Peringkat 10 Pencetak Gol Terbanyak di Piala Dunia

"Di mana posisi Messi?"

Analisis | 30 September 2022, 18:49
Peringkat 10 Pencetak Gol Terbanyak di Piala Dunia

Libero.id - Piala Dunia 2022 sudah di depan mata, dan Qatar sudah siap untuk menjadi tuan rumah pada turnamen yang akan dimulai  20 November mendatang.

Itu artinya kita akan melihat gol demi gol yang biasanya dicetak oleh para striker terbaik di dunia. Untuk itu, kami merasa ini adalah waktu yang tepat untuk melihat kembali striker paling tangguh dalam sejarah kompetisi empat tahunan tersebut.

Berikut adalah daftar 37 nama striker legendaris yang merupakan pencetak gol terbanyak dalam ajang Piala Dunia. Mereka masuk dalam daftar 10 besar.

10) Oldrich Nejedly, Lajos Tichy, Careca, Johnny Rep, Andrzej Szarmach, Luis Suarez, Hans Schafer, Cristiano Ronaldo - 7 gol

Delapan pemain yang baru saja masuk ke dalam daftar dengan masing-masing tujuh gol atas nama mereka. 

Oldrich Nejedly dari Cekoslowakia, Lajos Tichy dari Hungaria, Careca dari Brasil, Johnny Rep dari Belanda, Andrzej Szarmach dari Polandia, dan Hans Schafer dari Jerman Barat semuanya menyelesaikan karier mereka dengan jumlah yang sama.

Luis Suarez dari Uruguay dan superstar Portugal Cristiano Ronaldo keduanya akan berusaha untuk menambah jumlah gol mereka pada edisi Piala Dunia 2022.

9) Guillermo Stabile, Leonidas, Ademir, Oscar Miguez, Rivaldo, Rudi Voller, Diego Maradona - 8 gol

Salah satu pemain terbaik Piala Dunia sepanjang masa, Diego Maradona, mengakhiri kariernya dengan delapan gol di Piala Dunia - termasuk lima dalam perjalanan menuju kemenangan Argentina 1986.

Dia bergabung dalam daftar dengan sesama Argentina, Guillermo Stabile, lalu dari Uruguay ada Oscar Miguez, dari Jerman ada Rudi Voller, dan trio Brasil Leonidas, Ademir, dan Rivaldo.

8) Eusebio, Christian Vieiri, Vava, David Villa, Paolo Rossi, Jairzinho, Roberto Baggio, Karl-Heinz Rummenigge, Uwe Seeler - 9 gol

Juara dunia lima kali Brasil terus mengisi daftar ini, Vava dan Jairzinho, sama-sama mencetak sembilan gol untuk raksasa Amerika Selatan itu. Mereka bersama dengan legenda Portugal, Eusebio.

Pemain Italia, Christian Vieiri, Paolo Rossi, dan Roberto Baggio juga mencapai prestasi tersebut. Mereka bersama dengan pemain Spanyol, David Villa, dan duo Jerman, Karl-Heinze Rummenigge dan Uwe Seeler.

7) Helmut Rahn, Gary Lineker, Gabriel Batistuta, Teofilo Cubillas, Thomas Mueller, Grzegorz Lato - 10 gol

Hanya 13 pemain yang berhasil mencetak dua digit gol di Piala Dunia.

Hampir setengah dari mereka dengan catatan 10 gol- di antaranya ada nama legenda Inggris, Gary Lineker, yang melakukannya dalam dua edisi, 1986 (enam gol) dan empat gol pada 1990.

Helmut Rahn dari Jerman sejajar dengan Lineker - begitu pula Gabriel Batistuta dari Argentina, Teofilo Cubillas dari Peru, dan Grzegorz Lato dari Polandia.

Pemain Jerman lainnya, Thomas Mueller, akan berharap dia bisa menambah pundi-pundi golnya di Qatar nanti.

6) Sandor Kocsis, Juergen Klinsmann - 11 gol

Sandor Kocsis dari Hungaria mungkin bukan nama yang dikenal banyak orang, tetapi dia mencetak 11 gol yang luar biasa dalam lima pertandingan di Piala Dunia 1954 - dan tidak pernah menambah jumlah itu lagi.

Dia bergabung dengan legenda Jerman, Juergen Klinsmann dengan 11 gol - dengan mantan pemain Inter Milan, Tottenham, dan Bayern Muenchen itu mencetak tiga gol pada 1990, lima pada 1994 dan tiga pada 1998.

5) Pele - 12 gol

Legenda Brasil, Pele, adalah satu-satunya pemain dalam sejarah sepak bola yang memenangkan Piala Dunia tiga kali.

Dia membantu negaranya mengangkat trofi pada 1958, 1962, dan 1970, masing-masing mencetak enam, satu, dan empat gol.

Dia juga mencetak satu gol di Piala Dunia 1966 sebelum Brasil tersingkir di babak penyisihan grup.

4) Just Fontaine - 13 gol

Pemain Prancis Just Fontaine memegang rekor gol terbanyak yang dicetak di satu Piala Dunia, dengan mencetak 13 gol dalam enam pertandingan di turnamen 1958.

Namun, terlepas dari eksploitasinya yang luar biasa, Prancis masih kalah dari juara bertahan Brasil 5-2 di semifinal.

Fontaine tidak pernah tampil di Piala Dunia lainnya karena Prancis gagal lolos pada 1962, dan sang penyerang pensiun pada tahun yang sama.

3) Gerd Mueller - 14 gol

Penembak jitu Jerman, Gerd Mueller, mencetak 10 gol sensasional di Piala Dunia 1970. Tapi, seperti Fontaine, dia harus puas hanya di semifinal.

Dia kembali mengangkat trofi bersama Jerman Barat empat tahun kemudian, mencetak empat gol termasuk gol kemenangan di final.

2) Ronaldo - 15 gol

Secara luas dianggap sebagai striker terhebat di generasinya, Ronaldo dari Brasil memegang rekor selama hampir satu dekade sebelum dipecahkan pada 2014.

Dia pergi ke turnamen 1994 yang dimenangkan Brasil, tetapi tidak tampil di salah satu pertandingan.

Ronaldo kemudian kembali pada 1998 dan mencetak empat gol dalam perjalanan ke final - sebelum akhirnya menderita kekalahan dari Prancis.

Dia lalu tampil cemerlang empat tahun kemudian dengan mencetak delapan gol saat Brasil mengangkat trofi pada 2002, dan jumlah golnya dengan tiga gol lagi pada 2006.

1) Miroslav Klose - 16 gol

Striker Jerman Klose adalah pencetak gol terbanyak dalam sejarah Piala Dunia dengan penghitungan yang menakjubkan, yakni 16 gol. 

Dia membuka catatan itu dengan hat-trick melawan Arab Saudi di Piala Dunia 2002 - satu-satunya gol yang dia cetak di turnamen itu. 

Klose kemudian membawa pulang sepatu emas pada 2006 dengan lima gol  atas namanya. 

Dia mencetak empat gol lagi di Afrika Selatan pada 2010, sebelum menyalip Ronaldo berkat dua golnya pada 2014 - di mana Jerman mengangkat trofi. 

Gol pemecah rekor datang melawan Brasil saat Klose mencetak gol kedua dalam kemenangan 7-1 di semifinal atas Brasil. 

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network