Masih Ingat? Inilah Starting XI PES Edisi Original

"Pencinta PES pasti paham nih!"

Analisis | 19 October 2022, 17:17
Masih Ingat? Inilah Starting XI PES Edisi Original

Libero.id - Tumbuh sebagai gamer dan penggemar sepak bola periode 2000-an, sebenarnya hanya ada dua tipe orang, penggemar FIFA atau pecinta Pro Evolution Soccer.

Meskipun FIFA memiliki jerey resmi dengan nama pemain yang sudah dikenal dan tim berlisensi penuh, Pro Evolution Soccer yang dalam bahasa sehari-hari dikenal sebagai PES atau Pro Evo menjadi pengalaman bermain yang superior, bahkan jika Anda bermain sebagai Middlebrook atau Merseyside Reds.

Sudah banyak waktu yang hilang untuk bermain game sepak bola andalan Konami ini, seringkali ditemani teman-teman dari sekolah dan terkunci dalam siklus turnamen.

Apa yang memisahkan Pro Evo dari saingannya, EA Sports, adalah mode Master League pemain tunggal yang terinspirasi dari game tersebut.

Sesuatu yang merupakan pendahulu Mode Karier FIFA melalui Football Manager, Master League menempatkan Anda sebagai penanggung jawab tim sepakbola gaya Mighty Ducks.

Tujuannya sederhana, yakni membentuk mereka menjadi tim pemenang musim demi musim, atau paling tidak mengumpulkan dana yang cukup sehingga Anda bisa membeli pemain top dengan kemegahannya, seperti Adriano.

Berbaris dalam formasi 3-5-2 default, inilah susunan pemain klasik yang ditinjau kembali dengan segala kejayaannya saat game PES diluncurkan oleh Konami.

#1 Ivarov – GK

Dia mungkin tidak memiliki refleks kucing seperti rekan Rusianya, Lev Yashin, atau bahkan Dmitri Kharine, tetapi Ivarov memiliki sepasang tangan yang stabil di antara tiang hingga usia 30-an.

Semuanya terlihat bagus, karena itu Anda tidak perlu mengeluarkan penjaga gawang baru sejak awal untuk masa jabatan Master League Anda. Hanya saja, jangan mengandalkan salah satu dari cadangannya, seperti Kelsen dan Zamenhof.

#2 Valeny – CB

Valeny menjadi batu yang kokoh di belakang dan fondasi pertahanan, di mana setiap musim debut di Master League dibangun.

Kuat, bagus di udara, dan serbaguna baik sebagai bek tengah atau sebagai full-back, Valeny juga menawarkan ancaman seperti John Terry.

Satu-satunya kelemahan nyata adalah usianya, yang membuat Anda menghadapi dilema saat menjalani manajerial pertama. Dia semakin kehilangan kecepatan.

#3 Stremer – CB

Orang Swedia berambut pirang dan bermata biru itu menggunakan nama Stromer di beberapa inkarnasi sebelumnya, bahkan menjadi orang Jerman di beberapa versi selanjutnya.

Apapun masalahnya, dia menambahkan otoritas tertentu ke lini belakang dan menopang pertahanan selama hari-hari awal yang sulit di Master League ketika gol lebih sulit didapat. Terkenal karena posisinya, Stremer juga sering dikeluarkan lebih awal karena tekel terburu-burunya.

#4 Jaric – CB

Salah satu kegembiraan besar Pro Evo muncul dengan mengambil tendangan bebas pada permainan. Sementara orang-orang seperti Roberto Carlos dan David Beckham muncul lengkap dengan run-up khas mereka, yakni memiliki spesialis bola mati membuat perbedaan nyata bagi tim mana pun.

Di situlah Jaric masuk. Sebagai seorang bek, namanya memang tidak terlalu booming, tetapi kekuatan pada kaki kiri membuatnya menjadi aset berharga dalam hal mengambil tendangan sudut dan tendangan bebas.

#5 Dodo – DM

Jangan bingung dengan kegagalan Inter Milan di kehidupan nyata, Dodo adalah pemain defensif yang diberkati.

Pemain Brasil itu bisa merangkap sebagai full-back jika diperlukan, tetapi jauh lebih baik ditempatkan sebagai gelandang tengah, di mana dia memiliki insting dalam memberikan gaya seperti David Batty.

#6 Iouga – DM

Iouga adalah kapten dan detak jantung dari tim default Master League yang solid.

Iouga bisa mengoper bola sebaik yang bisa dan sering membuat tekel yang diperlukan. Dia juga menjadi orang Rumania paling ikonik yang memainkan permainan indah sejak Gheorge Hagi.

#7 Espimas – RWB

Espimas mungkin menjadi David Beckham dari Master League berkat penampilannya yang bagus dan berkilau. Espimas tidak memiliki umpan silang yang cantik untuk menyaingi Beckham. Tapi, sebagai pemain sayap, dia memiliki kecepatan untuk menjadi pengumpan yang hebat.

#8 Ximelez – LWB

Ximelez terdengar seperti pemain yang akan ditandatangani Newcastle United selama tugas kedua Kevin Keegan. Dia direkrut sebagai bantuan kepada Dennis Wise.

Seorang pemain sayap yang cukup cakap. Faktanya, dia secara teratur dikalahkan oleh Espimas, yang hanya lebih baik dalam segala hal.

Meski begitu, Ximelez menjadi tambahan yang cukup berguna untuk trisula lini tengah menyerang tim, bahkan jika dia memiliki tingkat kebugaran seperti Neil Ruddock yang dikombinasikan dengan catatan cedera Darren Anderton.

#9 Minanda – AM

Minanda adalah permata yang tidak diragukan lagi di mahkota starting XI. Playmaker asal Portugal itu merupakan perpaduan antara Andrea Pirlo dan Juan Roman Riquelme.

Seperti Pirlo di masa-masanya di New York City, kecepatan dan energi Minanda kadang-kadang kurang. Tetapi, dia masih memiliki keanggunan yang halus dalam menguasai bola.

Untungnya, seperti Riquelme, Minanda memiliki mata yang tajam untuk umpan terobosan dengan hasil yang sering kali sensasional.

#10 Ordaz–ST

Ordaz adalah Niall Quinn untuk Castolo Kevin Phillips. Dia mungkin kurang memiliki ketenangan yang sama dengan bola di kakinya, tetapi pemain Spanyol itu memiliki bakat untuk muncul di tempat yang tepat pada waktu yang tepat untuk mencetak gol.

Terkenal karena kurangnya kecepatan, gaya rambut gorden Ordaz memberinya nuansa kemunduran pada 1990-an. Pikirkan Lee Chapman melewati masa-masa selanjutnya dengan West Ham dan Ipswich dan Anda cukup dekat dengan pengalaman Ordaz.

#11 Castolo – ST

Castolo adalah penyerang berbakat yang membawa kecepatan dan kecerdasan ke lini depan tim. Sementara pemain lain datang dan pergi seiring musim berlalu, Castolo mempertahankan posisinya berkat keserbagunaannya sebagai striker, striker pendukung, atau bahkan pemain sayap. 

Terkenal karena gaya rambut cornrow-nya, yang terlihat sangat keren pada saat itu, Castolo adalah ancaman serangan utama tim berkat beberapa gerakan yang mengesankan dan gaya angkuh dalam cara dia menahan diri di lapangan. Dia juga membuktikan performa sempurna ketika hari akhirnya tiba untuk mengontrak pemain terbaik Pro Evo, Adriano. 

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network