Ada Apa dengan Gerard Pique? Ikon Barcelona Kini Penghangat Bangku Cadangan

"Ternyata ini rencana yang sudah disiapkan Xavi."

Analisis | 23 September 2022, 16:52
Ada Apa dengan Gerard Pique? Ikon Barcelona Kini Penghangat Bangku Cadangan

Libero.id - Ada banyak pembicaraan tentang klausul kontrak di Camp Nou musim ini, salah satunya Antoine Griezmann yang saat ini berada di musim kedua dari masa pinjaman dua tahun di Atletico Madrid.

Jika penyerang asal Prancis itu bermain lebih dari 45 menit di lebih dari 50% pertandingan, maka Atletico harus mempermanenkannya dengan membayar 35 juta pounds (Rp 592 miliar) untuk mengontraknya secara permanen.

Hal ini menyebabkan waktu permainan Griezmann sebagian besar terbatas pada penampilan pengganti dari menit ke-60 dan seterusnya musim ini, dan akhirnya bisa membuatnya menjauh dari Atletico.

Namun, dia bukan satu-satunya yang masa depannya bergantung pada klausul bermain, di mana Gerard Pique saat ini tidak senang dengan seberapa banyak pertandingan yang dia mainkan.

Bek berusia 35 tahun itu bermain di musim ke-15 dengan raksasa Catalunya, memiliki kontrak yang berlangsung hingga 2024. Barcelona memiliki opsi untuk membatalkan kontrak setahun lebih awal jika dia tampil di kurang dari 35% pertandingan musim ini, menurut Mundo Deportivo.

Desas-desus tentang kemungkinan kepergian Pique didorong oleh keinginan Barca untuk membantu meringankan kesengsaraan keuangan mereka baru-baru ini, di mana mantan pemain Manchester United itu menjadi salah satu penghasil teratas tim dalam hal pengeluaran lewat gaji.

Walau tercatat sebagai pemain kelima dalam daftar penampilan terbanyak Barcelona dengan 608 laga, Pique telah menjadi pemain pinggiran selama masa jabatan Xavi Hernandez.

Sejauh musim ini, dia hanya tampil sekali di LaLiga saat bermain 90 menit penuh melawan Cadiz dan sekali di Liga Champions saat masuk sebagai pemain pengganti di babak pertama dalam kemenangan 5-1 atas Viktoria Plzen. 

Laporan itu juga mengklaim Xavi, mantan rekan setim Pique, sudah berencana membawa bek tengah Athletic Bilbao, Inigo Martinez, sebagai penggantinya. 

Bos Barca itu diyakini sebagai pengagum gaya bermain pemain berusia 31 tahun itu serta fakta bahwa dia adalah memiliki kekuatan kaki kiri, profil yang tampaknya kurang dimiliki klub mengingat jumlah bek tengah mereka saat ini seperti Pique, Ronald Araujo, Jules Kounde, Andreas Christensen, dan Eric Garcia. 

Barcelona dilaporkan gagal dengan tawaran 12 juta pounds (Rp 203 miliar) untuk mengontrak Martinez di jendela transfer terbaru, tetapi bek itu keluar dari kontrak musim panas mendatang. 

Bilbao ingin memperpanjang masa tinggal pemain internasional Spanyol itu di Basque, namun masa depannya masih belum pasti. 

Awal bulan ini, ketika ditanya tentang kemungkinan memperbarui kontraknya saat ini, Martinez mengatakan, “Saya rasa saya tidak perlu menjawab pertanyaan itu sekarang." 

“Itu adalah sesuatu yang ada di tangan klub dan perwakilan saya.”   

Pique bukan satu-satunya pemain yang Xavi coba keluarkan dari klub, di mana sang manajer dilaporkan berharap untuk mengganti keempat kapten tim musim panas ini. 

Pemenang Liga Champions empat kali itu mungkin telah bermain dengan mereka semua, tetapi tidak menunjukkan ruang untuk sentimen di timnya. Dia ingin membawa era baru di Barca. 

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan




Daun Media Network