Kisah Argentina Mencapai Final Piala Dunia, Sudah Berapa Kali?

"Yang jelas Argentina sukses dua kali keluar sebagai jawara..."

Analisis | 15 December 2022, 00:30
Kisah Argentina Mencapai Final Piala Dunia, Sudah Berapa Kali?

Libero.id - Timnas Argentina berhasil lolos ke final Piala Dunia 2022 setelah sukses mengalahkan Timnas Kroasia dengan skor telak 3-0 pada Rabu (14/12/22) dini hari WIB.

Laga yang digelar di Lusail Stadium itu berlangsung sengit sejak babak pertama, pemenang Ballon d'Or Lonel Messi membuka skor Argentina lewat tembakan penalti di menit ke-34. Lima menit berselang, Julian Alvarez menggandakan keunggulan Argentina lewat aksi individu dari tengah lapangan.

Memasuki babak kedua, Gol terakhir Argentina tercipta pada menit ke-69. Lagi-lagi dari tendangan apik Alvarez setelah menerima umpan Messi dari pinggir lapangan.

Kemenangan mutlak 3-0 itu membuat Argentina lolos ke final Piala Dunia 2022. Sejauh ini, Argentina telah lolos ke final Piala Dunia sebanyak enam kali sepanjang sejarah.

Kini, Argentina telah menanti lawan mereka di Final Piala Dunia 2022 antara Prancis atau Maroko di final hari Minggu, jika Argentina memenangkan pertandingan di final, makan itu akan menjadi gelar dunia ketiga mereka.

Bagaimana Penampilan final Piala Dunia Argentina sebelumnya?

Dikalahkan dua kali oleh Jerman: pada Piala Dunia Brasil 2014 dan Italia '90.

Argentina terakhir lolos ke final Piala Dunia delapan tahun lalu, di Brasil 2014 . Setelah menyingkirkan Belanda melalui adu penalti di semifinal, tim Amerika Selatan itu melawan Jerman di Estádio Maracana, Rio de Janeiro, namun kalah tipis 1-0 melalui Gol Mario Götze di menit perpanjangan waktu.

Selain itu, Argentina juga pernah kalah 1-0 dari Jerman di final Piala Dunia sebelumnya, di Italia '90 . Malam itu di Roma, Albiceleste dikalahkan oleh penalti larut Andreas Brehme, dalam pertandingan yang membuat dua pemain Argentina dikeluarkan dari lapangan.

Pedro Monzón menjadi pemain pertama yang dikeluarkan di final Piala Dunia ketika dia dikartu merah karena tantangan sembrono pada Jürgen Klinsmann, sebelum Gustavo Dezotti diberi perintah berbaris dengan tiga menit tersisa, karena menyeret Juergen Kohler.

Piala Dunia Meksiko 1986: Maradona menginspirasi kemenangan gelar kedua

Final tahun 1990 adalah ulangan penentuan trofi tahun 1986 di Meksiko, pertandingan yang membuat Argentina mengamankan gelar dunia kedua dan terakhir mereka. Diego Maradona menjadi aktor dalam kemenangan itu, Jorge Burruchaga mencetak gol kemenangan pada menit ke-83 di Estadio Azteca Mexico City, saat Argentina menang 3-2.

Piala Dunia Argentina 1978: pemenang sebagai tuan rumah, lima dekade setelah kalah di final pertama.

Delapan tahun sebelumnya, Argentina mengangkat Piala Dunia pertama mereka di kandang sendiri. Mario Kempes adalah pahlawan di final '78 melawan Belanda, dua golnya membantu tim César Luis Menotti meraih kemenangan 3-1 perpanjangan waktu di Buenos Aires.

Itu adalah penampilan kedua Argentina di final Piala Dunia; pertama mereka datang hampir setengah abad sebelumnya, dalam edisi perdana turnamen pada tahun 1930 .  Namun dalam kesempatan pertama itu, Albiceleste kalah 4-2 dari tuan rumah Uruguay.

Berikut Statistik Hasil Penampilan Piala Dunia Argentina sepanjang sejarah:

2014: Jerman 1-0 Argentina
1990: Jerman Barat 1-0 Argentina
1986: Argentina 3-2 Jerman Barat
1978: Argentina 3-1 Belanda
1930: Uruguay 4-2 Argentina

Lantas bagaimana dengan final Piala Dunia Argentina 2022? Apakah Lionel Messi cs mampu mampu memenangkan Final bergengsi itu? 

Mari kita nantikan. 

(atmaja wijaya/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network