Jelaskan Pengertian Assist dalam Permainan Sepakbola

"Assist dalam sepakbola berasal dari bola basket."

Analisis | 12 September 2022, 19:12
Jelaskan Pengertian Assist dalam Permainan Sepakbola

Libero.id - Mencetak gol dalam pertandingan sepakbola adalah hal yang paling utama dan tujuan semua tim ketika pertandingan. Untuk mendapatkan gol yang banyak dibutuhkan assist dari rekan setimnya. Apa itu assist?

Dalam permainan sepakbola, gol menjadi tujuan utama dari masing-masing tim yang bertanding. Gol tecipta ketika bola dinyatakan sah melewati garis gawang sepenuhnya. Salah satu dari dua tim yang bertanding dalam permainan sepakbola akan dinyatakan menjadi pemenang jika memiliki jumlah gol lebih banyak dibanding tim lawan dalam dua babak berdurasi masing-masing 45 menit.

Pada Law of the Game yang dirancang Dewan Sepakbola Internasional (IFAB), gol dinyatakan sah apabila selama rangkaian prosesnya tidak ditemukan pelanggaran. Dalam proses terjadinya gol pada sebuah pertandingan di berbagai ajang, sering ditemukan istilah berupa assist.

Assist dalam permainan sepakbola dapat dijelaskan sebagai operan terakhir menuju penerima yang pada akhirnya mencetak gol. Pendapat tersebut dikemukakan oleh mantan pelatih tim nasional Inggris, Don Howe, saat membidani kemunculan Opta pada 1996.

Makna dari assist kemudian berkembang, dan banyak digunakan sebagai istilah statistik dalam permainan sepakbola di berbagai belahan dunia.

Namun, akhir-akhir ini muncul perdebatan mengenai gol yang dibuat pemain tanpa bantuan rekan setimnya, seperti dari tendangan penalti atau tendangan bebas. Menurut Opta, hal dapat diselesaikan dengan menggunakan definisi bahwa assist dilakukan seorang pemain secara sengaja agar rekan setimnya dapat mencetak gol.

Hanya saja dalam praktiknya di lapangan, banyak penghitungan statistik memakai perluasan definisi tersebut ketika melakukan analisis terjadinya sebuah gol. Contohnya, ketika seorang pemain mencetak gol dari tendangan penalti, maka rekan setim yang dilanggar oleh pemain lawan mendapat kredit berupa assist.

Dengan dasar tersebut, assist bisa dipakai kepada pemain yang mencetak gol dari tendangan penalti, yang terjadi karena dirinya sendiri dilanggar oleh pemain lawan.

Terlepas dari perdebatan yang muncul di statisk sepakbola, assist mulai dianggap sebagai statistik penting dalam karier seorang pemain sepakbola. Menariknya, assist di sepakbola terinspirasi dari pertandingan bola basket yang memang telah lebih dulu menggunakan assist sebagai salah satu parameter.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network