Bagaimana Kariernya? 6 Transfer Liverpool Bareng Roberto Firmino

"Tinggal dua yang masih bertahan di Anfield."

Analisis | 08 September 2022, 19:46
Bagaimana Kariernya? 6 Transfer Liverpool Bareng Roberto Firmino

Libero.id - Pemain Brasil, Roberto Firmino, pindah ke Anfield pada jendela transfer terakhir Brendan Rodgers sebagai manajer Liverpool. Dan, prospek pemain berusia 23 tahun yang datang dari tim terbaik kedelapan di Jerman dan belum pernah menginjakkan kaki di Liga Premier, bukanlah jaminan dari keberhasilan.

Tentu saja itu sekarang terasa seperti waktu yang sangat lama, mengingat peran penting Firmino di Liverpool memenangkan liga dan Liga Champions selama waktunya di Merseyside. Memang, dia membuat lebih banyak dampak daripada beberapa pemain 'mapan' dari musim panas itu.

Kami telah melihat enam pemain lain yang bergabung dengan Liverpool bersama Firmino pada jendela transfer musim panas 2015.

#1 Joe Gomez

Gomez menjadi pembelian pertama Liverpool di jendela transfer musim itu. Dia tiba dengan reputasi besar setelah melakukan debutnya di Charlton Athletic pada usia 17 tahun dan membuat awal yang cepat saat The Reds memulai musim 2015/2016 dengan tiga clean sheet berturut-turut.

Cedera serius tepat di awal masa jabatan Juergen Klopp membuat beberapa pihak curiga dia akan menghadapi tantangan nyata untuk kembali ke tim utama.

Dan, ternyata pemain Inggris itu mengatasinya dan menunjukkan kualitasnya di Liverpool, keluar dari bangku cadangan dalam kemenangan final Liga Champions 2019 dan memainkan sebagian besar pertandingan Liverpool saat mereka memenangkan gelar liga pada 2020.

Cedera telah mengurangi menit bermainnya dan lebih sering berada di pinggir lapangan sejak saat itu. Dia jatuh ke urutan kekuasaan di belakang Joel Matip dan Ibrahima Konate, tetapi tetap bisa mempertahankan kepercayaan Klopp. Dia menandatangani kontrak lima tahun baru di musim panas ini.

#2 Adam Bogdan

Liverpool memiliki bakat untuk mengambil berbagai macam kiper dengan transfer gratis selama bertahun-tahun, dan Bogdan adalah salah satunya.

Pemain internasional Hungaria itu tetap bersama Bolton Wanderers setelah terdegradasi dari Liga Premier pada 2012. Ironisnya, dia pindah ke Anfield setelah kehilangan tempatnya dari pemain cadangan Liverpool, Andy Lonergan.

Meskipun secara teknis dia bersama The Reds selama empat tahun, dia hanya bermain dua kali di liga. Yang pertama dari dua penampilan itu menjadi yang paling lama diingat, dengan Bogdan memberi Watford gol dalam kekalahan 3-0 yang akan menjadi yang terberat Liverpool musim itu.

Dia sekarang kembali ke Hungaria bersama Ferencvaros dan menjadi skuad tim negaranya yang tidak digunakan di Euro 2020. Sementara mantan pemain Liverpool, Peter Gulacsi, menjadi starter.

#3 Nathaniel Clyne

Clyne adalah salah satu suksesi pemain yang pindah dari Southampton ke Liverpool setelah Adam Lallana dan Dejan Lovren, tetapi cedera membuat kariernya terhambat.

Musim pertama bek kanan itu tidak terlalu buruk, dengan 52 penampilan di semua kompetisi dan satu tempat di skuad Inggris untuk Euro 2016 di akhir musim. Dia juga mencetak satu-satunya gol Liga Premier untuk The Reds musim itu, mencetak gol dalam kemenangan tandang 6-0 ke Aston Villa.

Meskipun cedera membatasi Clyne dengan hanya tiga kali menjadi starter Liverpool setelah 2017, dia mengamankan kepindahan ke klub masa kecil Crystal Palace pada 2020 dan tetap menjadi pemain Liga Premier.

#4 Danny Ings

Berbicara tentang kesengsaraan cedera, Ings masih dianggap oleh beberapa penggemar Liverpool sebagai striker hebat yang mungkin mereka miliki jika bukan karena nasib buruk.

Dia mencetak tiga gol dalam sembilan pertandingan selama musim pertamanya, termasuk satu di Goodison Park di pertandingan terakhir Rodgers. Dan, kemunduran lebih lanjut hampir tepat setahun kemudian, membuat beberapa orang bertanya-tanya apakah mereka bisa melihatnya bermain lagi, apalagi melihatnya dalam performa terbaiknya.

Mantan striker Burnley yang pindah ke Anfield setelah degradasinya Clarets pada 2015 itu mencetak gol keempat dan terakhirnya untuk Liverpool saat bermain imbang melawan West Brom pada April 2018.

Namun, sejak itu, dia telah menunjukkan kepada para pendukung Anfield apa yang mungkin mereka miliki, mencetak hampir 50 gol untuk Southampton dan menyelesaikan kepindahan besar ke Aston Villa pada musim panas 2021.

#5 James Milner

Milner yang didatangkan Liverpool pada 2015 tidak tampak seperti pemain yang masih akan bermain di level tinggi tujuh tahun kemudian.

Pemain internasional Inggris itu telah menjadi pemain utama bagi Manchester City, membantu mereka memenangkan dua gelar liga, tetapi tidak pernah mencetak lebih dari lima gol liga dalam satu musim, dan itu membuat kita berasumsi bahwa dia akan menjadi pemain yang lebih cocok dan lebih teratur untuk sebuah tim yang pada saat itu tidak berjuang untuk meraih trofi.

Tentu saja, umur panjang dan konsistensi Milner telah menjadi bagian besar dari nilainya di Liverpool, belum lagi tingkat kebugaran yang hanya bisa diimpikan oleh kebanyakan pemain berusia pertengahan 30-an. Dia sekarang mendekati 300 penampilan untuk The Reds dan terus menjadi anggota skuad yang berharga di Anfield.

#6 Christian Benteke

Jika karier Firmino di Liverpool sangat diuntungkan oleh pergantian manajer, hal sebaliknya terjadi pada Benteke, yang membuat awal yang mengesankan dengan tendangan akrobat di Old Trafford.

Dia terus tampil di bawah Klopp, mengakhiri musim debutnya dengan sembilan gol liga, dan segera muncul pendapat bahwa dia bukan profil striker yang tepat untuk arah yang direncanakan bos baru untuk membawa klub berjaya.

Liverpool menguangkannya ke Crystal Palace dan langsung diuntungkan dengan musim 15 gol untuk klub barunya.

Setelah itu, pemain Belgia itu lupa bagaimana cara mencetak gol. Dia rata-rata hanya mencetak empat gol per musim dalam lima tahun terakhirnya di Selhurst Park dan sejak itu pindah ke DC United asuhan Wayne Rooney.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Liverpool


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network