Jelaskan Istilah-istilah Wajib dalam Permainan Bulutangkis

"Sebelum bermain, perlu untuk mengetahui istilah-istilahnya."

Analisis | 17 September 2022, 05:05
Jelaskan Istilah-istilah Wajib dalam Permainan Bulutangkis

Libero.id - Bulutangkis adalah permainan olahraga yang sederhana. Dibutuhkan raket, kok, dan net, maka semua orang bisa memainkan olahraga tepok bulu ini. Tapi, jauh lebih baik jika sebelum bermain, pemain mengetahui terlebih dulu istilah-istilah yang biasa digunakan dalam permainan bulutangkis.

Olahraga bulutangkis memiliki banyak penggemar di Indonesia. Mereka akan berbondong-bondong ke stadion maupun duduk di depan televisi saat kompetisi bulutangkis diselenggarakan.

Nah, berikut ini istilah-itilah dalam permainan bulutangkis yang wajib diketahui:

1. Servis

Servis merupakan pukulan awal dari pemain yang mengarahkan kepada lawan untuk mencari satu poin. Jika lawan yang meraih poin, maka poin tersebut akan berpindah dan sering disebut dengan istilah service over.

2. Smash

Smash merupakan pukulan keras atau pukulan di atas kepala yang diarahkan ke bawah dengan memadukan power dan kecepatan. Hasilnya akan membuat laju bola menukik tajam ke bagian lawan.

3. Jumping smash

Sama seperti smash, pukulan ini dilakukan dengan cara sambil melompat. Tujuannya juga sama, yakni mematikan permainan lawan.

4. Dropshot atau chop

Dropshot atau chop merupakan istilah pukulan atau pengembalian yang melintasi net dan jatuh ke arah lantai. Caranya dapat dilakukan lewat pukulan underhand atau overhand dari bibir net atau belakang lapangan.

5. Netting

Istilah ini menjadi gaya permainan atau pukulan yang dilakukan secara mendatar di atas net agar bola jatuh di dekat bibir net. Meski demikian, teknik ini sering menjadi bumerang jika pemain tidak lihai dalam mengembalikan bola.

6. Rally

Rally adalah pukulan yang dilakukan sejak service hingga bola terjatuh. Seiring lamanya rally biasanya semakin seru pertandingan bulu tangkis.

7. Straight game

Straight game merupakan istilah permainan yang dimenangkan dalam dua game (set) langsung.

8. Rubber game

Rubber game menjadi istilah permainan yang ditentukan setelah kedua pemain sama-sama memenangkan satu set. Set perpanjangan ini akan berguna untuk mencari pemenang di suatu pertandingan bulutangkis.

9. Match point

Istilah match point ditujukan pada poin terakhir untuk salah satu pemain/pasangan sebelum memenangan satu pertandingan.

10. Deuce

Jika kedua pemain memiliki angka sama kuat 20-20, maka permainan dinyatakan deuce. Pada kondisi ini, salah satu pemain harus bisa lebih dulu unggul dalam selisih dua angka atau siapapun yang sampai lebih dulu mencapai angka 30 jika masing-masing pemain bermain sama kuat.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network