Kisah Kutukan Gol Lionel Messi di Fase Knock-out Piala Dunia yang Akhirnya Pecah

"Sebuah pencapaian yang layak dibanggakan."

Analisis | 04 December 2022, 16:12
Kisah Kutukan Gol Lionel Messi di Fase Knock-out Piala Dunia yang Akhirnya Pecah

Libero.id - Lionel Messi menjalani 1.000 pertandingan sepakbola profesional dalam kariernya dengan sempurna. Bukan hanya membawa Argentina melaju ke perempat final lewat kemenangan 2-0 melawan Australia, La Pulga juga mencetak gol perdana di fase knock-out Piala Dunia. Kutukan gol berakhir manis!

Seperti biasa, Lionel Messi dipercaya menjadi starter saat Argentina menghadapi Australia pada Babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan, Minggu (4/12/2022) dini hari WIB.

Megabintang Paris Saint-Germain (PSG) langsung membuat pendukung Argentina bersorak saat membuka gol setelah 35 menit pertandingan. Ditambah gol Julian Alvarez (57) dan bunuh diri Enzo Fernandez (77), Argentina melaju ke perempatfinal Piala Dunia 2022 untuk menantang Belanda pada Jumat (9/12/2022).

Bagi Lionel Messi, gol ke gawang Matt Ryan sangat berarti. Sebab, itulah pertama kalinya mantan pemain Barcelona menghasilkan gol pasa fase gugur turnamen sepakbola terbesar di bumi. Dia juga sukses melampuai catatan gol Diego Maradona di Piala Dunia.

Fakta menunjukkan, dari delapan gol di Piala Dunia sebelumnya, Lionel Messi selalu mencetaknya di fase grup. Bahkan, ketika Argentina melaju hingga final Piala Dunia 2014, La Pulga benar-benar mandul sejak babak 16 besar. Padahal, dirinya mencetak empat gol selama pertandingan fase grup.

Jika ditotal, Lionel Messi kini sudah mencetak sembilan gol dan enam assist dari 23 pertandingan Piala Dunia. Total golnya melewati Diego Maradona dan hanya berjarak tiga gol dari Gabriel Batistuta. Nama terakhir merupakan pencetak gol terbanyak Argentina di ajang ini.

Dengan perempat final yang akan dihadapi dan potensi semifinal dan final yang ada di depan mata, Lionel Messi memiliki potensi besar memproduksi lebih banyak gol. "Ini Piala Dunia (untuk semua pesepakbola). Lawan-lawannya memang sulit, tapi yang penting kita bisa menang," ujar Lionel Messi setelah laga, di situs resmi FIFA.

Statistik menunjukkan, sejak ambil bagian pertama kali pada Piala Dunia 2006, Lionel Messi langsung membuat satu gol dan satu assist. Kemudian, hanya satu assist pada Piala Dunia 2010. Selanjutnya, empat gol dan satu assist di Piala Dunia 2014 dan satu gol dua assist pada Piala Dunia 2018.

Kini, di edisi 2022, Lionel Messi sudah mengemas tiga gol dan satu assist. Gokil!

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network