Kenalkan Andries Noppert, Kiper Jangkung Belanda Punya Kisah Hidup Inspiratif

"Bayangkan, 2020/2021 tanpa klub! Kini, ikut Piala Dunia 2022.."

Biografi | 25 November 2022, 19:58
Kenalkan Andries Noppert, Kiper Jangkung Belanda Punya Kisah Hidup Inspiratif

Libero.id - Dengan kembalinya Belanda ke panggung Piala Dunia 2022 setelah absen di Piala Dunia 2018, banyak yang telah berubah sejak penampilan terakhir mereka di tahun 2014. Salah satunya Andries Noppert, kiper setinggi 203 cm yang mencuri perhatian karena jalur kariernya yang unik.

Di Piala Dunia kali ini, Belanda tidak lagi mengandalkan Robin van Persie, Arjen Robben, atau Wesley Sneijder. Mereka sudah lama pergi. Tapi, Daley Blind masih bermain. Dan, entah bagaimana Louis van Gaal ada di pinggir lapangan lagi, sama seperti delapan tahun lalu di Brasil.

Tidak ada yang perlu diingatkan tentang kepribadian eksentrik dan pendekatan pragmatis Louis van Gaal saat mengelola tim. Jika dia menyukaimu, dia akan memanfaatkannya, apa pun situasinya.

Bahkan, kepribadian penuh warna seperti Louis van Gaal ternyata tidak sehebat kisah dongeng sensasional pada perjalanan karier Andries Noppert. Dia adalah penjaga gawang De Oranje saat pertandingan pembuka di Piala Dunia 2022 melawan juara Piala Afrika 2021, Senegal.

Siapa dia? Andries Noppert adalah penjaga gawang Belanda yang saat ini bermain untuk tim Eredivisie, SC Heerenveen. Lahir dan dibesarkan di Heerenveen, pemain berusia 28 tahun ini memulai karier sepakbola dengan tim lokal itu. Tapi, dia gagal tampil sebelum hengkang pada 2014.

Andries Noppert kemudian melanjutkan karier nomaden sebagai kiper cadangan dalam piramida sepakbola Belanda. Dia hanya membuat enam penampilan liga dalam empat tahun untuk NAC Breda, yaitu pada 2014-2018.

Tidak puas dengan perannya sebagai pemain lapis kedua di Negeri Kincir Angin, Andries Noppert memutuskan pindah ke klub karta kedua Italia, Foggia, pada musim 2018/2019. Sial, klub yang pernah melahirkan Giuseppe Signori itu terdegradasi. Bukan hanya turun kasta, Foggia juga gagal masuk Serie C, dan dibubarkan pada akhir musim itu karena masalah keuangan.

Mengalami nasib sial di Italia, Andries Noppert mudik ke Belanda. Di sana, dia bergabung dengan FC Dordrecht di kasta kedua. Dia sempat frustrasi dan mengabaikan saran keluarga dan istrinya untuk pensiun dini, untuk menjalani karier yang lebih pasti sebagai petugas polisi.

Itu benar-benar periode yang sulit untuk Andries Noppert. Dia diputus kontrak oleh FC Dordrecht. Lalu, dengan pandemi yang terjadi, dia tidak punya klub selama sekitar setahun. Pada Juni 2020 hingga Juni 2021, dia adalah pengangguran. Tidak ada klub yang berminat, sehinga keluarganya mendesah gantung sarung tangan.

Tapi, Andries Noppert menolak membiarkan mimpi itu mati. Dia terus melamar dan mencoba ke berbagai klub. Akhirnya, pada pertengahan musim 2021/2022, di jendela transfer musim dingin, dia diterima Go Ahead Eagles.

Setelah awal yang lambat, Andries Noppert mulai mendapat kesempatan tampil. Dia membantu Go Ahead Eagles bertahan di Eredivisie. Ternyata, penampilannya memikat Heerenveen. Kebetulan, klub sedang mencari kiper utama. Lalu, mereka menawarinya kontrak jelang musim 2022/2023.

Kiper berpostur 2,03 meter itu kemudian mendapatkan keberuntungan lain saat dipanggil Louis van Gaal pada musim gugur 2022. Itu hanya setahun setelah dirinya melihat karier sepakbolanya akan berakhir.

Bukan hanya itu, yang lebih mengejutkan adalah Louis van Gaal memanggil Andries Noppert ke Piala Dunia 2022. Bahkan, pada pertandingan pertama melawan Senegal, dia masuk starting line-up, dan tampil cemerlang di bawah mistar gawang untuk membantu negaranya menang.

Ini kisah yang luar biasa. Bayangkan, seorang pria tanpa pengalaman internasional, yang dua tahun lalu menganggur, kini menjadi starter saat Belanda kembali ke Piala Dunia. Inspiratif!

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network