Peringkat Penyerang Terbaik Asuhan Pep Guardiola

"Mampukah patahkan Alan Shearer?"

Analisis | 25 October 2022, 23:22
Peringkat Penyerang Terbaik Asuhan Pep Guardiola

Libero.id - Pep Guardiola telah melatih ratusan pemain dan di antaranya tentu saja para pesepak bola dengan selera mencetak gol luar biasa, seorang striker yang membantu tim besutannya bisa produktif mencetak gol.

Terbaru dalam karier kepelatihannya, Guardiola pasti sangat girang ketika melihat Erling Haaland tak terbendung terus-menerus mencetak gol.

Pemain tim nasional Norwegia itu bergabung dengan Manchester City asuhan Guardiola dari Borussia Dortmund dan langsung tancap gas di Liga Inggris. Di semua kompetisi, Haaland telah mencetak 15 gol dalam 22 penampilan untuk tim barunya.

Rekornya di Liga Inggris bagaimanapun sangat mengejutkan. Hanya dalam 11 pertandingan papan atas, Haaland telah mencetak gol pada 17 kesempatan.

Berbicara setelah Haaland mencetak dua gol dalam kemenangan 3-1 atas Brighton, Guardiola mengakui bahwa pemain bintangnya itu 'pasti' akan memecahkan rekor pencetak gol musiman sepanjang masa di Liga Premier musim ini.

“Kami tidak harus menjadi jenius,” mulai Guardiola dilansir Goal. “Jika dia terus dalam ritme ini, dengan rata-rata setiap pertandingan, dia pasti akan memecahkan rekor. Tapi, dalam sepak bola, mungkin Anda mencetak gol dan dalam beberapa hari berhenti untuk mencetak gol. Saya tidak tahu.”

“Saya tidak berbicara dengannya, saya pikir dia senang ketika tim menang dan tidak ketika mereka kalah. Semua striker yang saya lihat dalam karier saya, Samuel Eto'o, (Lionel) Messi, Robert Lewandowski, Thomas Mueller, Sergio Aguero, mereka semua memiliki ambisi luar biasa untuk mencetak gol. Itu normal. Dia harus seperti itu."

Ungkapan di atas menunjukkan Guardiola mampu menyebutkan nama-nama lima pencetak gol terbaik dalam sejarah modern ketika mengacu pada pengalaman masa lalunya, berbicara tentang kualitas pemain yang telah bekerja dengannya selama kariernya.

Selain Eto'o, Messi, Lewandowski, Mueller dan Aguero, pelatih asal Spanyol berusia 51 tahun itu pernah melatih striker top lainnya, seperti Thierry Henry, Zlatan Ibrahimovic, dan David Villa.

Namun, siapakah di antara mereka yang terbaik? Berikut ini bisa ditentukan berdasarkan rasio gol per pertandingan.

1. Erling Haaland
2. Lionel Messi
3. Samuel Eto'o
4. Sergio Aguero
5. Robert Lewandowski.
6. Mario Mandzukic
7. Zlatan Ibrahimovic
8. David Villa
9. Thierry Henry
10. Gabriel Jesus

Dengan rasio gol-per-pertandingan 1,47, Haaland tepat tiga kali lebih produktif untuk Guardiola daripada Ibrahimovic di Barcelona (0,49).

Haaland juga saat ini mencetak hampir dua setengah kali kecepatan yang dilakukan Aguero di bawah Pep di Etihad.

Striker Argentina itu mencetak 124 gol dalam 182 pertandingan selama pemerintahan Guardiola. Pada tingkat serangannya saat ini, Haaland akan menyamai angka yang sama dalam sedikit lebih dari 84 pertandingan.

Sebelum Haaland bergabung dengan Guardiola, pemenang Ballon d'Or tujuh kali, Lionel Messi, akan menjadi pemimpin pelarian dalam daftar ini. Rata-rata hampir mencetak gol setiap pertandingan, 211 golnya dalam 219 pertandingan adalah prestasi yang luar biasa.

Dibandingkan dengan Haaland, rasionya sebesar 0,96 terlihat positif sebagai pemain. Dibutuhkan banyak hal untuk membuat Messi terlihat manusiawi, tetapi nomor favorit Man City saat ini sedang mengaturnya.

Bisakah Erling Haaland mempertahankan penampilannya yang gemilang?
Harus diakui, jumlah gol Haaland secara keseluruhan adalah yang terendah bersama dalam daftar (bersama Villa). Namun, kecuali cedera, sulit untuk melihat bagaimana dia bisa dihentikan saat ini.

Rekor gol Liga Premier saat ini untuk satu musim adalah 34 (dibagi oleh Andy Cole dan Alan Shearer). Haaland sudah memiliki setengah dari total itu setelah 11 pertandingan.
Dengan rasio 1,47 gol per pertandingan, dia berada di jalur untuk memecahkan rekor dalam 12 pertandingan berikutnya.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network