Masih Ingat dengan Wasit yang Memimpin Laga Belgia Lawan Kanada?

"Wasit asal Zambia ini sempat populer dan viral ke seluruh dunia.."

Biografi | 24 November 2022, 03:59
Masih Ingat dengan Wasit yang Memimpin Laga Belgia Lawan Kanada?

Libero.id - Masih ingat Janny Sikazwe? Wasit yang mengakhiri pertandingan Piala Afrika 2021 lebih awal? Ofisial asal Zambia itu ternyata berada di lapangan Piala Dunia 2022 memimpin pertandingan Belgia melawan Kanada, Kamis (24/11/2022) dini hari WIB. Hasilnya, dia dibantu VAR untuk memutuskan beberapa kejadian, dan Belgia unggul 1-0.

Awal tahun ini, aksi Janny Sikazwe menjadi perbincangan di seluruh dunia karena menyebabkan kekacauan dalam pertandingan Tunisia melawan Mali.

Janny Sikazwe mendadak viral karena meniup peluit terakhirnya lebih awal. Bukan hanya satu, melainkan dua kali. Dia pertama mengakhiri pertandingan lima menit sebelum waktunya, dan kemudian meniup lagi selama 13 detik penuh sebelum 90 menit penuh berakhir.

Terlepas dari kesalahannya, FIFA ternyata menganggap Janny Sikazwe sebagai wasit yang layak hadir di Piala Dunia 2022. Uniknya, wasit berusia 42 tahun itu memimpin pertandingan Grup F antara Belgia dengan Kanada.

Keberadaan Janny Sikazwe di pertandingan Belgia vs Kanada membuat media sosial heboh."Sikazwe, wasit yang menghentikan pertandingan Piala Afrika 2021 pada menit ke-85, yang kemudian dilanjutkan tetapi tidak memiliki waktu penghentian. Ini seharusnya menyenangkan," tulis salah satu pengguna Twitter.

Yang kedua bercanda: "Legenda Janny Sikazwe akan mengambil alih Kanada vs Belgia". Yang ketiga menambahkan: "Ini memalukan, saya pikir hanya wasit terbaik yang pergi ke Piala Dunia? Kenapa Sikazwe memimpin???" Ada juga yang berkomentar: "Bagaimana mungkin seorang pria yang menghentikan permainan 5 menit lebih awal melakukan reff di Piala Dunia".

Lalu, bagaimana hasil kepemimpinan Janny Sikazwe di Qatar? Dia sempat memberi Kanada penalti setelah peninjauan VAR. Tapi, pada kesempatan lain, dia tidak memberi Kanada penalti setelah pelanggaran di kotak 12 pas

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network