Kisah Persahabatan Cesc Fabregas dan Lionel Messi, Terbina di La Masia

"Salah memprediksi si mungil."

Analisis | 25 October 2022, 22:01
Kisah Persahabatan Cesc Fabregas dan Lionel Messi, Terbina di La Masia

Libero.id - Lionel Messi dan Cesc Fabregas adalah dua sosok pesepak bola yang berteman sangat dekat dan baik. Dengan kata lain bersahabat.

Keduanya satu generasi bahkan lahir hanya selisih beberapa bulan dan bermain bersama di akademi La Masia dan Barcelona.

Fabregas pada akhirnya pindah ke Arsenal pada 2013, sementara Messi akan terus mengukuhkan dirinya sebagai legenda Barcelona dan bisa dibilang pesepak bola terhebat sepanjang masa.

Dalam film dokumenter baru BBC, Fabregas menceritakan kisah pertemuannya dengan Messi muda untuk pertama kalinya.

Faktanya, sang gelandang mengingat sesi latihan pertama saat Messi, yang bergabung dengan Barca pada usia 13 tahun, membuatnya terlihat konyol dengan mengulitinya saat latihan.

Fabregas mengingat sesi latihan pertamanya dengan Messi

"Dia adalah anak yang sangat kecil, dia tidak berbicara, dia sangat pemalu," kata Fabregas.
"Sesi latihan pertama yang kami lakukan dengan Leo, saya lebih banyak bermain sebagai gelandang bertahan. Kami melakukan latihan satu lawan satu." kenang Fabregas.

Seperti yang lainnya, Fabregas sempat memandang remeh Lionel Messi yang memang memiliki tubuh mungil.

"Di kepala saya, saya berpikir 'Saya akan mendapatkan bola dengan mudah darinya. ' karena saya suka melakukan tekel. Saya melihat dia datang dengan kecepatan yang tidak normal, dia datang dengan sangat cepat ke arah saya. Saya sudah kaget karena saya sudah jatuh dan dia mencetak gol."

Fabregas akhirnya segera tersadar

"Jadi sejak saat itu saya berkata 'Tunggu sebentar, kita harus menganggap anak ini sangat serius,” timpalnya.

Pandangan Fabregas tentang pemain Argentina itu sepenuhnya berubah. Ketika Messi memegang bola di kakinya, semua  langsung mengerti dia adalah bintang besar.

“Sebelum itu, tidak normal melihat pemain pada usia itu datang dari jauh. Jika Anda sangat bagus, mereka bisa membawa Anda dari suatu tempat di Spanyol, tentu saja. Melihat seseorang datang dari suatu tempat yang begitu jauh dengan kecepatan seperti itu. Usia muda kita semua berpikir 'wow, anak ini pasti sesuatu yang sangat istimewa’.”

Messi yang sedari kecil sudah jauh dari negerinya beradaptasi dengan cepat meski dia pada dasarnya memang pemalu, namun kepercayaan dirinya tumbuh karena bakat besar yang ada pada dirinya.

"Anda harus kuat secara mental dan memiliki karakter khusus jika tidak, Anda tidak akan berhasil. Ada begitu banyak momen di mana Anda merasa lemah, di mana kepala Anda sedikit menyesatkan Anda, dan Anda ingin kembali ke keluarga Anda, Anda ingin kembali ke kebiasaan Anda, Anda ingin kembali ke teman-teman Anda.”

Fabregas juga terlibat dalam perkembangan mental Messi untuk bisa merasa nyaman di Barcelona.

"Saya yakin itu sangat sulit, tetapi saya ingin percaya bahwa kami juga anak-anak yang baik dan kami berusaha selalu berada di sampingnya dan membantunya sebanyak yang kami bisa."

Ada kisah menarik lainnya di mana Fabregas yang sudah bermain di Arsenal jauh-jauh datang lagi ke Spanyol untuk menyaksikan Messi bermain di El Clasico.

"Saya pergi ke Arsenal dan tiga atau empat bulan kemudian saya memiliki dua hari libur, jadi saya kembali dan ayah saya memberi tahu saya 'Dengar, di sini mantan tim Anda bermain dekat dengan Barcelona dan mereka bermain melawan Real Madrid,' kata Fabregas.

 "Jadi saya berkata 'Ya Tuhan, saya ingin pergi dan menonton.”

“Leo bermain sebagai No.10 dan saya belum pernah melihat yang seperti ini. Dia melewati pemain dengan sangat mudah. Mereka harus melanggarnya begitu keras untuk menghentikannya. Saya memberi tahu ayah saya, dan saya berkata 'Ya Tuhan, Leo.' Dia terlihat jauh lebih kuat, dan dia sepertinya telah membuat perubahan secara fisik sehingga tidak ada yang bisa menghentikannya. Itu adalah hari pertama saya berkata 'Saya tidak berpikir saya pernah melihat orang seperti ini pada usia ini'."

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network