Kisah Takuma Asano, Calon Bintang Arsenal yang Terhalang Izin Kerja

"Baru saja cetak gol kemenangan lawan Jerman"

Biografi | 23 November 2022, 22:49
Kisah Takuma Asano, Calon Bintang Arsenal yang Terhalang Izin Kerja

Libero.id - Timnas Jerman berharap bisa meraih 3 point penuh ketika melawan Timnas Jepang dalam laga pembuka Grup E Piala Dunia 2022.

Bermain di Khalifa International Stadium, Qatar, Rabu (23/11) malam WIB Jerman sempat memimpin lebih dulu lewat eksekusi penalti Ilkay Gundogan di menit ke-32. Dan dengan penguasaan bola mencapai 80 persen juga statistik 14 kali melepaskan sepakan ke arah gawang, seharusnya bukan pekerjaan yang sulit untuk membobol gawang Jepang pada 45 menit kedua.

Tapi itu hanya tinggal jadi angan-angan, Hajime Moriyasu melalukan rotasi pemain dan pemain-pemain yang ia masukkan di babak kedua berperan penting saat wakil Asia itu pada akhirnya balik memimpin dan menutup laga dengan kemenangan
 1-2.

Dua gol balasan masing-masing dicetak  melalui Ritsu Doan di menit (75') dan  Takuma Asano (84').

Nama Asano yang paling disorot, terutama oleh  penggemar Arsenal yang menggunakan media sosial mereka untuk mengingatkan pelatih legendaris Arsenal, Arsene Wenger. Kok bisa? Adakah hubungannya?


Asano yang berusia 28 tahun saat ini bermain untuk klub Bundesliga, VfL Bochum, dirinya juga pernah bermain di Serbia dan tentu liga Jepang.

Tapi penggemar Arsenal juga tak bisa begitu saja melupakannya, sebab untuk waktu singkat di Asano pernah berstatus pemain Arsenal antara 2016 dan 2019, namun ia tak seberuntung Takehiro Tomiyasu, lantaran tidak memainkan satu pertandingan kompetitif pun karena masalah izin kerja.

Wenger menyebut pemain itu 'satu untuk masa depan' ketika dia mengontraknya pada 2016, meskipun waktunya di Arsenal akan gagal.

Wenger berkata: "Takuma adalah striker muda berbakat dan sangat cocok untuk masa depan.

"Dia memiliki awal yang mengesankan untuk kariernya di Jepang dan kami berharap dia berkembang selama beberapa tahun ke depan."

Ini mungkin memakan waktu lebih lama dari yang diperkirakan Wenger, tetapi Asano kini telah mencetak gol yang dapat mengubah jalannya.

Arsene Wenger memang jeli dalam melihat bakat pemain, meskipun kebenaran kadang datang terlambat.

Salah satu tweet netizen mengatakan:... Wenger benar-benar visioner..."

Lalu ada twett lainnya: "Ini mungkin tidak berhasil [di Arsenal] untuk Takuma Asano, tapi kita sekarang melihat apa yang Arsene Wenger lihat dalam dirinya. Kemenangan yang luar biasa untuk Jepang!"

Ada juga komentar yang dibuat tentang kemungkinan seberapa bagusnya Asano di Arsenal seandainya dia berhasil menerima izin kerja selama karir Gunnersnya.

 "Sayangnya Asano tidak pernah bermain untuk Arsenal karena dia ditolak dua kali untuk mendapatkan izin kerja. Senang dia menemukan panggung di Piala Dunia untuk membuktikan dirinya."

Masih ada dua laga di fase grup untuk membuktikan lebih jauh kualitasnya. Mari kita nantikan aksi-aksi Asano.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network