Diduga Terlibat Membantu Rusia, Masalah Iran Pihak AFC Lepas Tangan

"Langsung diserahkan sepenuhnya kepada pihak FIFA..."

Berita | 28 October 2022, 13:53
Diduga Terlibat Membantu Rusia, Masalah Iran Pihak AFC Lepas Tangan

Libero.id - Ini mungkin masalah Asia, tetapi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah menyerahkan masalah ini ke FIFA.

Badan Asia akan membiarkan federasi dunia memutuskan nasib Iran di Piala Dunia bulan depan.

Pada hari Senin (24/10/2022), klub sepak bola top Ukraina, Shakhtar Donetsk, mendesak FIFA untuk menghapus Iran dari Piala Dunia karena dugaan dukungan militer negara itu untuk invasi Rusia.

Kepala eksekutif Shakhtar Sergei Palkin menuduh Iran "berpartisipasi langsung dalam serangan teroris terhadap Ukraina," dan menyarankan agar tim nasional negaranya bermain di Qatar sebagai pengganti.

Pekan lalu, Gedung Putih mengatakan AS memiliki bukti bahwa pasukan Iran "terlibat langsung di lapangan" di Krimea mendukung serangan pesawat tak berawak Rusia terhadap infrastruktur Ukraina dan penduduk sipil. Rusia dan Iran sama-sama membantah bahwa drone yang digunakan adalah buatan Iran.

Sekretaris Jenderal AFC Datuk Seri Windsor Paul John, ketika ditanya oleh Timesport tentang masalah Iran, mengatakan kemarin bahwa Piala Dunia berada di bawah lingkup FIFA.

"Ini adalah Piala Dunia FIFA oleh karena itu FIFA yang memutuskan," kata Windsor.

Iran dijadwalkan untuk memulai kampanye Piala Dunia mereka melawan Inggris pada 21 November sebelum menghadapi Wales dan Amerika Serikat di Grup B.

Wales lolos dengan mengalahkan Ukraina di babak playoff pada Juni dalam pertandingan yang ditunda dari Maret karena perang.

FIFA belum menanggapi situasi Iran. Namun, jika tim Asia diskors, tidak akan ada preseden bagi FIFA untuk menggantikan mereka dengan tim Eropa di Piala Dunia.

Badan dunia biasanya tidak menangguhkan federasi anggota atas keputusan militer oleh pemerintah nasional meskipun Yugoslavia dilarang mencoba lolos ke Piala Dunia 1994 menyusul sanksi PBB selama perang Balkan.

Pada bulan Februari, FIFA dan UEFA melarang semua perwakilan nasional Rusia atau tim klub untuk berpartisipasi dalam kompetisi FIFA dan UEFA setelah invasi Rusia ke Ukraina.

FIFA menyebutkan risiko terhadap keamanan dan integritas kompetisi mereka, dan lawan Rusia yang dijadwalkan, Polandia, menolak untuk memainkan pertandingan itu.

FIFA biasanya hanya menangguhkan tim nasional ketika pemerintah negara tersebut dinilai telah ikut campur dalam menjalankan independen federasi sepak bola nasional.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network