Jelaskan Pengertian Variasi dan Kombinasi dalam Permainan Sepakbola

"Sebelum bermain sepakbola, inilah hal yang haris diketahui."

Analisis | 09 September 2022, 05:02
Jelaskan Pengertian Variasi dan Kombinasi dalam Permainan Sepakbola

Libero.id - Sepakbola adalah olahraga tim yang membutuhkan kerjasama antarpemain. Dalam permainan sepakbola, tidak mungkin seorang pemain bekerja sendiri. Pasti, dia akan bekerja bersama rekan-rekan lainnya untuk membentuk variasi dan kombinasi permainan sepakbola.

Dalam penerapan di lapangan, setiap tim sepakbola seperti beradu memperlihatkan seni mengolah si kulit bulat. Baik pada saat menyerang maupun bertahan.

Untuk mendapatkan hasil maksimal berupa kemenangan, semua pelatih akan merancang strategi terbaik agar sulit dibaca lawan. Dibutuhkan para pemain yang mengerti keinginan pelatih. khususnya dalam melakukan variasi dan kombinasi permainan sepakbola.

Pengertian Variasi dan Kombinasi Sepakbola

Variasi dan kombinasi dalam permainan sepakbola adalah gerakan yang menggabungkan beberapa gerakan dasar dan melakukannya dalam satu gerakan. Pada saat yang sama, kombinasi dalam permainan sepakbola adalah gabungan atau rangkaian keterampilan teknik dasar sepakbola.

Variasi dan kombinasi permainan sepakbola itu meliputi:

1. Menggiring Bola

Menggiring bola adalah tindakan mendorong bola sambil berjalan atau berlari ke arah tertentu sembari menjaga posisinya agar tetap dalam jangkauan dan kendali. Tujuan menggiring bola adalah untuk melewati dan menjauhi pemain lawan, serta membawa bola sedekat mungkin ke daerah pertahanan lawan. Menggiring bola bisa dilakukan menggunakan kaki bagian dalam, luar dan punggung kaki.

Cara menggiring bola dengan kaki bagian dalam:

a). Posisikan tubuh berdiri tegak dan gunakan mata untuk melihat dari mana bola berasal.

b). Tempatkan satu kaki untuk menggiring bola, dan kaki lainnya dekat dengan bola.

c).  Dorong bola dengan bagian dalam kaki sambil berlari kecil.

d). Letakkan salah satu telapak kaki, agar bisa menghentikan bola.

Cara menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian luar:

a). Mata mengarah pada arah datangnya bola dengan sikap tubuh berdiri tegak.

b). Bola digiring dengan menggunakan salah satu kaki yang menghadap ke arah dalam. Sedangkan posisi kaki satunya berada di samping bola.

c). Berlari kecil mengikuti arah bola sambil mendorong bola menggunakan kaki bagian luar.

d). Letakkan salah satu telapak kaki di atas bola, agar bisa menghentikan bola.

2. Menendang Bola

a). Instep Drive, teknik ini merupakan tendangan yang menggunakan punggung kaki untuk menendang bola yang diam atau menggelinding. Cara melakukan teknik ini sebenarnya hampir sama dengan operan instep, hanya saja gerakan terakhir berfokus pada menendang.

b). Full Volley, tendangan yang dilakukan sebelum bola menyentuh tanah. Untuk dapat melakukan hal tersebut maka perlu menendang bola langsung dari udara dengan gerakan kaki ke tempat bola mendarat.

c). Half Volley, teknik ini hampir sama dengan full volley. Perbedaanya adalah bola ditendang saat bola menyentuh tanah. Jadi, tidak ditendang saat di udara. Hal terpenting dari teknik ini adalah memperkirakan dengan tepat dimana bola akan mendarat dan bergerak menuju titik itu, tidak ditendang ketika di udara.

3. Mengontrol Bola

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengontrol bola, diantaranya menggunakan telapak kaki, punggung kaki, dan paha.

a). Menggunakan telapak kaki

Telapak kaki dapat digunakan untuk mengontrol bola, dengan cara berdiri di daerah yang tepat dengan posisi tubuh menghadap ke arah datangnya bola. Selanjutnya, menghadap keluar dengan posisi kaki bagian dalam di buka, kemudian kontrol bola setelah kaki menyentuh bola secara perlahan, dan hentikan bola.

b). Menggunakan punggung kaki

Mengontrol bola menggunakan punggung kaki adalah dengan memposisikan diri sambil menunggu bola datang, kemudian siapkan kaki bagian luar, condongkan tubuh sedikit ke depan, dan bola menyentuh kaki kemudian hentikan.

c). Menggunakan paha

Mengontrol bola dengan paha dilakukan dengan melihat bola datang dari udara. Posisikan tubuh dan letakkan tubuh tepat di bawah arah datangnya bola, angkat kaki untuk menahan bola dan tekuk lutut. Kemudian, saat bola mengenai paha, tarik agar pukulan lebih stabil dan tubuh seimbang.

4. Berjalan dan Berlari dengan Menggiring Bola

Tindakan ini dimulai dengan berlari, kemudian melompat untuk menyambut datangnya bola. Saat bola berada di depan kepala, buatlah sundulan. Usahakan agar bola menyentuh dahi atau kening.

5. Berdiri dan Meliukkan Badan dengan Menghentikan Bola Menggunakan Dada

Gerakan ini dimulai saat bola memantul ke arah tubuh. Selanjutnya, liukkan tubuh ke belakang saat bola mengenai dada. Pertahankan keseimbangan tubuh dengan cara berdiri tegak dan membuka kaki.

6. Melempar Bola

Diawali dengan posisi berdiri dan angkat bola diatas kepala dengan kedua tangan. Arahkan pandangan pada rekan satu tim yang akan menangkap bola. Liukkan tubuh ke belakang. Kemudian, dorong tubuh ke depan dan ayunkan kedua lengan, dengan posisi kaki menapak di lapangan.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network