 20:08
Jelaskan Pengertian Olahraga, Tujuan, dan Jenisnya

Libero.id - Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting bagi manusia di era modern seperti saat ini. Bahkan, bagi beberapa orang di perkotaan, olahraga sudah menjadi kebutuhan hidup dan menjadi standar sosial sebuah golongan.

Sejak lama, olahraga dikenal memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang kesehatan tubuh. Dengan berolahraga secara teratur, tubuh akan tetap sehat serta bugar. Selain fisik, dengan berolahraga juga dapat memberikan manfaat lain, baik secara mental maupun sosial.

Olahraga dapat dipahami sebagai aktivitas yang melibatkan pengerahan tenaga fisik dan pikiran yang dilakukan untuk melatih tubuh manusia, baik secara jasmani maupun rohani.

Pengertian Olahraga Menurut Ahli

1. Kathryn Marsden

Olahraga adalah suatu kegiatan yang dapat mengurangi stres dan sangat mudah dilakukan oleh manusia dengan biaya yang murah.

2. Suryanto Rukmono

Olahraga adalah suatu kegiatan melatih tubuh manusia agar lebih sehat dan kuat, baik jasmani dan rohani.

3. Seno Gumira Ajidarma

Olahraga adalah suatu kegiatan yang menyehatkan tubuh manusia dan sarana kompetisi untuk mencari bakat seseorang di bidang olahraga.

4. Cholik Mutoir

Olahraga adalah suatu kegiatan fisik yang dilakukan secara sistematik untuk membantu perkembangan potensi jasmani dan rohani seseorang.

5. Hans Tandra

Olahraga adalah suatu gerakan tubuh yang teratur dengan irama yang bertujuan untuk meningkatkan kebugaran dan imunitas tubuh manusia.

Tujuan dan Manfaat Olahraga

Tujuan olahraga adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan seseorang. Selain meningkatkan kebugaran fisik, olahraga juga bisa memperbaiki dan meningkatkan kinerja otak manusia sehingga dapat bekerja lebih maksimal. Dengan kondisi fisik yang lebih bugar dan daya pikir yang lebih fresh, akan meningkatkan rasa percaya diri.

Bagi sebagian orang, aktivitas olahraga tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kesehatan. Banyak orang yang melakukan aktivitas olahraga untuk hobi atau untuk mengurangi stres akibat rutinitas dan beban pekerjaan sehari-hari.

Jenis-Jenis Olahraga

1. Olahraga Modern

Olahraga modern merupakan kegiatan atau usaha yang dapat mendorong, mengembangkan, dan membina potensi-potensi jasmaniah dan rohaniah seseorang dengan proses sistematik. Baik sebagai perorangan atau anggota masyarakat dalam bentuk permainan, perlombaan, pertandingan olahraga yang telah mengalami perubahan dan peraturan permainan mengikuti perkembangan zaman serta teknologi.

2. Olahraga Tradisional

Olahraga tradisional adalah permainan asli rakyat sebagai aset budaya bangsa yang memiliki unsur olah fisik tradisional. Mesk tidak sepopuler olahraga modern, hingga saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang tetap melakukan olahraga tradisional.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network