Ekuador Berikutnya? 7 Negara ini Pernah Dilarang Ikut Piala Dunia

"Ada yang pura-pura cedera karena suar, padahal..."

Analisis | 14 September 2022, 19:44
Ekuador Berikutnya? 7 Negara ini Pernah Dilarang Ikut Piala Dunia

Libero.id - Mengingat berita bahwa Ekuador dapat dikeluarkan dari Piala Dunia mendatang, kami telah melihat kembali tujuh negara lain yang telah dilarang dari turnamen paling bergengsi di dunia sepak bola tersebut.

Setelah Ekuador mengamankan tempat mereka di Piala Dunia 2022, Asosiasi Sepak Bola Chile mengajukan keluhan resmi ke FIFA pada April 2022. Chile mengklaim bahwa salah satu pemain Ekuador, yakni Byron Castillo menggunakan akta kelahiran palsu dan merupakan imigran ilegal.

FA Chile menyatakan bahwa Castillo lahir di Kolombia pada 1995, bukan Ekuador pada 1998 yang ditunjukkan pada dokumennya.

Sekarang, menurut laporan Daily Mail, sebuah laporan telah diterbitkan yang membuktikan bahwa Castillo sebenarnya adalah orang Kolombia.

Akibatnya, Ekuador bisa dikeluarkan dari Piala Dunia 2022, yang akan berlangsung pada November. Keputusan resmi akan segera diumumkan.

Dengan Ekuador menghadapi jalan keluar lebih awal, kami melihat kembali tujuh negara lain yang telah dilarang dari turnamen sepak bola paling bergengsi tersebut.

1. Jerman dan Jepang - Piala Dunia 1950

Setelah edisi Piala Dunia 1942 dan 1946 dibatalkan karena Perang Dunia II, turnamen kembali diadakan pada 1950.

Tetapi, Jerman dan Jepang tidak diizinkan untuk terlibat karena hasil dari Perang Dunia kedua.
Uruguay adalah pemenangnya, dengan Brasil kedua, Swedia ketiga, dan Spanyol keempat.

2. Afrika Selatan - Piala Dunia 1970 - 1990

Selama politik apartheid di Afrika Selatan, mereka dihadapkan dengan beberapa boikot internasional. FIFA telah menangguhkan mereka pada 1963, dan akhirnya dikeluarkan pada 1976.

Afrika Selatan adalah negara Afrika terakhir yang menjadi tuan rumah turnamen tersebut, setelah menjadi tuan rumah edisi 2010.

3. Meksiko - Piala Dunia 1990

Meksiko dilarang selama dua tahun oleh FIFA setelah mereka menurunkan empat pemain yang berada di atas batas usia.

Insiden itu terjadi saat babak kualifikasi turnamen dunia level junior.

Piala Dunia 1990 dimenangkan oleh Jerman Barat, setelah mereka mengalahkan Argentina di final. Italia dan Inggris masing-masing berada di urutan ketiga dan keempat.

4. Chile - Piala Dunia 1994

Kiper Chile, Roberto Rojas, berpura-pura terluka oleh suar yang dilemparkan oleh seorang penggemar selama pertandingan negaranya melawan Brasil pada 1989.

Sebenarnya, dia menggunakan pisau tersembunyi di sarung tangannya untuk memotong dirinya sendiri. Akibatnya, FIFA melarang Chile dari turnamen 1994. Sementara Rojas dilarang seumur hidup.

5. Myanmar - Piala Dunia 2006

Myanmar menarik diri dari pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2002 yang dijadwalkan dimainkan di Iran.

Mereka didenda USD 23.500 (Rp 350,4 juta) oleh FIFA dan dilarang mengikuti turnamen edisi 2006, yang diadakan di Jerman.

6. Rusia - Piala Dunia 2022

Setelah invasi mereka ke Ukraina, mereka dikecam oleh banyak negara di seluruh dunia.

FIFA memutuskan tim sepak bola Rusia dilarang berpartisipasi di Piala Dunia Qatar. Pertandingan pertama Piala Dunia 2022 akan dimulai pada 20 November.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network