Jelaskan Manfaat dan Pentingnya Permainan Sepakbola

"Bermain sepakbola punya banyak manfaat untuk tubuh manusia."

Analisis | 16 September 2022, 03:06
Jelaskan Manfaat dan Pentingnya Permainan Sepakbola

Libero.id - Hampir setiap hari sepakbola ditayangkan di berbagai saluran televisi, baik berbayar maupun gratis. Itu wajar karena sepakbola sudah menjadi salah satu olahraga paling populer di dunia. Orang-orang dari lintas usia menyukai permainan yang berasal dari Inggris tersebut.

Secara definisi, sepakbola adalah salah satu permainan bola besar yang dimainkan oleh dua tim secara berlawanan, dengan masing-masing tim terdiri dari 11 pemain utama dan beberapa pemain cadangan.

Ketika pertandingan sepakbola berlangsung, kedua tim bertanding memiliki tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan serta berusaha mempertahankan gawang timnya agar tidak kebobolan gol dari tim lawan. Pemenang pertandingan ditentukan dari banyaknya bola yang masuk gawang.

Dalam permainan sepakbola, seluruh anggota tubuh boleh digunakan, kecuali tangan. Hanya kiper yang diperkenankan bermain dengan seluruh anggota tubuhnya di area penalti sendiri, termasuk tangan.

Pertanyaannya, apa manfaat bermain sepakbola? Sepakbola adalah olahraga yang membutuhkan kemampuan fisik prima. Semua anggota tubuh bergerak saat memainkan olahraga ini. Jadi, bermain sepakbola memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

1. Meningkatkan kebugaran

Dengan bermain sepakbola, tubuh akan selalu bugar. Semua anggota tubuh bergerak dan keringat akan mengucur. Ini baik untuk proses metabolisme tubuh jika dilakukan dengan baik dan benar.

2. Menurunkan risiko jantung

Berlari dan berjalan termasuk olahraga yang baik untuk memperkuat jantung. Dan, dengan bermain sepakbola, orang akan melakukan kedua ativitas itu secara bersamaan dalam periode waktu tertentu.

3. Mengontrol berat badan

Dengan berolahraga secara teratur, berat badan akan terkontrol. Apalagi, bermain sepakbola membutuhkan waktu yang cukup signifikan dengan banyak gerakan dilakukan semua anggota tubuh.

4. Menjaga kekuatan otot 

Sepakbola adalah olahraga kontak fisik. Maksudnya, para pemain tidak bisa menghindari duel ketika memperebutkan bola. Agar memenangkan pertarungan itu, dibutuhkan kekuatan otot dan fisik yang bagus. 

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network