Jelaskan Pengertian Assist dalam Permainan Bola Basket

"Assist yang bagus akan menghasilkan poin yang baik."

Analisis | 12 September 2022, 19:14
Jelaskan Pengertian Assist dalam Permainan Bola Basket

Libero.id - Penggemar sepakbola tidak asing dengan istilah assist. Ini adalah situasi ketika pemain memberikan umpan yang berujung gol. Uniknya, istilah ini diadopsi sepakbola dari bola basket. Pertanyaannya, apa itu assist?

Bola basket adalah salah satu cabang olahraga yang dilakukan dengan cara dua tim secara berlawanan. Masing-masing tim terdiri dari lima pemain inti yang berusaha meraih point sebanyak-banyaknya dengan memasukkan bola ke dalam ring.

Jika para pemain tidak bisa langsung memasukkan bola ke dalam ring, dirinya bisa mengumpan kepada rekan setim yang lebih berpotensi untuk mencetak poin. Jika bola berhasil masuk ring, maka pemain yang mengoper bola tersebut dikatakan sebagai pemberi assist.

Dalam bola basket, assist merupakan salah satu usaha seorang pemain untuk membagi atau memberikan bola kepada rekan setim agar dapat memasukan bola ke ring lawan. Jika bola yang diberikan tersebut bisa dieksekusi untuk mencetak skor, maka umpan itu disebut assist.

Satu syarat utama dalam assist dalam permainan bola basket adalah umpan yang diterima tak boleh melakukan dribel lagi. Maksudnya, pemain yang menerima umpan itu harus langsung memasukkan bola ke ring. Jika itu masuk, maka pemain yang memberi umpan baru saja melakukan assist.

Assist dalam bola basket masuk ke dalam hitungan penting selain mencetak skor. Hitungan tersebut nantinya akan berguna sebagai statistik seorang pemain dalam sebuah pertandingan. Pemain berposisi guard, khususnya point guard, biasanya mendominasi sebagai sosok yang melakukan assist paling banyak.

Berikut ini 3 Jenis sssist dalam permainan bola basket:

1. Illegal Assist, yaitu seorang pemain tidak boleh menyentuh bola yang sedang mengarah ke ring.

2. Secondary Assist, yaitu operan yang langsung mengarah ke assist. Di NBA, dengan tegas menyatakan bahwa field goal yang dibuat harus dibuat dalam waktu 2 detik dan 1 dribble setelah operan pertama dilakukan.

3. Free Throw Assist, yaitu jJenis assist yang dikreditkan ketika seorang pemain mengoper bola kepada seorang pemain, yang segera dilanggar dan membuat setidaknya satu lemparan bebas. Metrik ini menunjukkan jumlah operan yang mengarah ke poin yang dicetak dari garis amal. 

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network