Kisah Vincenzo Grifo, Pemain Italia yang Moncer di Jerman

"Siapa dia? Ini kisah uniknya.."

Biografi | 05 November 2022, 12:18
Kisah Vincenzo Grifo, Pemain Italia yang Moncer di Jerman

Libero.id - Dulu, Italia punya Luca Toni. Penyerang legendaris itu tidak hanya sukses di Serie A, melainkan juga jadi pujaan di Bundesliga. Kini, beberapa tahun berselang, Italia memiliki Vincenzo Grifo. Winger berusia 29 tahun itu sedang jadi buah bibir di Italia karena moncer di kompetisi Jerman. Siapa dia?

Vincenzo Grifo saat ini bermain untuk klub medioker Jerman, SC Freiburg. Meski berposisi sebagai pemain sayap, pemuda kelahiran Jerman dari orang tua Italia itu sangat tajam. Dia berharap bisa mendapat lebih banyak peluang bersama Gli Azzurri.

Fakta menunjukkan, Vincenzo Grifo adalah pencetak gol Italia terbaik di Bundesliga. Dia menyalip catatan Luca Toni setelah mencetak 41 gol di kompetisi utama Jerman.

"Luca Toni mengirimi saya Whatsapp dan Instagram, dan saya ingat dia juga memberi selamat kepada saya beberapa tahun yang lalu di TV Jerman. Dia sangat baik," kata Vincenzo Grifo kepada La Gazzetta dello Sport soal pencapaiannya itu.

"Tidak banyak orang Italia di Bundesliga. Melihatnya mencetak 38 gol dalam dua setengah tahun membuat kami sangat bangga. Ketika saya berusia 13 tahun, saya tidak pernah membayangkan saya akan menyalipnya. Sekarang, senang melihat nama saya ada di depannya. Saya ingin berterima kasih kepada keluarga saya atas dukungan yang selalu mereka berikan kepada saya. Saya harap ini bukan akhir," ungkap Vincenzo Grifo.

Italia memang tidak lolos ke Piala Dunia 2022. Tapi, itu tidak menghentikan mimpi Vincenzo Grifo untuk terus bermain dengan Gli Azzurri.

"Saya akan pergi berlibur (selama Piala Dunia 2022). Tapi, pertama-tama, ada dua pertandingan persahabatan internasional melawan Albania dan Austria. Saya akan mendukung rekan tim saya (di klub) di Piala Dunia. Saya tidak pernah merasa ditinggalkan Gli Azzurri. Saya selalu merasa di rumah bersama tim nasional dan selalu menyenangkan bisa kembali," beber Vincenzo Grifo.

Peluang Vincenzo Grifo membela Gli Azzurri terbuka setelah Piala Dunia 2022. Sebab, Italia akan menghadapi Inggris, Ukraina, Makedonia Utara, dan Malta pada Kualifikasi Euro 2024.

"Itu selalu sulit. Semua orang memberikan yang terbaik melawan kami. Jadi, kami harus termotivasi seperti dalam dua pertandingan terakhir. Kami menunjukkan bahwa kami adalah grup yang bersatu. Kami memiliki pemain berkualitas dan kami berharap kami akan lolos ke Euro 2024," kata Vincenzo Grifo.

Pertanyaanya, siapa Vincenzo Grifo? Lahir di Pforzheim, 7 April 1993, dari orang tua asal Italia, Vincenzo Grifo mengenal sepakbola dari klub junior di kota kelahirannya, 1.CfR Pforzheim. Kemudian, dia mendapat kesempatan gabung Karlsruher sebelum menjalani debut dengan Hoffenheim pada 2012.

Sebagai orang Italia yang lahir di Jerman, wajar jika Vincenzo Grifo belum pernah main di Serie A. Sebab, setelah Hoffenheim, dia melanjutkan kariernya ke Dynamo Dresden, FSV Frankfurt, SC Freiburg, Borussia Moenchengladbach, Hoffenheim lagi, dan SC Freiburg lagi.

Penampilan di Bundesliga membuat Gli Azzurri tertarik. Dia melakukan debut senior di bawah asuhan Roberto Mancini pada November 2018. Dia telah mencetak dua gol dalam enam penampilan. Dia juga masuk skuad sementara Euro 2020, meski  akhirnya gagal dibawa.

Penampilan terakhir Vincenzo Grifo bersama Gli Azzurri terjadi pada Mei 2021 dalam persahabatan internasional melawan San Marino. Jadi, dia berharap punya masa depan bagus di Italia.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network