Siapa Bakal Raih Sepatu Emas Piala Dunia 2022? Ini Kandidatnya

"Kylian Mbappe, Lionel Messi, Olivier Giroud, atau.."

Analisis | 13 December 2022, 04:57
Siapa Bakal Raih Sepatu Emas Piala Dunia 2022? Ini Kandidatnya

Libero.id - Piala Dunia 2022 telah memasuki fase penentuan dengan empat tim akan berjibaku di semifinal. Argentina melawan Kroasia dan Prancis bertemu Maroko. Menurut tradisi, salah satu pemain dari empat kontestan tersebut berpeluang menjadi pemain terbaik turnamen.

Seperti yang sudah-sudah, pemain yang bakal mendapatkan "Sepatu Emas" harus memenuhi sejumlah kriteria. Jumlah gol jadi faktor pertama. Kemudian, jumlah assist dari seorang pemain akan dipertimbangkan. Khususnya, jika ada pemain yang memiliki jumlah gol sama.

Jika hitungan ini masih sama kuat (jumlah gol dan assist), maka pemenang ditentukan oleh siapa yang paling sedikit memiliki menit bermain.

Untuk Piala Dunia 2018, kapten Inggris, Harry Kane, mengantongi Golden Boot setelah mencetak enam gol dan memimpin The Three Lions ke semifinal. Saat itu, striker Tottenham Hotspur memang tampil cukup buas di banyak pertandingan Inggris selama sebulan di Rusia.

Lalu, bagaimana dengan Piala Dunia 2022? Berikutnya ini kandidatnya:

1. Kylian Mbappe (Prancis): 5 gol, 2 assist, 5 pertandingan, 387 menit

Kylian Mbappe mencetak satu gol melawan Australia dalam pertandingan pembuka Grup D. Lalu, pemuda berusia 23 tahun mengantongi dua gol lagi di pertandingan melawan Denmark. Tapi, dia gagal mencetak gol saat Prancis dikalahkan Tunisia di laga terakhir.

Bintang Paris Saint-Germain (PSG) baru menambahkan dua gol lagi dalam kemenangan 3-1 Prancis melawan Polandia di babak 16 besar. Tapi, dia kembali tidak mampu mencetak gol dalam kemenangan di perempat final melawan Inggris.

2. Lionel Messi (Argentina): 4 gol, 2 assist, 5 pertandingan, 481 menit

Pemain hebat Argentina itu bermain di Piala Dunia terakhirnya. Megabintang berusia 35 tahun itu membuka keran gol dengan melakukan tendangan penalti dalam kekalahan mengejutkan dari Arab Saudi di Grup C. Tapi, La Pulga mencetak gol dan membantu Enzo Fernandez dalam kemenangan emosional atas Meksiko.

Lionel Messi kembali mencetak gol dalam kemenangan 2-1 Argentina atas Australia di babak 16 besar. Dia juga membuat assist dan mencetak gol dalam kemenangan dramatis Argentina atas Belanda di perempat final.

3. Olivier Giroud (Prancis): 4 gol, 0 assist, 4 pertandingan, 317 menit

Olivier Giroud telah melampaui rekor Thierry Henry dengan menjadi pencetak gol terbanyak Prancis sepanjang masa ketika menorehkan gol ke-52 dalam 117 penampilan untuk Les Bleus. Itu tercipta dalam kemenangan 3-1 atas Polandia pada babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Dia mencatatkan gol yang sama dengan Thierry Henry dalam kemenangan 4-1 Prancis atas Australia di Grup D. Olivier Giroud juga mencetak gol dalam kemenangan 2-1 Prancis atas Inggris di perempat final Prancis.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network